PENERAPAN KONSEP KAIZEN DALAM UPAYA MENURUNKAN CACAT APPEARANCE UNIT XENIA-AVANZA PROSES PAINTING DI PT. ASTRA DAIHATSU MOTOR

Sambas Sundana, Hartono Hartono

Abstract


PT.  Astra  Daihatsu  Motor  merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang
memproduksi  kendaraan  Xenia  dan  Avanza.  Dalam melakukan  proses perakitan dan proses
pembuatan  unit kendaraan,  PT.  Astra Daihatsu  Motor  sangat  memperhatikan  kualitas  dari
produk  yang  dihasilkan. Adapun  kendala  yang    masih  dihadapi  di  PT.  Astra  Daihatsu  Motor
yaitu masih tingginya cacat  appearance pada proses painting, yakni sebesar 0.18 DPU (Defect
per unit), dengan cacat dominan yaitu vlex akar sebesar 0.1125 DPU (Defect per unit), sehingga
masalah tersebut dapat menurunkan tingkat produktivitas.
Oleh  karena  itu,  diperlukan  suatu  cara  yang  dapat  mengurangi  tingginya  jumlah
kecacatan  agar  target  DPU  (Defect  per  unit)  0.02  yang  ditetapkan  perusahaan  dapat  tercapai.
Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengidentifikasi dan menganalisa faktor penyebab
kecacatan dengan penerapan konsep kaizen dengan tahapan PDCA (Plan – Do – Check – Action),
yang terlebih dahulu dilakukan pemilihan jenis kecacatan yang paling dominan dengan diagram
pareto,  kemudian  dilakukan  pengidentifikasian  faktor  dan  akar  penyebab  kecacatan  dengan
diagram sebab akibat, dan tahapan 5W 1H yang akan memudahkan penelitian dalam menemukan
permasalahan yang terjadi dan menemukan solusi perbaikannya. Proses pengolahan data dalam
pemecahan masalah dengan metode PDCA akan lebih mudah dilakukan dengan adanya dukungan
QC 7 Tools.
Hasil evaluasi dari implementasi konsep Kaizen ini adalah menurunnya cacat appearance
proses painting dari 0.18 DPU (Defect per unit) menjadi 0.02, serta menurunnya cacat dominan
yaitu vlex akar dari 0.1125 DPU (Defect per unit) menjadi 0 dan terjadi peningkatan kapabilitas
proses  sebesar  16  %  setelah  dilakukan  perawatan  alat  proses  serta  pembuatan  Standart
Operational Procedures (SOP) dan check sheet terkait dengan perbaikan metode kerja.

Full Text:

PDF

References


Ariani, Dorothea Wahyu. 2005.

Pengendalian Kualitas Statistik

:Pendekatan Kuantitatif dalam

Manajemen Kualitas. Yogyakarta :

Andi Offset.

Assauri, Sofyan, 1998. Manajemen

Produksidan Operasi. Jakarta :

Fakultas Ekonomi Universitas

Indonesia.

Dorothea Wahyu Ariani, Manajemen

Kualitas, Universitas Atma Jaya

Yogyakarta, 1999.

Feigenbaum, A. V. Kendali Mutu Terpadu,

Edisi Ketiga, Terjemahan Hudaya

Kandahjaya, Erlangga, Jakarta, 1992.

Gasperz, Vincent. 2005. Total Quality

Management. Jakarta : Gramedia

Pustaka Utama.

Hari Purnomo, Pengantar Teknik Industri,

Edisi Kedua – Yogyakarta, Penerbit

Graha Ilmu, 2004.

Imai, Masaaki, Genba Kaizen : Pendekatan

Akal Sehat, Berbiaya Rendah Pada

Manajemen, Penerjemah : Kristianto

Jahja – Jakarta: Pustaka Binaman

Pressindo, 1998.

IrfanBahtiar, Total Quality Management, PT.

Astra Daihatsu Motor, Disadur dari :

Training IDQC Yokohama, 19

Oktober – 1 November 2011.

Nasution, M. N. 2005. Total Quality

Management. Bogor : Ghalia

Indonesia.

Pande, Peter S., Robert P. Neuman and

Roland R. Cavanagh. 2000. The Six

Sigma Way. Terjemahan : Dwi

Prabantini. Yogyakarta : Andi.

Prawirosentono, Suyadi. 2007. Manajemen

Operasi Analisis dan Studi Kasus,

Edisi Keempat. Jakarta : Bumi

Aksara.

PT. Astra Daihatsu Motor, Fosters QCC

Culture For Expanding Capacity &

Capability, Convention Book 2012.

Slamet Yuliadi, DELTA (Delapan Langkah

Untuk Pemecahan Masalah

Perbaikan), Komite QCSS Astra

Daihatsu Motor.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2001.

Total Quality Management, Edisi

Revisi. Yogyakarta : Penerbit Andi

Yogyakarta.

https://elqorni.wordpress.com/category/man

ajemen-kualitas/manajemen-kaizen/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ