INVESTIGASI PENURUNAN DAYA MOBIL BERBAHAN BAKAR LPG MELALUI PENGUKURAN EFISIENSI VOLUMETRIK

Muji Setiyo, Bagiyo Condro Purnomo

Abstract


Liquified Petroleum Gas (LPG) merupakan bahan bakar alternatif yang memiliki semua sifat kunci
untuk  mesin Spark  Ignition. Salah  satu  model  sistem  pemasukan  LPG  ke  mesin  adalah  dengan
converter kits model vaporizer-mixer. LPG dimasukkan dalam fasa gas melalui throtle body (TB)
dalam  kondisi  panas.  Kondisi  ini  akan  mengurangi  massa  aliran  udara  yang  masuk  ke  mesin,
karena keduanya  (LPG  dan  udara)  dimasukkan  pada  saluran  yang  sama  pada throtle body, yang
diduga menjadi penyebab penurunan daya. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dugaan
penurunan  daya  pada  mobil  berbahan  bakar  LPG  (TOYOTA  4A-FE  1500  cc  )  yang  disebabkan
oleh  sistem  pemasukan  tersebut.    Metode  yang  digunakan  adalah  dengan  pengukuran  efisiensi
volumetrik pada  dua  jenis  mode  bahan  bakar  (LPG  dan  bensin).  Pada  masing-masing  mode
operasi, dilakukan variasi bukaan throtle valve dari 8,2%, 9,2%, 10,2%, 11,2%, sampai 12,2% pada
diameter airflow meter konstan. Pada konfigurasi tersebut dilakukan pengukuran aliran udara dan
putaran  mesin.  Dari  olah  data,  diperoleh  bahwa  kecenderungan  efisiensi volumetrik untuk  mode
LPG  mengalami  kenaikan  untuk  setiap  penambahan  bukaan throttle,  yaitu  36%  @8,2%TB  dan
41%  @12,2%TB.  Sementara  pada  mode  operasi  bensin  mengalami  penurunan  untuk  setiap
penambahan  bukaan throttle, yaitu  37%  @8,2%TB  dan  31%  @12,2%TB.    Dari  hasil  analisis
lanjut, diperoleh bahwa penurunan daya pada mode operasi LPG dikarenakan pada bukaan throttle
body yang sama, mesin LPG menghasilkan putaran mesin yang lebih rendah yaitu 1690 rpm, @
12,2%TB sementara mode operasi bensin menghasilkan 220 rpm @ 12,2%TB.

Full Text:

PDF

References


Agustiawan, K. (2013). Indonesia dan

Ketahanan Energi, Retrieved Juni 27,

, from : http://www.pertamina.com/

news-room/pidato-dan-artikel/indonesiadan-ketahanan-energi/

World Liquified Petroleum Gas

Association (2012), Autogas Incentive

Policies, Neuilly-sur-Seine.

Brenda Brevitt, 2002, Alternative Vehicle

Fuels, Science Environment Section,

House of Commons Library, Research

Paper 02/11.

IEA ETSAP. (2010, April). Automotive

LPG and Natural Gas Engines.

Technology Brief T03.

Tri Agung Rohmat, 2003, Pengaruh Waktu

Penyalaan Terhadap Kinerja SparkIgnition Engine Berbahan Bakar LPG,

Media Teknik No.3 Tahun XXV edisi

Agustus 2003ISSN 0216-3012.

Ceviz, M., & Yuksel, F. (2005). Cyclic

variations on LPG and gasoline-fuelled.

Renewable Energy , 1950-1960

Osch, H. V, 2013, Technique-LPGInstalatie. Retrieved April 10, 2013, from

http://www.chaosboyz.nl/

Franz Hofmann, 2011, Converting

Vehicles to Propane Autogas Part 1:

Installing Fuel Tanks and Fuel Lines,

Propane Education & Research Council,

Propane Exeptional Energy, Washington,

D.C. 20036


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ