PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI GAME EDUKASI MARBEL UNTUK KURIKULUM TINGKAT SEKOLAH DASAR
Abstract
lebih suka bermain dan enggan untuk belajar. Di sekolahnya anak pada tingkat sekolah dasar sudah
diberikan materi pelajaran, diajari membaca, menulis serta berhitung. Tetapi banyak anak yang
tidak menyukai pelajaran khususnya dalam mata pelajaran matematika yang dianggap oleh
sebagian anak adalah pelajaran yang sulit dan menakutkan. Dalam pengembangannya aplikasi ini
menggunakan model System Development Life Cycle (SDLC) dengan metode pendekatan
terstruktur. Adapun teknik pengambilan data dalam game MARBEL ini adalah analisis sistem,
perencanaan sistem, perancangan sistem, dan implementasi sistem. Dengan adanya game
MARBEL ini dapat membantu anak dalam memahami soal-soal matematika yang dianggap sulit,
dan menambah daya tarik anak dalam belajar karena dikemas dalam bentuk permainan yang
menyenangkan. Adanya gambar yang nyata memiliki nilai yang lebih tinggi bagi perkembangan
dan daya ingat pada anak, dan berhasil memberikan variasi pembelajaran yang berbeda pada anak
sehingga menimbulkan minat belajar yang lebih tinggi.
Full Text:
PDFReferences
Anonymous A. http://forum.indogamers.com/.
Diakses pada 20 juli 2014.
Anonymous B. http://kantorkita.web.id/definisidan-simbol-flow-chart.html. Diakses pada
juli 2014.
Binanto, Iwan. (2010). Multimedia Digital :
Dasar Teori dan Pengembangannya. Andi.
Yogyakarta.
Munandar, Utami. (2012). Pengembangan
Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.
Jakarta.
Sutabri, Tata. 2004. Analisa Sistem Informasi.
Yogyakarta: Penerbit Andi.
Wikipedia. (2014). Matematika.
http://id.wikipedia.org/wiki/Matematika.
Diakses pada 20 juli 2014.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
==============================================================================================================
Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023
ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416
==============================================================================================================