STUDI KARAKTERISTIK PENCATUAN SEL SURYA TERHADAP SUHU DAN INTENSITAS CAHAYA MATAHARI DI KOTA CILEGON

Muradi Suwargina, Imam Tri Sulistyo, Komarudin Komarudin

Abstract


Keterbatasan tersedianya sumber energi fosil sebagai penghasil energi listrik, telah mendorong penelitian dan pengembangan kearah penggunaan sumber energi alternatif, salah satunya adalah sumber energi matahari. Oleh karena itu perlu dilakukan kajian yang lebih detail untuk memahami sistem listrik yang berasal dari sumber energi matahari ini. Peralatan yang digunakan untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik ini adalah sel surya. Dikarenakan energi dari matahari yang ditangkap oleh sel surya berubah-ubah maka perlu dilakukan pengkajian lebih lanjut mengenai efek dari perubahan intensitas dan temperatur dari sinar matahari. Pengujian ini dilakukan di wilayah cilegon guna menentukan kelayakan penerapan sistem sel surya ini di kota Cilegon. Pada penelitian ini akan dibahas karakterisktik sel surya terhadap perubahan intensitas cahaya matahari dan suhu. Berdasarkan hasil studi maka didapatkan bahwa perubahan intensitas matahari sangat berpengaruh terhadap karakteristik sel surya. Dari hasil penelitian dan pendekatan yang dilakukan maka nilai energi harian yang terendah didapatkan pada bulan Februari tahun 2014 yaitu 475,19 Wh dan tertinggi di bulan Oktober tahun 2014 yaitu 781,77 Wh.


Full Text:

PDF

References


Melihat Prinsip Kerja Sel Surya Lebih Dekat. Juni 28, 2015. https://energisurya.wordpress.com//

Christiana Honsberg & Stuart Bowden, “PV Education.org, PV CDROM“. May 20, 2015. http://www.pveducation.org/pvcdrom/solar-cell-operation/light-generated-current

Davud Mostafa Tobnaghi, Rahim Madatov, daryush naderi. (2013). The Effect of Temperature on Electrical Parameters of Sel suryas : International Journal of Advanced Research in Electrical, Electronics and Instrumentation Engineering.

A. El-Shaer, M.T.Y. Tadros, M.A. Khalifa.(2014). Effect of Light intensity and Temperature on Crystalline Silicon Solar Modules Parameters : International Journal of Emerging Technology and Advanced Engineering.

Wire Chart. May 5, 2015. http://www.rpc.com.au/pdf/Wire_Chart.pdf

Dita Ditafrihil Fuadah. (2012). Regresi Polinomial Derajat II: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Battery Stuff, April 10, 2015. http://www.batterystuff.com/kb/tools/math-behind-the-magic.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ