ABU VULKANIK GUNUNG DEMPO SEBAGAI CAMPURAN KERAMIK DENGAN VARIASI ADITIF DAN WAKTU PEMBAKARAN

Wahyu Wahyu, Elfidiah Elfidiah, Erna Erna

Abstract


Bencana alam hanya dikatakan sebagai masalah selama tidak disadari akan adanya suatu manfaat atau hal positif yang bisa dikembangkan dari bencana alam tersebut. Dengan adanya peristiwa erupsi gunung dimana mengeluarkan berbagai macam material sehingga mengganggu aktivitas kesehatan masyarakat sekitarnya. Salah satu material yang disemburkan ialah abu vulkanik. Abu vulkanik yang dikeluarkan oleh gunung mengakibatkan pendangkalan pada sungai-sungai yang berada di hulu dan hilir gunung. Sebagai usaha untuk mencari manfaat dari bencana tersebut maka diupayakan untuk memanfaatkan abu vulkanink tersebut sebagai bahan yang berguna. Salah satunya sebagai bahan pembuatan keramik yang di harapkan dapat digunakan sebagai bahan pengganti sebagian semen serta pengaruhnya terhadap perilaku mekanik yaitu kuat tekan dan kuat geser keramik. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian sebagai bahan alternatif penambah sebagian semen yaitu abu vulkanik yang bertujuan membandingkan kuat tekan dan kuat geser keramik normal dengan kuat tekan dan kuat geser keramik yang ditambahkna abu vulkanik.Tujuan dari penelitian untuk pengaruh penambahan abu vulkanik dalam pembuatan keramik dan pengujian kuat tekan dan kuat geser pada keramik yang telah dibuat. Jenis metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Adapun benda uji 5% adalah benda uji yang mengalami pergerakan yang fluktuatif (naik turun) dalam mencapai usia keramik 28 hari maupun setelah usia keramik 28 hari maupun penurunannya setelah 28 hari. Akan tetapi pada uji kuat tekan keramik ini abu vulkanik tidak dapat meningkatkan kuat tekan keramik yang maksimal melebihi kuat tekan keramik normal. Benda uji 15% dan 20% memiliki kuat tekan yang lebih rendah dibandingkan dengan benda uji 10% dan benda uji normal.
Kata kunci: Abu Vulkanik, Keramik


Full Text:

PDF

References


Amir, H., Akmam, A., Bavitra, B. And Azhari, M. (2017) “Penentuan Kedalaman Batuan Dasar Menggunakan Metode Geolistrik Tahanan Jenis Dengan Membandingkan Konfigurasi Dipole-Dipole Dan Wenner Di Bukit Apit Puhun Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi”, Eksakta: Berkala Ilmiah Bidang Mipa, 18(01)

Aris Sutrisno, Slamet Widodo (2013). “Analisa Variasi Kandungan SemenTerhadap Kuat Tekan Beton Ringan Struktual Agregat Pumice”.

Artati, Nuning. Nurul Hidayati. Analisis Pengaruh Grinding Aid HI 2822 N dan 702 A Terhadap Kualitas Semen di PT Holcim Indonesia tbk. Edisi 8 no 1 (2016) 83-90.

Buku Panduan Praktikum, Laboratorium Bahan Konstruksi Teknik, FTSP UII

Edward G. Nawy, Reinfoced Concrete a Fundamental Approach, Terjemah, PT. Eresco, Bandung.

Elfidiah. (2022). Diktat Pengantar Teknologi Semen. Program Studi Teknik Kimia. Universitas Muhammadiyah Palembang. Sumatera Selatan.

Isnaini, Salzabella Khoirul. dan Lodra, I Nyoman. (2016). Bentuk, Teknik, dan Fungsi Ragam Hias Keramik Pada Koko Karunia Keramik Probolinggo. Surabaya: Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 4 (1) 136-139.

Lembaga Penelitian Universitas Lampung Makurat. Pembuatan Portofolio Investasi Industri Semen: Banjarmasin. (2011)

Marthinus, Adrian Philip. (2015). Pengaruh Penambahan Abu Terbang (Fly Ash) terhadap Kuat Tarik Belah Beton. Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil. Universitas Sam Ratulangi Manado.

R.A.Razak, Industri Keramik, PN Balai Pustaka, Media Wiyata, Semarang.

Rio Herdianto, Rahamudin, Hieryco Manalip, Mielke Mondoringin, (2016). Pengujian Kuat Tarik Belah dan Kuat Tarik Lentur Beton Ringan Beragregat Kasar (Batu Apung) Dan Sekam Padi Sebagai Substitusi Parsial Semen, Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Sam Ratulangi Manado.

Rizki,S.M., Summarin,R. “Pengaruh Ekstrak Daun Sirih Merah (Piper Crocatum Ruiz & Pav) Terhadap Glukosa Dara Mencit (Mus Muculus L.) Jantan Yang Diinduksi Sukrosa”, EKSAKTA: Berkala Ilmiah Bidang MIPA, 19(1)

Saputro, Adi. (2010). Bahan Ajar Teknologi Beton.

Sediyarso, M dan Suping. Pengaruh Abu Galunggung Terhadap Tanah Pertanian. Pusat Penelitian Tanah. Bogor.

Pangaribuan, Bonardo. (2013). Cement Manufacturing Process. Holcim. Jakarta

Putri, Nilda Tri. (2016). Ramadhani, Indah Kurnia.: Penjadwalan Cement Mill Berbasis Minimasi Faktor Klinker dalam Proses Pembilasan dan Impor Klinker. Jurusan Teknik Industri. Fakultas Teknik. Universitas Andalas.

Purnawan, Irfan,; Prabowo, Andi. (2017). Pengaruh Penambahan Limestone terhadap Kuat Tekan Semen Portland Komposit. Jurnal Rekayasa Proses 2017, 11(2), 86-93Purnawan, Irfan,; Prabowo, Andi.: Pengaruh Penambahan Limestone terhadap Kuat Tekan Semen Portland Komposit. Jurnal Rekayasa Proses 2017.

Prabowo, H. (2018) “Penyelidikan Kelayakan Kimia Dan Penyebaran Cadangan Pasir Besi Daerah Tiku Kabupaten Agam Untuk Bahan Baku Semen Pada Pt. Semen Padang”. Eksakta : Berkala Ilmiah Bidang Mipa.19(1)

Pratomo, I., “Klasifikasi Gunung Api Aktif Indonesia: Studi Kasus Dari Beberapa Letusan Gunung Api Dalam Sejarah”, Jurnal Geologi Indonesia. 1 [4] 209- 227

Tjasyono, Bayong. 2013. Ilmu Kebumian dan Antariksa (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tjokrodimuljo, K., Teknologi Beton, Biro Penerbit Teknik Sipil Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Tri Mulyono, Teknologi Beton, Yogyakarta : Perbit Andi

Zainul, R., Alif, A., Aziz, H., Arief, S., & Darajat, S. (2015). Modifikasi Dan Karakteristik IV Sel Fotovoltaik Cu2o/Cu-Gel Na2so4 Melalui Iluminasi Lampu Neon. Eksakta, 2, 50


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ