REVERSE VENDING MACHINE PENUKARAN LIMBAH BOTOL KEMASAN PLASTIK DENGAN TIKET SEBAGAI ALAT TUKAR MATA UANG

Prio Handoko, Hendi Hermawan, Safitri Jaya

Abstract


Mesin reverse vending atau reverse vending machine merupakan sebuah mesin vending yang membalikkan prinsip kerja mesin vending pada umumnya. Mesin vending pada umumnya memiliki prinsip ketika sejumlah uang dimasukkan ke dalam mesin ini maka konsumen dapat memilih produk yang diinginkan dengan hanya menekan tombol yang mewakili produk yang diinginkan. Mesin reverse vending justru membalikkan prinsip kerjanya, dimana produk dimasukkan terlebih dahulu ke dalam mesin kemudian mesin akan menanggapi dengan mengeluarkan sejumlah uang dan pengembangan mesin reverse vending ini merupakan salah satu dari sekian banyak perkembangan di bidang teknologi informasi, khususnya kecerdasan buatan. Kecerdasan yang ditanamkan pada mesin reverse vending ini adalah selain memiliki kemampuan untuk mendeteksi ukuran botol yang berbeda-beda yaitu, 300ml, 600ml, dan 1500ml, mesin ini pun secara otomatis mengeluarkan sejumlah tiket sebagai alat tukar mata uang yang disesuaikan ukuran botol. Pengembangan mesin reverse vending hanya dikhususkan pada limbah botol kemasan plastik air mineral saja. Mesin reverse vending dalam penelitian ini kan dibuat lebih sederhana dengan biaya produksinya yang lebih rendah. Pengembangan mesin reverse vending ini dilakukan dengan metode literasi, eksperimen serta melakukan serangkaian uji coba selaras dengan metode R&D guna memastikan mesin dapat bekerja sesuai yang diharapkan. Penggunaan mesin vending dengan prinsip ini dimungkinkan baru pertama kali digunakan di Indonesia, khususnya untuk media penukaran limbah botol kemasan plastik dan pengguna cukup memasukkan minimal 1 limbah botol plastik ke dalam mesin vending ini. Diharapkan dengan semakin banyak masyarakat yang menggunakan mesin vending ini, maka limbah botol kemasan plastik yang dapat ditekan jumlahnya dan meningkatkan kualitas kebersihan lingkungan pada umumnya.

Full Text:

PDF

References


Alifuddin, M. (2014). Pengembangan Mesin Vending Dengan Sistem Pengembalian Mata Uang Rupiah. Jurnal IT STMIK Handayani, 14(-), 1 – 7.

Luthra, A., Jain, A., Mishra, P., Gupta, V., Aggarwal, S. (2015). Design and Implementation of Vending Machine using Verilog HDL on FPGA. Jurnal International Journal of Innovative Research in Science, Engineering and Technology (IJIRSET), 4(11), 11610 – 11614 .

Alexis John M. dan Joan P. Lazaro (2016). Solar Powered Reverse Trash Vendo Machine. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 4(2), 16 – 20.

Ramdhani, L.F., Laili, F., Mahmudati, Z. (2014). Cigarette Vending Machine Dan Cicard “Solusi Alternatif Untuk Mengurangi Jumlah Perokok Aktif Dibawah Umur”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, 4(1), 1 – 6.

Preetilatha, R., Ramkumar, R., Ramesh, S. M., Kiruthika, S., Bharani, M. (2014). Stationary Vending Machine. International Journal of Innovative Science, Engineering & Technology (IJISET), 1(9), 8 – 12.

Sugiyono, Prof. Dr. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan XI, Alfabeta. Bandung.

Roger S. Pressman. 2010. Software Engineering: A Practicioner’s Approach. 7th Editon. New Jersey: McGraw Hill Education.

BusinessDictionary. (2017). BusinessDictionary: Vending Machine. Diakses pada tanggal 7 Juni 2017 dari laman situs http://www.businessdictionary.com/definition/vending-machine.html.

The New York Times. (2017). The New York Times: In Italy, a Vending Machine Even Makes the Pizza. Diakses pada tanggal 7 Juni 2017 dari laman situs http://www.nytimes.com/2009/03/14/business/worldbusiness/14vend.html.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ