Aplikasi Sistem Inferensi Fuzzy Metode Mamdani Untuk Memprediksi Jumlah Produksi Pakaian Pada Industri Kreatif Fesyen
Abstract
Industri Pakaian merupakan industri yang memiliki karakteristik volatilitas tinggi dan
sulit untuk diprediksi. Banyak industri pakaian yang sering mengalami kelebihan stok
pakaian jadi yang pada akhirnya merugi karena dijual dengan harga diskon. Artikel ini
membahas aplikasi Sistem Inferensi Fuzzy metode Mamdani dengan tujuan untuk
memprediksi jumlah produksi pakaian dalam industri pakaian. Metode inferensi fuzzy
Mamdani digunakan untuk menangani kondisi industri pakaian yang volatilitasnya
tinggi, permintaan yang tidak stabil dan kompleksitas dalam proses prediksi produksi
pakaian. Studi ini menguraikan langkah-langkah implementasi sistem inferensi fuzzy
Mamdani, diantaranya adalah pembentukan himpunan fuzzy untuk variabel input dan
output, aplikasi fungsi implikasi, komposisi aturan inferensi fuzzy dan defuzzyfikasi.
Penerapan Fuzzy metode mamdani ini menggunakan bantuan software MATLAB.
Data produksi pakaian yang diperoleh dari industri pakaian digunakan untuk melatih
dan menguji model fuzzy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem inferensi
fuzzy metode Mamdani mampu memberikan prediksi jumlah produksi pakaian dengan
tingkat akurasi 6,22% yang berarti memuaskan. Implikasi penelitian ini menunjukkan
bahwa penerapan sistem inferensi fuzzy metode Mamdani dapat menjadi alat yang
berguna dalam mendukung pengambilan keputusan terkait produksi pakaian di industri
kreatif fesyen
Kata kunci: Inferensi Fuzzy , Metode Mamdani, Prediksi, Produksi Pakaian
Full Text:
PDFReferences
Abrori M, Prihamayu AH. 2015. Aplikasi
Logika Fuzzy Metode Mamdani Dalam
Pengambilan Keputusan Penentuan
Jumlah Produksi. Kaunia. XI(2):91–99.
Agustin AH, Gandhiadi GK, Oka TB. 2016.
Penerapan Metode Fuzzy Sugeno Untuk
Menentukan Harga Jual Sepeda Motor
Bekas. 5(4):176–182.
Astuti dwi putri puji astuti, Mashuri. 2020.
Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto Dan
Fuzzy Sugeno Dalam Penentuan Harga
Jual Sepeda Motor. Matematika., siap
terbit.
Christopher M, Peck H. 1997. Managing
Logistics in Fashion Market. Int J Logist
Manag. 8(2):63–74.
J. Kamble A, P. Rewaskar R. 2020. Soft
computing - Fuzzy Logic: An overview.
Int J Fuzzy Math Arch. 18(01):45–52.
doi:10.22457/ijfma.v18n1a06214.
J.ROSS T. 2010. Fuzzy Logic With Engineering
Application.
Junaidi M, Setiawan E, Adista FW. 2005.
Penentuan Jumlah Produksi Dengan
Aplikasi Fuzzy – Mamdani. J Ilm Tek Ind.
(2):95–104.
http://eprints.ums.ac.id/198/1/JTI-0402-
-OK.pdf.
Kamil A. 2015. Industri Kreatif Indonesia:
Pendekatan Analisis Kinerja Industri.
Media Trend. 10(2):207–225.
Shoniya A, Jazuli A. 2019. Penentuan Jumlah
Produksi Pakaian Dengan Metode Fuzzy
Tsukamoto Studi Kasus Konveksi Nisa.
JIPI (Jurnal Ilm Penelit dan
Pembelajaran Inform. 4(1):54.
doi:10.29100/jipi.v4i1.1068.
Sonalitha E, Asriningtias SR, Nurdewanto B.
FUZZY CLUSTERING.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
==============================================================================================================
Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023
ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416
==============================================================================================================