PENINGKATAN EFEKTIFITAS PADA PROSES PELEPASAN PISTON REM DEPAN FORTUNER DENGAN SST BPT-FC
Abstract
rem. Proses ini harus dapat melepaskan keempat piston rem secara bersamaan karena keempat
piston rem tersebut dihubungkan dalam satu saluran minyak rem. Apabila ada beberapa piston rem
yang macet sehingga tidak bisa lepas, hal ini sangat mengganggu,sehingga proses melepas piston
rem dengan tekanan angin kompresor pun sudah tidak efektif lagi, yang mengakibatkan pekerjaan
menjadi terhambat dan membutuhkan waktu yang lebih lama. Apalagi cara teknisi melepas piston
rem yang macet tersebut hanya dengan menggunakan alat seadanya dan dapat pula mengakibatkan
material piston rusak. Untuk mengatasi hal tersebut dibuatlah alat bantu yaitu BPT-FC, dengan
menggunakan prinsip kerja puller untuk mengefektifkan proses pelepasan piston rem. DenganBPTFC ini, proses melepas piston rem dapat dilakukan dengan mudah dan cepat serta meningkatkan
safety baik bagi teknisi maupun material piston. Dari hasil penelitian yang dilakukan, waktu proses
over houl rem fortuner turun sampai dengan 51.8%. Sedangkan dari hasil kuesioner teknisi, tingkat
kesulitan berkurang 74% serta tingkat safety (cacat pada material piston) pun berkurang 66%.
Full Text:
PDFReferences
Toyota Service Training.PT. Toyota Astra
Motor.Chassis Group Step 2.
Astra International Training Center.PT.
Astra International.Basic Mechanic
Training.
Abdullah Mikrajuddin. 2006. IPA Fisika 2.
Bandung: ESIS.
Kamusq. Alat adalah Pengertian dan
Definisi.http://www.kamusq.com/201
/12/alat-adalah-pengertian-dandefinisi.html. Diakses 4 Juni 2014.
Health Safety Protection. Konsep Dasar
Keselamatan Kerja.
http://healthsafetyprotection.com/kons
ep-dasar-keselamatan-kerja.html.
Diakses 4 Juni 2014.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
==============================================================================================================
Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023
ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416
==============================================================================================================