KAJIAN DESAIN E-LEARNING UNIVERSITAS BUNDA MULIA BERDASARKAN SPESIFIKASI E-LEARNING

Lukman Hakim, Halim Agung

Abstract


e-Learning merupakan konsep pengajaran dan pembelajaran yang mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi menggunakan internet, e-learning juga harus mengandung unsur usability yang baik berdasarkan standar ISO 9241 serta karakteristik e-learning untuk memberikan kemudahan dalam proses pembelajaran, pengembangan e-learning juga mengacu pada framework. Penelitian ini untuk mengkaji aplikasi e-learning sesuai dengan karakteristik dan usability berdasarkan framework e-learning. Pengumpulan data responden sebanyak 30 pada aplikasi e-learning Universitas Bunda Mulia. Hasil penelitian pada unsur usability berdasarkan know-ability 18.02%, Operability 11.41%, Efficiency 12.91%, Robustness 14.71%, Safety 12.01%, Subjective Satisfaction 20.12%, Communicativeness 6.91%, User Expectation 3.90, dan karakteristik e-learning yang perlu diperbaiki pada Multimedia Learner style, Collaborative Learning, Non-linearity, Self-Managing.

Full Text:

PDF

References


Agustina, M. (2013). Pembangunan e-learning di beberapa lembaga pendidikan pada umumya memiliki kesamaan. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) 2013 (pp. 8-12). Yogyakarta: SNATI.

Dony Saputra, Y. S. (2013). Perancangan Dan Kajian Penerapan E-Learning: Studi Kasus : Cyber Solution. Sesindo , 179-185.

Glancy, F. H. (2013). A Conceptual Learner-Centered e-Learning Framework. Journal of Higher Education Theory and Practice , 13.

Hilmi Fuad, Z. H. (2013). Rancang Bangun Sistem Informasi E-Learning berbasis web di SMK 1 Tangerang. JURNAL SISFOTEK GLOBAL , 3, 4-8.

Inayatulloh. (2012). Pembangunan Model E-Learning Di Perguruan Tinggi Dengan Mempertimbangkan Faktor Kebutuhan Dinamis. ComTech , 3, 346-353.

Khan, B. H. (2001, 12 18). E-Learning. A Framework for E-learning , pp. 1-3.

Nicholas Kipkurui Kiget, P. G. (2014). Evaluating Usability of E-Learning system in Universities. IJACSA (International Journal of advanced Computer Science and application , 97-101.

Ramadiani, R. b. (2013). Model Evaluasi Pengguna Interface E-Learning. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia. Sesindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ