PERANCANGAN MODEL KEPUTUSAN MULTIKRITERIA PEMILIHAN LAYANAN E-COMMERCE UNTUK KEPUASAN PELANGGAN

Irnanda Pratiwi, Winny Andalia

Abstract


Indonesia yang saat ini merupakan negara dengan pertumbuhan e-commerce tertinggi di dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan usaha perdagangan berbasis online ini sangat signifikan. Setidaknya hingga saat ini total jumlah e-commerce di Indonesia mencapai 26.2 juta (Deny, 2016). Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis dan merancang model multikriteria pemilihan layanan e-commerce untuk kepuasan pelanggan dan meningkatkan daya saing dengan mengetahui kriteria e-commerce seperti apa yang paling diutamakan oleh pelanggan. Sistem pendukung keputusan yang akan dibangun yaitu dengan menggunakan metode Analytic Hierarcy Process . Penilaian kriteria pemilihan layanan e-commerce dengan bobot kriteria yang tertinggi adalah kriteria bebas ongkos kirim dengan nilai bobot adalah 0,33. Sedangkan Penilaian sub kriteria kesesuaian produk terhadap spesifikasi, sub kriteria harga mahal dan sub kriteria ketepatan waktu pengiriman dengan masing – masing nilai bobot 0,59; 0,67 dan 0,53.Alternatif yang dipilih berdasarkan dari kriteria bebas ongkos kirim, kualitas produk, harga produk dan jasa ekspedisi yaitu Shopee dengan bobot nilai tertinggi yaitu 0,34, dilanjutkan dengan Lazada dengan nilai bobot adalah 0,29; Bukalapak dengan nilai bobotnya 0,19 dan Tokopedia dengan nilai bobotnya 0,18.

Full Text:

PDF

References


Andalia, W., & Pratiwi, I. 2017. Pemilihan Katalis Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) pada Proses Pembuatan Biodiesel Reaksi Transesterifikasi. Jurnal Industrial Servicess , 4(1a),8-14.

Clement, R. T. 1996. Making Hard Decision . Washington: Duxburry Press.

Deny, S. 2016. BPS : Jumlah e-Commerce di Indonesia Capai 26,2 Juta. Retrieved from Liputan 6: http://www.liputan6.com

Librianty, A. 2017. Ini 10 Toko Online Terbaik di Indonesia. Retrieved Desember 14, 2017, from Liputan 6 Website: http://tekno.liputan6.com

Ngatawi, & Setyaningsih, I. (2011). Analisis Pemilihan Supplier Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal Ilmiah Teknik Industri , 10(1), 7-13.

Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada JNE Cabang Bandung. DeReMa Jurnal Manajemen , 11(2),256-289.

Saaty, T. L., & Vargas, L. G. (2012). Model, method, Concept and Application of The Analytical Hierarchy Process. New York: Springer Science Business Media.

Tjiptono, F., & Chandra, G. 2016. Service, Quality dan Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Wiludjeng, S. 2013. Pengaruh e-Commerce dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen pada Forum Jual Beli Kaskus di Bandung. SEMANTIK 2013. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ