PEMANFAATN LIMBAH KERAMIK TERHADAP KUAT TEKAN BETON

Revisdah Revisdah, Ririn Utari

Abstract


Banyaknya Pabrik Keramik di Sumatera Selatan sehingga menyisakan limbah, baik itu limbah padat,cair dan udara.Jika tidak di olah dengan benar akan menjadikan masalah lingkungan, dimana jika limbah keramik padat (sisa-sisa potongan keramik) dimanfaatkan untuk pembuatan beton, maka akan mengurangi limbah padat. Beton didefinisikan sebagai sebuah bahan yang diperoleh dengan mencampurkan agregat halus (pasir), agregat kasar (kerikil/ batu pecah), semen, air, dan bahan tambahan lain (admixtures) bila diperlukan. Beton memiliki kekurangan dan kelebihan yaitu kuat terhadap tekan dan lemah terhadap tarik, agar beton dapat menahan gaya tarik maka didalam beton diberi besi tulangan dan biasa disebut beton bertulang. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan beton dalam bangunan, contohnya dalam struktur beton yang terdiri dari balok, kolom, pondasi atau pelat.Limbah keramik merupakan bahan utama yang digunakan sebagai bahan campuran. Penggunaan limbah keramik ini diharapkan bisa menjadi bahan tambah yang bisa berfungsi untuk menghasilkan beton yang bermutu serta bisa di aplikasikan langsung pada campuran beton guna memperoleh beton yang berkualitas baik tanpa mengabaikan segi kekuatan dari beton itu sendiri. Dari hasil pengujian yang telah dilaksanakan untuk beton normal dan beton dengan penambahan limbah keramik sebesar 8%, 10%, 12%, dan 14% di dapat nilai kuat tekan beton untuk masing-masing sampel. Beton normal memenuhi nilai kuat tekan karakteristik beton K-250. Nilai kuat tekan beton untuk penambahan limbah keramik sebesar 8%, 10%, 12%, dan 14% masih memenuhi nilai kuat tekan karakteristik beton K-250. Penambahan limbah keramik untuk kuat tekan beton optimumnya terjadi pada persentase limbah keramik 14%.

Full Text:

PDF

References


Mulyono, Tri. 2004. TeKnologi Beton. Yogyakarta: Andi Offset.

Murdock, L. J, Brook, K.M dan Hindarko, S. 1991. Bahan dan Praktek Beton. Edisi Keempat, Jakarta : Erlangga.

Nugraha, Paul dan Antoni. 2007.TeKnologi Beton. Yogyakarta : Andi Offset.

Honing, J, Surawan dan Lambri, E. Zacharias. 1997.Konstruksi Beton. Jakarta : Pradnya Paramita.

Petunjuk Praktikum Beton. 2005. Palembang : Jurusan TeKnik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang.

Kusuma, Gideon.H. 1993. Pedoman Pengerjaan Beton. Cetakan Pertama, Jakarta : Erlangga.

Novieyansa. 2006. Pengaruh Variasi Pengurangan Deterjen Terhadap Kuat Tekan Beton. Dosen Pemula Fakultas Teknik Universitas Muhamadiyah Palembang.

Shinta Marito Siregar, 2009. Pengaruh Penggunaan serbuk cangkang kerang Terhadap Kuat Tekan Beton K-300. Dosen Pemula Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara.

Revisdah, Mira Setiawati, 2015. Pengaruh Penambahan Air Soda Terhadap Kuat Tekan Beton. Dosen Pemula Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ