INVESTIGASI PENURUNAN DAYA MOBIL BERBAHAN BAKAR LPG MELALUI PENGUKURAN EFISIENSI VOLUMETRIK
Abstract
untuk mesin Spark Ignition. Salah satu model sistem pemasukan LPG ke mesin adalah dengan
converter kits model vaporizer-mixer. LPG dimasukkan dalam fasa gas melalui throtle body (TB)
dalam kondisi panas. Kondisi ini akan mengurangi massa aliran udara yang masuk ke mesin,
karena keduanya (LPG dan udara) dimasukkan pada saluran yang sama pada throtle body, yang
diduga menjadi penyebab penurunan daya. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dugaan
penurunan daya pada mobil berbahan bakar LPG (TOYOTA 4A-FE 1500 cc ) yang disebabkan
oleh sistem pemasukan tersebut. Metode yang digunakan adalah dengan pengukuran efisiensi
volumetrik pada dua jenis mode bahan bakar (LPG dan bensin). Pada masing-masing mode
operasi, dilakukan variasi bukaan throtle valve dari 8,2%, 9,2%, 10,2%, 11,2%, sampai 12,2% pada
diameter airflow meter konstan. Pada konfigurasi tersebut dilakukan pengukuran aliran udara dan
putaran mesin. Dari olah data, diperoleh bahwa kecenderungan efisiensi volumetrik untuk mode
LPG mengalami kenaikan untuk setiap penambahan bukaan throttle, yaitu 36% @8,2%TB dan
41% @12,2%TB. Sementara pada mode operasi bensin mengalami penurunan untuk setiap
penambahan bukaan throttle, yaitu 37% @8,2%TB dan 31% @12,2%TB. Dari hasil analisis
lanjut, diperoleh bahwa penurunan daya pada mode operasi LPG dikarenakan pada bukaan throttle
body yang sama, mesin LPG menghasilkan putaran mesin yang lebih rendah yaitu 1690 rpm, @
12,2%TB sementara mode operasi bensin menghasilkan 220 rpm @ 12,2%TB.
Full Text:
PDFReferences
Agustiawan, K. (2013). Indonesia dan
Ketahanan Energi, Retrieved Juni 27,
, from : http://www.pertamina.com/
news-room/pidato-dan-artikel/indonesiadan-ketahanan-energi/
World Liquified Petroleum Gas
Association (2012), Autogas Incentive
Policies, Neuilly-sur-Seine.
Brenda Brevitt, 2002, Alternative Vehicle
Fuels, Science Environment Section,
House of Commons Library, Research
Paper 02/11.
IEA ETSAP. (2010, April). Automotive
LPG and Natural Gas Engines.
Technology Brief T03.
Tri Agung Rohmat, 2003, Pengaruh Waktu
Penyalaan Terhadap Kinerja SparkIgnition Engine Berbahan Bakar LPG,
Media Teknik No.3 Tahun XXV edisi
Agustus 2003ISSN 0216-3012.
Ceviz, M., & Yuksel, F. (2005). Cyclic
variations on LPG and gasoline-fuelled.
Renewable Energy , 1950-1960
Osch, H. V, 2013, Technique-LPGInstalatie. Retrieved April 10, 2013, from
http://www.chaosboyz.nl/
Franz Hofmann, 2011, Converting
Vehicles to Propane Autogas Part 1:
Installing Fuel Tanks and Fuel Lines,
Propane Education & Research Council,
Propane Exeptional Energy, Washington,
D.C. 20036
Refbacks
- There are currently no refbacks.
==============================================================================================================
Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023
ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416
==============================================================================================================