RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN UMKM LAMPUNG BERBASIS WEB (STUDI KASUS: ELMUNA CHIPS PADA PT NAJIYA FOOD)
Abstract
Strategi pemasaran saat ini berbagai macam rupa, dengan tuntutan mengikuti perkembangan era terutama di era digital, dengan akses internet serta informasi yang sudah mudah didapatkan. Pemanfaatan website sangat berpotensi sebagai wadah pemasaran produk, jasa, maupun dalam memberikan informasi, dan menjadikan salah satu media yang banyak digunakan saat ini. Elmuna Chips merupakan sebuah iconic produk yang diproduksi oleh PT.Najiya Food, Pemasaran Elmuna Chips terbilang UMKM yang mulai berkembang, namun masih manual dalam pemasaran, karena hanya melalui whatsapp ataupun membeli secara langsung, sehingga kurangnya informasi profil secara detail. Maka dengan ini, pemanfaatan website sebegai solusi utama dalam penjualan yang dengan mudah digunakan dalam kegiatan jual beli serta pemberian informasi detail serta meluas. Dalam pembuatan website ini, peneliti menggunakan pendekatan dengan metode penelitian siklus hidup pengembangan perangkat lunak (Software Development Life Cycle) yang dikenal sebagai model waterfall. Dari hasil pengujian black box testing terhadap system informasi, semua fitur beroperasi sesuai dengan fungsinya yang diinginkan. Keberadaan sistem ini diharapkan dapat mengatasi keterbatasan proses manual jual beli saat ini.
Kata kunci: Website, Software Development Life Cycle, UMKM.
Full Text:
PDFReferences
Euaggelion, Yearico Vio, and Ramos Somya. 2022. “Analisis Dan Implementasi Aplikasi Penjualan Kosmetik Di Bmc Berbasis Website Menggunakan Framework Laravel.” INOVTEK Polbeng - Seri Informatika 7 (1): 36. https://doi.org/10.35314/isi.v7i1.2359.
Fauzi, Ahmad, and Dewi Wulandari. 2020. “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Obat Berbasis Website Dengan Menggunakan Metode Waterfall.” Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) 6 (1): 71–82. https://doi.org/10.31294/ijse.v6i1.7911.
Manis, Ritalia, Wiji Setiyaningsih, and Wiwin Kuswinardi. 2021. “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Laptop Berbasis Web Dengan Metode Waterfall.” Rainstek Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi 3 (3): 197–207. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i3.6065.
Robby Aditya, and R Yuniardi Rusdianto. 2023. “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM.” Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia 2 (2): 96–102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386.
Rohimah, Afifatur. 2019. “Era Digitalisasi Media Pemasaran Online Dalam Gugurnya Pasar Ritel Konvensional.” KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi 6 (2): 91. https://doi.org/10.21070/kanal.v6i2.1931.
Sari, Santy Permata, and Universitas Flores. 2020. “STRATEGI MENINGKATKAN PENJUALAN DI ERA DIGITAL” 3 (3): 291–300. https://doi.org/10.5281/zenodo.3930698.
Setyabudhi, Albertus Laurensius. 2021. “View of Rancang Bangun Sistem Ecommerce Berbasis Web Dengan Model Business to Consumer Pada Olshop Princess Na.” Engineering And Technology International Journal 3 (1): 15–25. http://www.mand-ycmm.org/index.php/eatij/article/view/63/59.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
==============================================================================================================
Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023
ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416
==============================================================================================================