RANCANG BANGUN APLIKASI BOOKING ONLINE LAPANGAN BULUTANGKIS BERBASIS ANDROID
Abstract
Salah satu contoh dari pemanfaatan perkembangan teknologi adalah internet. Seiring dengan itu, penelitian ini ingin memberikan pemanfaatan perkembangan teknologi dalam kehidupan manusia sehari-hari, yaitu aplikasi booking online lapangan bulutangkis berbasis android. Metode yang dipakai dalam proses penelitian ini adalah waterfall, dengan tahapan-tahapan analisis, desain aplikasi, pengkodean aplikasi, dan ujicoba aplikasi. Aplikasi booking online lapangan bulutangkis ini mencakup wilayah Kelurahan Utan Panjang. Di wilayah Kelurahan Utan Panjang sendiri terdapat 2 GOR bulutangkis. Di 2 GOR tersebut masih menggunakan cara manual dalam melakukan pemesanan lapangan. Penyewa datang langsung ke GOR yang ingin disewa, meminta jadwal tersedia kepada pengelola GOR, lalu memilih jadwal kosong yang ingin dipesan. Dalam pembahasan penulisan ini, penyewa dapat melakukan pemesan an lapangan tanpa harus datang ke GOR yang dituju, memilih GOR yang ingin disewa, memilih jadwal, dan melakukan pemesanan, semuanya bisa dilakukan lewat smartphone. Pengelola GOR pun dapat melakukan rekapitulasi secara digital melalui fitur yang ada pada aplikasi ini. Dalam pengembangan aplikasi ini, penulis menggunakan bahasa pemrograman React Native dan menggunakan MySQL sebagai database nya. Jadi kesimpulan dari penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi booking online lapangan bulutangkis yang berbasis android.
Kata Kunci : Booking Online, Android, Bulutangkis, React Native, Waterfall
Full Text:
PDFReferences
Ashari, M. K. A., & Firmansyah, R. A. (2017). Analisis Dan Perancangan Aplikasi Penjadwalan Pertemuan Mahasiswa Dan Dosen Berbasis Android (Studi Kasus : Ruang Pengajaran STMIK AMIKOM Yogyakarta). Semnasteknomedia Online, 5(1), 4-5–85.
Husein Malahella, A., & Arwani, I. (2020). Pemanfaatan Framework React Native dalam Pengembangan Aplikasi Pemesanan Minuman Kopi pada Kedai Bycoffee (Vol. 4, Issue 9). http://j- ptiik.ub.ac.id
Kawano, K., Umemura, Y., & Kano, Y. (2018). Field Assessment and Inheritance of Cassava Resistance to Superelongation Disease 1. Crop Science,23(2), 201–205.
https://doi.org/10.2135/cropsci1983.001 1183x002300020002x
Kristanto, N., & Masya, F. (2020). Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi E- Booking Property Berbasis Android (Vol. 2). https://jurnal.ikhafi.or.id/index.php/jusib i/540
Pujianto, A. (2012). Modifikasi Pegangan Raket untuk Meningkatkan Kemampuan Teknik Pegangan Bulutangkis. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 2(1).
Putra, R. L., Maulana, A., & Iriani, T. (2019). Evaluasi Program Pelaksanaan Ujian Online Dengan Menggunakan
Learning Management System Moodle Berbasis Android Di Smk Negeri 1 Jakarta. Jurnal Pensil, 8(1), 47–54.
Https://Doi.Org/10.21009/Jpensil.V8i1.848 3
Simare Mare, B., Yana, A. A., & Mandiri, U. N. (2022). Perancangan Sistem Informasi Berbasis Web Pada Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama. In Ijns.Org Indonesian Journal On Networking And Security (Vol. 11). Online.
Siswanto, & Suwarni. (2011). Sistem Informasi Akses Pelayanan Markas (Yanma) Menggunakan Php Dan Mysql Di Polda Bengkulu. Media Infotama, 7(2), 121–139.
Trisanto, D., & Juniar, A. (2014). Analisis Perancangan Sistem Informasi Absensi Fingerprint Pada Pt Delta Citra Mandiri. Jurnal Teknologi Dan Manajemen, 12 Nomor 1.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
==============================================================================================================
Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023
ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416
==============================================================================================================