INVESTIGASI PENURUNAN DAYA MOBIL BERBAHAN BAKAR LPG MELALUI PENGUKURAN EFISIENSI VOLUMETRIK
Abstrak
Liquified Petroleum Gas (LPG) merupakan bahan bakar alternatif yang memiliki semua sifat kunciuntuk mesin Spark Ignition. Salah satu model sistem pemasukan LPG ke mesin adalah denganconverter kits model vaporizer-mixer. LPG dimasukkan dalam fasa gas melalui throtle body (TB)dalam kondisi panas. Kondisi ini akan mengurangi massa aliran udara yang masuk ke mesin,karena keduanya (LPG dan udara) dimasukkan pada saluran yang sama pada throtle body, yangdiduga menjadi penyebab penurunan daya. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dugaanpenurunan daya pada mobil berbahan bakar LPG (TOYOTA 4A-FE 1500 cc ) yang disebabkanoleh sistem pemasukan tersebut. Metode yang digunakan adalah dengan pengukuran efisiensivolumetrik pada dua jenis mode bahan bakar (LPG dan bensin). Pada masing-masing modeoperasi, dilakukan variasi bukaan throtle valve dari 8,2%, 9,2%, 10,2%, 11,2%, sampai 12,2% padadiameter airflow meter konstan. Pada konfigurasi tersebut dilakukan pengukuran aliran udara danputaran mesin. Dari olah data, diperoleh bahwa kecenderungan efisiensi volumetrik untuk modeLPG mengalami kenaikan untuk setiap penambahan bukaan throttle, yaitu 36% @8,2%TB dan41% @12,2%TB. Sementara pada mode operasi bensin mengalami penurunan untuk setiappenambahan bukaan throttle, yaitu 37% @8,2%TB dan 31% @12,2%TB. Dari hasil analisislanjut, diperoleh bahwa penurunan daya pada mode operasi LPG dikarenakan pada bukaan throttlebody yang sama, mesin LPG menghasilkan putaran mesin yang lebih rendah yaitu 1690 rpm, @12,2%TB sementara mode operasi bensin menghasilkan 220 rpm @ 12,2%TB.Referensi
Agustiawan, K. (2013). Indonesia dan
Ketahanan Energi, Retrieved Juni 27,
, from : http://www.pertamina.com/
news-room/pidato-dan-artikel/indonesiadan-ketahanan-energi/
World Liquified Petroleum Gas
Association (2012), Autogas Incentive
Policies, Neuilly-sur-Seine.
Brenda Brevitt, 2002, Alternative Vehicle
Fuels, Science Environment Section,
House of Commons Library, Research
Paper 02/11.
IEA ETSAP. (2010, April). Automotive
LPG and Natural Gas Engines.
Technology Brief T03.
Tri Agung Rohmat, 2003, Pengaruh Waktu
Penyalaan Terhadap Kinerja SparkIgnition Engine Berbahan Bakar LPG,
Media Teknik No.3 Tahun XXV edisi
Agustus 2003ISSN 0216-3012.
Ceviz, M., & Yuksel, F. (2005). Cyclic
variations on LPG and gasoline-fuelled.
Renewable Energy , 1950-1960
Osch, H. V, 2013, Technique-LPGInstalatie. Retrieved April 10, 2013, from
http://www.chaosboyz.nl/
Franz Hofmann, 2011, Converting
Vehicles to Propane Autogas Part 1:
Installing Fuel Tanks and Fuel Lines,
Propane Education & Research Council,
Propane Exeptional Energy, Washington,
D.C. 20036