PENERAPAN KONSEP KAIZEN DALAM UPAYA MENURUNKAN CACAT APPEARANCE UNIT XENIA-AVANZA PROSES PAINTING DI PT. ASTRA DAIHATSU MOTOR
Abstract
memproduksi kendaraan Xenia dan Avanza. Dalam melakukan proses perakitan dan proses
pembuatan unit kendaraan, PT. Astra Daihatsu Motor sangat memperhatikan kualitas dari
produk yang dihasilkan. Adapun kendala yang masih dihadapi di PT. Astra Daihatsu Motor
yaitu masih tingginya cacat appearance pada proses painting, yakni sebesar 0.18 DPU (Defect
per unit), dengan cacat dominan yaitu vlex akar sebesar 0.1125 DPU (Defect per unit), sehingga
masalah tersebut dapat menurunkan tingkat produktivitas.
Oleh karena itu, diperlukan suatu cara yang dapat mengurangi tingginya jumlah
kecacatan agar target DPU (Defect per unit) 0.02 yang ditetapkan perusahaan dapat tercapai.
Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengidentifikasi dan menganalisa faktor penyebab
kecacatan dengan penerapan konsep kaizen dengan tahapan PDCA (Plan – Do – Check – Action),
yang terlebih dahulu dilakukan pemilihan jenis kecacatan yang paling dominan dengan diagram
pareto, kemudian dilakukan pengidentifikasian faktor dan akar penyebab kecacatan dengan
diagram sebab akibat, dan tahapan 5W 1H yang akan memudahkan penelitian dalam menemukan
permasalahan yang terjadi dan menemukan solusi perbaikannya. Proses pengolahan data dalam
pemecahan masalah dengan metode PDCA akan lebih mudah dilakukan dengan adanya dukungan
QC 7 Tools.
Hasil evaluasi dari implementasi konsep Kaizen ini adalah menurunnya cacat appearance
proses painting dari 0.18 DPU (Defect per unit) menjadi 0.02, serta menurunnya cacat dominan
yaitu vlex akar dari 0.1125 DPU (Defect per unit) menjadi 0 dan terjadi peningkatan kapabilitas
proses sebesar 16 % setelah dilakukan perawatan alat proses serta pembuatan Standart
Operational Procedures (SOP) dan check sheet terkait dengan perbaikan metode kerja.
Full Text:
PDFReferences
Ariani, Dorothea Wahyu. 2005.
Pengendalian Kualitas Statistik
:Pendekatan Kuantitatif dalam
Manajemen Kualitas. Yogyakarta :
Andi Offset.
Assauri, Sofyan, 1998. Manajemen
Produksidan Operasi. Jakarta :
Fakultas Ekonomi Universitas
Indonesia.
Dorothea Wahyu Ariani, Manajemen
Kualitas, Universitas Atma Jaya
Yogyakarta, 1999.
Feigenbaum, A. V. Kendali Mutu Terpadu,
Edisi Ketiga, Terjemahan Hudaya
Kandahjaya, Erlangga, Jakarta, 1992.
Gasperz, Vincent. 2005. Total Quality
Management. Jakarta : Gramedia
Pustaka Utama.
Hari Purnomo, Pengantar Teknik Industri,
Edisi Kedua – Yogyakarta, Penerbit
Graha Ilmu, 2004.
Imai, Masaaki, Genba Kaizen : Pendekatan
Akal Sehat, Berbiaya Rendah Pada
Manajemen, Penerjemah : Kristianto
Jahja – Jakarta: Pustaka Binaman
Pressindo, 1998.
IrfanBahtiar, Total Quality Management, PT.
Astra Daihatsu Motor, Disadur dari :
Training IDQC Yokohama, 19
Oktober – 1 November 2011.
Nasution, M. N. 2005. Total Quality
Management. Bogor : Ghalia
Indonesia.
Pande, Peter S., Robert P. Neuman and
Roland R. Cavanagh. 2000. The Six
Sigma Way. Terjemahan : Dwi
Prabantini. Yogyakarta : Andi.
Prawirosentono, Suyadi. 2007. Manajemen
Operasi Analisis dan Studi Kasus,
Edisi Keempat. Jakarta : Bumi
Aksara.
PT. Astra Daihatsu Motor, Fosters QCC
Culture For Expanding Capacity &
Capability, Convention Book 2012.
Slamet Yuliadi, DELTA (Delapan Langkah
Untuk Pemecahan Masalah
Perbaikan), Komite QCSS Astra
Daihatsu Motor.
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2001.
Total Quality Management, Edisi
Revisi. Yogyakarta : Penerbit Andi
Yogyakarta.
https://elqorni.wordpress.com/category/man
ajemen-kualitas/manajemen-kaizen/
Refbacks
- There are currently no refbacks.
==============================================================================================================
Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023
ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416
==============================================================================================================