RANCANG BANGUN ALAT DETEKSI UANG KERTAS PALSU DENGAN METODE TEMPLATE MATCHING MENGGUNAKAN RASPBERRY PI

Mentari Adhatil Putri, Hendrick Hendrick, Tati Erlina, Derisma Derisma

Abstract


Cara manual yang digunakan untuk mendeteksi keaslian uang kertas memiliki banyak kelemahan. Oleh karena itu, pada penelitian ini dirancang sebuah alat yang dapat mengidentifikasi keaslian uang kertas tanpa mengandalkan penglihatan manusia. Sistem pada alat ini menggunakan mini PC Raspberry Pi, lampu ultraviolet, kamera dan metode Template Matching. Template Matching adalah sebuah teknik pada pengolahan citra digital untuk menemukan bagian-bagian kecil dari gambar yang cocok dengan gambar template. Lampu ultraviolet digunakan untuk memunculkan gambar Invisible Ink dari objek uang kertas pecahan 50.000. Kamera digunakan untuk menangkap gambar uang kertas setelah disinari lampu ultraviolet. Gambar tersebut kemudian diproses di Raspberry Pi menggunakan library OpenCV untuk mendapatkan nilai hasil kemiripan dengan gambar. Keluaran dari sistem ini berupa suara yang memberikan informasi tentang asli atau tidaknya uang kertas tersebut. Dari 16 kali percobaan dengan posisi kamera tetap dan berjarak + 8 cm dari uang, terdapat 2 kali kegagalan yang disebabkan tipisnya perbedaan warna dasar uang dengan gambar template, sehingga didapatkan tingkat keberhasilan sebesar 87,5%. Sedangkan pada jarak + 7 cm dan +6 cm dari uang kertas sistem tidak dapat mendeteksi keaslian uang kertas tersebut. Dari 25 kali percobaan berdasarkan posisi/kemiringan uang kertas didapatkan tingkat 36%. Oleh karena itu Template Matching sangat dipengaruhi oleh template, tresholding, posisi objek, serta posisi/jarak kamera.

 


Full Text:

PDF

References


Harjunowibowo, D. 2010. Perangkat Lunak Deteksi Uang Palsu Berbasis LVQ Memanfaatkan Ultraviolet. Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Sebelas Maret.

Wicaksono D , Dawud G. 2008. Perangkat lunak identifikasi nilai nominal dan keaslian uang kertas rupiah menggunakan jaringan syaraf tiruan back propagation. Jurusan Teknik Elektro Universitas Indonesia

Majid, A. 2012. Pengenalan Webcam .http://idkf.bogor.net/yuesbi/e-DU.KU/edukasi.net/SMK/TIK/Webcam/, diakses tanggal 10 September 2014.

Sutoyo, T, dkk. 2009, “Teori Pengolahan Citra Digital”, Penerbit Andi, Yogyakarta Hal 9 - 27.

Gonzales, Rafael C, Woods, Richard E, “Digital Image Processing”, Prentice- Hall Inc., 2ndEdition, 2002

Nugroho, Aulia F , 2011, “Implementasi Teknik Kompresi Video Dengan Algoritma Discrete Cosine Transform Pada Paerangkat Bergerak”, Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara. hal 42 – 67.

Basuki, A. 2007. Pengantar Pengolahan Citra. PENS-ITS Surabaya.

Wahyono, Eko S, dan Ernastuti. 2009. Identifikasi Nomor Polisi Menggunakan Metode Jaringan Syaraf Buatan Learning Vector Quantization. Jurusan Teknik Informatika Universitas Gunadarma.

Meita S, Albert J . 2006 . Pengenalan Uang Kertas Dollar Amerika Dengan Metode Template Matching.Jurusan Teknik Informatika Universitas Bina Nusantara.

Alexander M , Abid K . 2013. Template Matching. http://OpenCV-python-tutroals.readthedocs.org/en/latest/py_tutorials/py_imgproc/py_template_matching/py_template_matching.html. diakses tanggal 13 September 2014

Pramana, Indra, dkk.2011.Tracking Object Menggunakan Metode Template Mtaching Berbasis Stereo Vision. Jurusan Telekomunikasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).Surabaya.

Elecia, 2014. Raspberry Pi Model B+ http://www.element14.com/community/community/raspberry-pi/raspberry-pi-bplus/blog/2014/07/14/welcome-to-the-b, diakses tanggal 12 September 2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ