PENGARUH CAMPURAN ETHANOL PADA LAJU KOROSI TANGKI BAHAN BAKAR
Abstract
Ethanol telah menjadi kebijakan energi jangka panjang di beberapa negara, termasuk Indonesia. Kebijakan ini untuk mengurangi konsumsi bahan bakar fosil. Ethanol selain sebagai bahan bakar terbarukan, juga memiliki kandungan carbon yang lebih rendah dari bensin. Umumnya, ethanol digunakan dalam bentuk campuran maupun dedikasi penuh. Namun demikian, salah satu kelemahan ethanol adalah mudah teroksidasi, yang dapat mempercepat terjadinya korosi. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji efek penggunaan campuran ethanol-bensin terhadap laju korosi pada tangki bahan bakar. Metode yang digunakan adalah model eksperimen sungguhan (true experiment research) dengan media sebuah tangki bahan bakar Honda Supra X. Tangki bahan bakar dipotong potong dan diambil secara acak sebanyak 9 buah. Potongan (sampel) tersebut direndam dalam campuran ethanol E-10, E-20, dan E-30 selama 8 minggu. Pada setiap minggu, sampel dibersihkan dan dicatat beratnya. Laju korosi dihitung dengan membandingkan jumlah pengurangan berat terhadap waktu dalam satuan milli-inch per year (mpy). Hasil pengujian dan analisis menunjukkan bahwa laju korosi tangki bahan bakar pada penggunaan campuran Ethanol 20% (E-20) dan campuran Ethanol 30% (E-30) sebesar 0,085 mpy. Sementara pada campuran Ethanol 10% (E-10) pengurangan berat sampel tidak terdeteksi. Kesimpulannya, penggunaan campuran ethanol akan mempercepat korosi tangki bahan bakar. Sebagai antisipasi, sebelum menggunakan campuran ethanol-bensin diperlukan penilaian terhadap material tangki bahan bakar. Lebih lanjut, disarankan untuk menggunakan tangki bahan bakar yang tahan korosi.
Full Text:
PDFReferences
Budi Waluyo, S. (2012). Optimasi Setingan Mesin Pada Penggunaan Gasohol E-15 Dengan Metode Gatuchi Untuk Mendapatkan Emisi CO dan HC Yang Rendah. Seminar Nasional Teknik Mesin 7 21 juni 2012 (hal. 241-266). surabaya: Jurusan Teknik Mesin Univ Petra.
Pikūnas, A. (2003). Influence Of Composition Of Gasoline – Ethanol Blends On Parameters Of Internal Combustion Engines. Journal of KONES Internal Combustion Engines , Vol. 10 (3-4).
Setiyawan, A. (2012). Kajian Eksperimental Pengaruh Etanol Pada Premium Terhadap Karakteristik Pembakaran Kondisi Atmosferik dan Bertekanan Dimotor Otto Silinder Tunggal Sistem Injeksi. Jakarta: lontar UI.
Suarna, E. (2007). Prospek dan TAntangan Pemanfaatan Biofuel Sebagai Sumbe rEnergi Alternatif Pengganti Minyak di Indonesia. Prospek Pengembangan Bio-fuel sebagai Substitusi Bahan Bakar Minyak.
Wahid, L. O. (2007). Pemanfaatan Bio-Ethanol Sebagai Bahan Bakar Kendaraan Berbahan Bakar Premium. Prospek Pengembangan Bio-fuel sebagai Substitusi Bahan Bakar Minyak , 63-73.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
==============================================================================================================
Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023
ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416
==============================================================================================================