IDENTIFIKASI PENYESUAIAN MINOR MESIN PENGGUNAAN BAHAN BAKAR ETANOL-PREMIUM KADAR RENDAH PADA SPARK IGNITION (SI) ENGINE
Abstract
dikarenakan perubahan Reid Vapor Pressure (RVP) bahan bakar dan kandungan energi yang lebih
rendah dibandingkan dengan penggunaan premium murni. Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi karakter penggunaan campuran etanol-premium kadar rendah pada SI engine.
Mode pengujian Injection flow Test selama 15 second dipilih untuk mengetahui bentuk semprotan
bahan bakar dan perubahan volume injeksinya pada berbagai konsisi campuran dan tekanan
kerjanya. Campuran etanol-premium yang menjadi objek penelitian adalah 5%, 10%, 15% dan
20%. Tekanan kerja dibawah standar, standar dan diatas standar diset untuk menentukan
kecenderungan arah penyesuaian tekanan kerja yang dibutuhkan dalam penggunaan campuran
etanol-premium kadar rendah pada SI engine. Temperatur awal mesin diset pada 25
o
C, 35
o
C,
dan45
o
Cuntukmengetahui penyesuaian temperatur yang dilakukan supaya start awal penggunaan
campuran etanol-premium dilakukan dengan mudah. Uji performansi engine dengan menggunakan
Engine Test Bench dilakukan untuk mengetahui perubahan torsi dan daya pada penggunaan
campuran etanol-premium kadar rendah. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa
penambahan kadar etanol pada premium akan berkorelasi positif terhadap konsumsi bahan bakar.
Start awal menghidupkan mesin pada penggunaan campuran etanol-premium kurang dari 10 %
tidak menunjukan gejala kesulitan start awal. Penggunaan campuran 15 % kesulitan start awal
sampai pada temperatur engine 25
o
C, dan penggunaan campuran 20% kesulitan start awal sampai
temperatur 30
o
C. Hasil pengujian performansi menunjukan bahwa, performa mesin penggunaan
campuran etanol premium kadar rendah, cenderung mengalami penurunan khususnya pada
campuran etanol 10 %, akan tetapi performa mesin cenderung naik sejalan dengan meningkatnya
kadar etanol.
Full Text:
PDFReferences
.NewsletterIndonesian Comercial. 2008.
Perkembangan Industri Biofel di Indonesia.
http://www.datacon.co.id/Biofuel2008Ind.html.
Daiakses, 13 Nopember 21013.
. Setiyawan, Atok. 2012.Kajian
Eksperimental Pengaruh Etanol pada Premium
Terhadap Karakteristik Pembakaran Kondisi
Atmosferik dan Bertekanan di Motor Silinder
Tunggal Injeksi.Disertasi. Universitas
Indonesia, Jakarta.
. James W. Weaver, Sheldon A. Skaggs,
David L. Spidle, Guthrie C. Stone.2009.
Composition and Behavior of Fuel Ethanol.
United States Enviromental Protection Agency.
. Egebäck, Prof. Roger Westerholm &
Prof. Karl-Erik, 2005.Blending Of Ethanol In
Gasoline For Spark Ignition Engine,
Thesis. Stockholm University, Stockholm.
. Irsyat, Cristina N.N. Ria Lestari dan
Mok.h., 2010 www.ftsl.itb.ac.id. [Online]
[Cited: November 13, 2013.]
. Rong-Horng Chen, et.al.2011. Cold-start
Emissions of an SI Engine Using EthanolGasoline Blended Fuel.Elsevier, pp. 1463-1467.
. B. Waluyo, Saifudin.2012.Optimasi
Setingan Mesin Pada Penggunaan Gasohol E15
Dengan Metode Taguchi Untuk Mendapatkan
Emisi HC dan CO Yang Rendah. Seminar
Nasional Teknik Mesin 7. UK Petra. 21 Juni
, Surabaya, Indonesia Hal. O15 - O20.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
==============================================================================================================
Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023
ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416
==============================================================================================================