PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI GAME EDUKASI MARBEL UNTUK KURIKULUM TINGKAT SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ardi Ardi
  • Tata Sutabri

Abstract

Banyak  orang  tua  yang  khawatir  dengan  perkembangan  anaknya,  terlebih  lagi  karena  anak-anaklebih suka bermain dan enggan untuk belajar. Di sekolahnya anak pada tingkat sekolah dasar sudahdiberikan  materi  pelajaran,  diajari  membaca,  menulis  serta berhitung.  Tetapi  banyak  anak  yangtidak  menyukai  pelajaran  khususnya  dalam  mata  pelajaran  matematika  yang  dianggap  olehsebagian anak adalah pelajaran yang sulit dan menakutkan. Dalam pengembangannya aplikasi inimenggunakan  model    System  Development  Life  Cycle  (SDLC)  dengan  metode  pendekatanterstruktur. Adapun  teknik  pengambilan  data  dalam game MARBEL  ini adalah analisis  sistem,perencanaan  sistem,  perancangan  sistem,  dan  implementasi sistem. Dengan  adanya gameMARBEL ini dapat membantu anak dalam memahami soal-soal matematika yang dianggap sulit,dan  menambah  daya  tarik  anak  dalam  belajar  karena  dikemas  dalam  bentuk  permainan  yangmenyenangkan. Adanya  gambar  yang nyata  memiliki nilai yang lebih tinggi bagi perkembangandan daya ingat pada anak, dan berhasil memberikan variasi pembelajaran yang berbeda pada anaksehingga menimbulkan minat belajar yang lebih tinggi.

References

Anonymous A. http://forum.indogamers.com/.

Diakses pada 20 juli 2014.

Anonymous B. http://kantorkita.web.id/definisidan-simbol-flow-chart.html. Diakses pada

juli 2014.

Binanto, Iwan. (2010). Multimedia Digital :

Dasar Teori dan Pengembangannya. Andi.

Yogyakarta.

Munandar, Utami. (2012). Pengembangan

Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.

Jakarta.

Sutabri, Tata. 2004. Analisa Sistem Informasi.

Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wikipedia. (2014). Matematika.

http://id.wikipedia.org/wiki/Matematika.

Diakses pada 20 juli 2014.

Downloads

Published

2014-11-12

Issue

Section

Articles