ANALISA KARAKTERISTIK MINYAK PELUMAS JENIS 15W-40 PRODUK DALAM NEGERI MENGGUNAKAN TRIBOMETER PIN-ON-RING

Muhammad Khafidh, Jamari Jamari

Abstract


Kemampuan  mesin  dalam mempertahankan  performa terhadap  penggunaan  berulang  merupakan
salah satu hal penting dalam perancangan permesinan. Gesekan antar komponen mesin yang saling
kontak  menjadi  fenomena  yang  sering  menyebabkan  penurunan  performa  dari  mesin.  Hal  itu
disebabkan oleh terjadinya aus pada komponen yang saling kontak tersebut. Salah satu cara yang
efektif  untuk  mengurangi  keausan  komponen  adalah  dengan  memberikan  pelumas.  Minyak
pelumas mempunyai karakteristik yang berbeda-beda disesuaikan dengan penggunaan dan kondisi
lingkungannya. Kurva Stribeck merupakan kurva  hubungan  antara  koefisien  gesekan  dan
lubrication  number yang dapat digunakan  untuk  mengetahui  karakteristik  dari  minyak  pelumas.
Pelumas jenis 15W-40 merupakan salah satu jenis pelumas yang cocok digunakan di iklim tropis
seperti di  Indonesia. Penelitian  ini  akan  difokuskan  pada  analisa  kurva  Stribeck  pelumas  jenis
15W-40  produk  dalam  negeri  menggunakan  tribometer pin-on-ring. Pengujian  dilakukan  dari
kecepatan  2-250  rpm  dengan  temperatur  dikondisikan  40
o
C,  beban  yang  diberikan  100  N,  dan
viskositas yang digunakan 0,09924 Pa.s. Penelitian dilakukan selama kondisi running-in, yaitu dari
kondisi  awal  sampai  kondisi  tunak  (steady  state).  Hasil  yang  diperoleh  menunjukkan  bahwa
kondisi running-in terjadi  sampai pada  pengujian  keenam.  Semakin  besar  kecepatan  yang
diberikan,  maka  koefisien  gesek  yang  dihasilkan  semakin  kecil. Regime yang  terbentuk  dalam
kurva Stribeck pada penelitian ini adalah boundary lubrication dan mixed lubrication.

Full Text:

PDF

References


Saputra, E. 2012. Pemodelan Running-in

pada Permukaan Kasar Akibat Kontak

Rolling-Sliding menggunakan Metode

Elemen Hingga. Tesis. Fakultas Teknik

Universitas Diponegoro, Semarang.

Stachowiak, G.W. danBatchelor

A.W.2005. Engineering Tribology. Edisi 3.

Butterworth Heinemann. Oxford-United

Kingdom.

Ludema, K.C. 1996. Friction, Wear,

Lubrication. Edisi 1. CRC Press. New

York-USA.

Schipper, D.J. 1988.Transitions in the

Lubrication of Concentrated Contacts.

Disertasi. University of Twente, Enschede,

The Netherland.

Ismail, R. 2013. Running-in of Rollingsliding Contacts. Disertasi. University

of Twente, Enschede, The Netherland.

Jamari, J. 2006.Running-in of Rolling

Contacts,Disertasi. University of

Twente, Enschede, The Netherland.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ