STUDI DESAIN PERENCANAAN PERKERASAN SISI UDARA BANDAR UDARA TUNGGUL WULUNG CILACAP

Kurniawan Kurniawan

Abstract


Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Cilacap mengalami peningkatan setiap tahunnya.Hampir semua sektor mengalami pertumbuhan, seperti sektor industri dan perdagangan, pariwisata serta investasi. Peningkatan dan pertumbuhan ekonomi tersebut bisa digunakan untuk dasar melakukan pembenahan sarana dan prasarana di Kabupaten Cilacap, salah satunya adalah Bandar Udara Tunggul wulung.Penulis menggunakan SKEP/IV/2005 dan standar aturan Federation Aviation Administration (FAA) sebagai dasar perencanaan sisi udara bandara. Perencanaan sisi udara ini, menyesuaikan dengan pertumbuhan penumpang untuk 20 tahun mendatang. Dari hasil analisis, jenis pesawat rencana yang akan digunakan untuk pengembangan 20 tahun mendatang adalah ATR 72-600.Kebutuhan geometrik sisi udara adalah panjang runway 1500 m dengan lebar 30 m,taxiway dengan lebar 15 , dan apron dengan panjang 95 m dan lebar 45m. Kebutuhan perkerasan lentur sisi udara yaitu untuk bagian runway dan taxiway adalah lapisan surface setebal 4 inch, lapisan base course setebal 6 inch, dan lapisan sub base setebal 6 inch. Sedangkan Kebutuhan perkerasan kaku sisi udara yaitu untuk bagian apron adalah lapisan surface setebal 4 inch, slab beton setebal 8,2 inch dan tebal lapisan sub base setebal 6 inch.

Full Text:

PDF

References


Basuki, Heru, Ir. 1986. “Merancang dan Merencana Lapangan Terbang”. Bandung: Penerbit Alumni Bandung.

Horonjeff, Robert / McKelvey Francis X. 1993. Jilid 1 “Perencanaan dan Perancangan Bandar Udara”. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Horonjeff, Robert / McKelvey Francis X. 1993. Jilid 2 “Perencanaan dan Perancangan Bandar Udara”. Jakarta: Penerbit Erlangga.

International Civil Aviation Organization. Aerodrome Design Manual Part 1 : Runway. 1980. Canada: Montreal Que.

International Civil Aviation Organization. Aerodrome Design Manual Part 2 : Taxiway, Apron, and Holding Bays. 1980. Canada: Montreal Que.

International Civil Aviation Organization. Aerodrome Design Manual, Part 3 : Pavement. 1980. Canada: Montreal Que.

Ismiyati, YI. Wicaksono dan Bagus Hario Setiadji. Modul Ajar Lapangan Terbang. 2012. Semarang: Penerbit Fakultas Teknik Sipil UNDIP.

Andrew, Tri dan Ruslan. 2015. Studi Pengembangan Sisi Udara Bandar Udara Mali Kabupaten Alor Untuk Jenis Pesawat Boeing 737-200. Kupang: Jurnal Teknik Sipil Universitas Nusa Cendana. Vol. IV, No. 2: 231-244.

Hubud.dephub.go.id/bandara

KP 262 Tahun 2017 Tentang Standar Teknis Dan Operasi Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil – Bagian 139 (Manual Of Standard CASR – PART 139) Volume I.

Yuda Pratama, Hastha. 2015. Analisis Tebal dan Perpanjangan Landasan Pacu Pada Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II. Palembang: Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan Universitas Sriwijaya. Vol.3, No. 1: 741-748.

http://www.flugzeuginfo.net/index_en.php

https://cilacap kab.bps.go.id

https://www.google.co.id/map


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ