EKSPLORASI ARSITEKTUR SEBAGAI SALAH SATU METODE DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MAHASISWA AKTIF DI JURUSAN ARSITEKTUR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA
Abstract
jika hanya mengurung diri dalam kehampaan ruangnya sendiri. Maksudnya di sini adalah bahwa
seorang arsitek harus mampu berpetualang baik secara fisik maupun secara non fisik yaitu
imajinasinya. Salah satu usaha dalam memperluas wawasan dan wacana dalam mengembangkan
daya imajinasi, kreatifitas maupun kemampuan berinovasi seorang calon arsitek dalam hal ini
mahasiswa arsitektur, adalah dengan menjelajahi berbagai tempat dan daerah baik di dalam negeri
maupun luar negeri. Tempat-tempat inilah yang akan menjadi tambahan ilmu pengetahuan maup un
wawasan bagi calon arsitek khususnya mahasiswa arsitektur Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT-UMJ). Dalam melaksanakan kegiatan Tri Dharma
Perguruan Tinggi di mana salah satunya adalah Proses Belajar Mengajar yang tentunya di
dalamnya harus terdapat dua komponen yang saling menunjang yaitu mahasiswa dan dosen. Kedua
komponen ini tentunya tidak berdiri sendiri, namun saling mengisi satu sama lain. Saat ini dosen
atau staf pengajar tidak lagi berfungsi hanya sebagai pengajar yang aktif memberikan bahan ajar
secara satu arah, namun dosen juga berfungsi sebagai fasilitator dalam mengarahkan mahasiswa
dalam menerima bahan ajar yang diberikan. Terkadang justru dosen juga belajar banyak dari
mahasiswa yang memiliki wawasan lebih luas dari dosennya. Pada ilmu arsitektur, berbagai
metode belajar dilakukan untuk mendapatkan pemahaman yang konkrit antara teori dengan dunia
praktisi. Untuk mengembangkan ilmu dan wawasan, dosen dan mahasiswa tidak hanya terdiam
pasif melakukan proses belajar mengajar di dalam kelas saja. Beberapa metode digunakan untuk
mencapai pemahaman konkrit tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti bermaksud mengkaji bahwa
metode dalam proses belajar mengajar mahasiswa aktif tidak harus dilakukan di dalam kelas.
Bahwa sebuah kegiatan belajar di luar ruangan seperti eksplorasi arsitektur akan menjadi salah satu
alternatif metode yang tepat dalam memperluas wawasan, pemikiran dan ilmu pengetahuan yang
konkrit dapat dilihat secara langsung hasilnya.
Full Text:
PDFReferences
Bonwell, Charles C. & Eison, James A,
, Active Learning: Creating
Excitement in the Classroom,
www.ntlf.edu.
Center for Teaching and Learning
(Teaching Resources), 2000, Active
Learning, www.umn.edu.
Fink, L. Dee, 1999, Active Learning,
www.hcc.hawaii.edu.
Hisyam Zaini, Bermawy Munthe & Sekar
Ayu Aryani, 2002, Strategi
Pembelajaran di Perguruan Tinggi,
Center for Teaching Staff Development
(CSTD), IAIN Sunan Kalijaga,
Yogyakarta.
Purwantiasning, Ari Widyati, 2008,
Komunikasi Arsitektur: Strategi
Presentasi dan Negosiasi dalam
Arsitektur, Bias Arkade, Jakarta.
www.acu.edu, 2000, What is Active
Learning.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
==============================================================================================================
Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023
ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416
==============================================================================================================