PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI GAME EDUKASI MARBEL UNTUK KURIKULUM TINGKAT SEKOLAH DASAR
Abstrak
Banyak orang tua yang khawatir dengan perkembangan anaknya, terlebih lagi karena anak-anaklebih suka bermain dan enggan untuk belajar. Di sekolahnya anak pada tingkat sekolah dasar sudahdiberikan materi pelajaran, diajari membaca, menulis serta berhitung. Tetapi banyak anak yangtidak menyukai pelajaran khususnya dalam mata pelajaran matematika yang dianggap olehsebagian anak adalah pelajaran yang sulit dan menakutkan. Dalam pengembangannya aplikasi inimenggunakan model System Development Life Cycle (SDLC) dengan metode pendekatanterstruktur. Adapun teknik pengambilan data dalam game MARBEL ini adalah analisis sistem,perencanaan sistem, perancangan sistem, dan implementasi sistem. Dengan adanya gameMARBEL ini dapat membantu anak dalam memahami soal-soal matematika yang dianggap sulit,dan menambah daya tarik anak dalam belajar karena dikemas dalam bentuk permainan yangmenyenangkan. Adanya gambar yang nyata memiliki nilai yang lebih tinggi bagi perkembangandan daya ingat pada anak, dan berhasil memberikan variasi pembelajaran yang berbeda pada anaksehingga menimbulkan minat belajar yang lebih tinggi.Referensi
Anonymous A. http://forum.indogamers.com/.
Diakses pada 20 juli 2014.
Anonymous B. http://kantorkita.web.id/definisidan-simbol-flow-chart.html. Diakses pada
juli 2014.
Binanto, Iwan. (2010). Multimedia Digital :
Dasar Teori dan Pengembangannya. Andi.
Yogyakarta.
Munandar, Utami. (2012). Pengembangan
Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.
Jakarta.
Sutabri, Tata. 2004. Analisa Sistem Informasi.
Yogyakarta: Penerbit Andi.
Wikipedia. (2014). Matematika.
http://id.wikipedia.org/wiki/Matematika.
Diakses pada 20 juli 2014.
##submission.downloads##
Diterbitkan
2014-11-12
Terbitan
Bagian
Articles