PERMEABILITAS BLOK PERKANTORAN JL.MH. THAMRIN UNTUK AKSES STASIUN MRT BUNDARAN HI JAKARTA MENGGUNAKAN SPACE SYNTAX

Lily Mauliani, Anisa Anisa, Wafirul Aqli

Abstract


Blok perkantoran di kawasan jalan MH. Thamrin Jakarta Pusat merupakan bagian dari kawasan perkantoran yang berdampingan dengan kawasan permukiman serta pusat perbelanjaan dalam skala sosial-ekonominya yang beragam. Dengan konfigurasi akses ruang jalan yang eksisting, blok-blok perkantoran tersebut menjadi barrier-area bagi permukiman apabila dihubungkan dengan stasiun MRT yang akan beroperasi melayani transportasi warga sekitar. latar belakang tersebut yang mendasari permsalahan diajukan dalam penelitian ini, agar ditemukan solusi aksesibilitas dan kemampuan permeabilitas yang lebih baik sehingga keberadaan fasilitas MRT dapat melayani pengguna dari sekitarnya secara lebih mudah dijangkau. Dalam teori tentang aktivitas berjalan kaki, pengurangan waktu tempuh atau peningkatan mobilitas dapat diperoleh dari tingkat permeabilitas lingkungan yang baik terhadap pelaku pejalan kaki/pedestrian-nya. Konektivitas dan aksesibilitas adalah faktor-faktor yang berpengaruh dalam menciptakan lingkungan yang permeabel. Penelitian ini bertujuan untuk; Mengidentifikasi kondisi aksesibilitas di kawasan Jl. MH. Thamrin Jakarta Pusat terkait keberadaan fasilitas MRT di area tersebut. Selain itu, penelitian ini juga ditujukan untuk menemukan potensi permeabilitas lingkungan untuk menyediakan akses fasilitas MRT melalui kawasan perkantoran yang ada. Obyek dalam penelitian ini adalah jaringan jalan di sekitar akses masuk stasiun MRT Bundaran HI Jakarta, dengan menggunakan teknik simulasi sintaksis ruang (Space Syntax).

Full Text:

PDF

References


Arieffirsandy, B. (2012). Penataan Permeabilitas Pemukiman Nelayan di Pesisir Kota Tuban, dengan pendekatan Space Syntax. Yogyakarta: Tesis - Universitas Gadjah Mada.

Aqli, W. (2017). Aksesibilitas Jalur Pedestrian di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia Jakarta Menggunakan Space Syntax. Yogyakarta: Tesis - Universitas Gadjah Mada.

Aqli, W., Anisa, Mauliani, L. (2018). Simulasi Permeabilitas Kawasan Jl. MH. Thamrin Jakarta Untuk Akses Pedestrian. Jakarta: Penerbit Arsitektur UMJ Press.

Balitbang - PU. (2013, October 17). Artikel Berita. Retrieved November 06, 2014, from Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum RI: http://litbang.pu.go.id/pedestrian-merebut-kembali-hak-milik-pejalan-kaki.balitbang.pu.go.id

Cambra, P. J. (2012). Pedestrian Accessibility and Attractiveness Indicators for Walkability Assessment. Portugal: Dissertação para a Obtenção do Grau de Mestre em - Urbanismo e Ordenamento do Território – Tecnico Lisboa.

Darjosanjoto, E. T. (2006). Penelitian Arsitektur di Bidang Perumahan dan Permukiman. Surabaya: ITS Press.

Jamal, L. Z. (2013). Walkability Pada Kawasan Berbasis Transit Oriented Development : Studi Kasus Kawasan Stasiun Lempuyangan. Yogyakarta: Tesis - Universitas Gadjah Mada.

Lo, R. S. (2011). Walkability Planning in Jakarta - A Dissertation for the degree of Doctor of Philosophy in City and Regional Planning. Berkeley: Graduate Division of the University of California.

PT. MRT Jakarta. (2014, November Senin, 3/11/2014). http://www.jakartamrt.com/informasi-mrt/tentang-mrt/. Retrieved from http://www.jakartamrt.com/.

Siregar, J. P. (2014). Metodologi Dasar Space Syntax dalam Analisis Konfigurasi Ruang (Modul Space Syntax 1). Malang: Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota - Universitas Brawijaya.

Syarkowi. (2011, Juli 01). Berita Utama. Retrieved November 06, 2014, from Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III: http://balai3.wordpress.com/2011/07/01/fasilitas-pejalan-kaki-berdasarkan-undang-undang/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ