PERBANDINGAN EFISIENSI HARGA PERKERASAN LENTUR DAN KAKU DENGAN METODE BINA MARGA
Fatkhusani Fatkhusani
Abstract
Perkerasan jalan raya merupakan suatu konstruksi yang disusun menjadi satu kesatuan yang kuat, perkerasan jalan sebagai sarana maupun prasarana yang menjadi lintasan yang bermanfaat sebagai sarana lalu lintas (traffic) dari suatu tempat ke tempat lain. Perencanaan perkerasan jalan berada di Ruas Jalan Balamoa – Pangkah , Kabupaten Tegal, Propinsi Jawa Tengah. Perencanaan ini meliputi Survei Lalu Lintas dan mengetahui California Bearing Ratio (CBR) tanah dasar. Tujuan dari perencanaan ini adalah mempelajari,memahami dan membandingkan esfisiensi harga antara Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) dan Pekerasan Lentur (Flexible Pavement) dengan mengacu pada Metode Analisa Komponen Bina Marga, Serta menyelesaikan masalah kerusakan jalan yang sering terjadi pada lokasi tersebut. Dari hasil perencanaan didapat, untuk perkerasan kaku (Rigid Pavement) Ketebalan Struktur Slab Beton Perkerasan Kaku (Concrete Slab Rigid Pavement) digunakan 22 cm dengan beton K-350 dan Ketebalan Struktur Lapis Pondasi Bawah Campuran Beton Kurus (Lean Mix Concrete) digunakan 15 cm dengan beton K-350, dengan CBR desain terendah 4.22 %. Besi yang digunakan masing – masing sebagai berikut : Ruji (Dowel bars), diameter 1” (∅ 25 mm), panjang 450 mm, jarak 300 mm dan hasil perhitungan rencana anggaran biaya (RAB) untuk perkerasan kaku adalah Rp13.181.308.000,-.sedangkan untuk perkerasan lentur (Flexible Pavement) lapis pondasi bawah (Sub Base) di gunakan 12.9 cm ,lapisan pondasi (Base) di gunakan 20 cm , lapis permukaan 7.5cm dan hasil perhitungan rencana anggaran biaya (RAB) untuk perkerasan lentur adalah Rp 12,019,391,000
Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta Jl. Cempaka Putih Tengah 27 Jakarta Pusat 10510 T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023