KARAKTERISASI BIOBRIKET CAMPURAN BOTTOM ASH DAN BIOMASSA MELALUI PROSES KARBONISASI SEBAGAI BAHAN BAKAR PADAT

Sugeng Slamet, Budi Gunawan

Abstract


Indonesia sebagai negara tropis kaya akan sumber energi hayati berupa biomassa yang dapat diolah lebih lanjut menjadi berbagai macam bahan bakar baik padat, gas maupun cair. Salah satunya adalah produk energi biomassa berupa biobriket. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa potensi limbah biomassa dengan bottom ash dengan beberapa komposisi sehingga bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif bagi masyarakat. Metode penelitian yang dilakukan adalah mengolah campuran bottom ash di PLTU Tanjung Jati Kabupaten Jepara yang dikombinasi dengan beberapa biomassa melalui proses karbonisasi. Biomassa yang digunakan meliputi tempurung kelapa, cangkang buah kopi dan cangkang kapuk. Biomassa dan bottom ash yang telah dibuat serbuk, selanjutnya dilakukan proses kompaksi dengan tekanan kompaksi 4 : 2. Komposisi biomassa dan bottom ash terdiri 50 : 50 ; 60 : 40 ; 70 : 30 dalam prosen berat. Pengujian yang dilakukan dari biobriket campuran bottom ash dan biomassa ini adalah komposisi senyawa, kadar air serta kadar abunya. Hasil pengujian menggunakan SEM-EDS menunjukkan pengurangan prosen berat bottom ash menaikkan kadar carbon dan menurunkan senyawa SOx pada semua komposisi biobriket. Kadar carbon campuran bottom ash dengan biomassa arang tempurung kelapa naik rata-rata 10,95%, arang cangkang kopi 7.25% dan arang cbottom ash dengan biomassa tempurung kelapa naik rata-rata 2.68%, cangkang kulit kopi 3.93% dan cangkang kulit kapuk 2.75%. Sedangkan kadar abu biomassa tempurung kelapa naik rata-rata 11.41%, cangkang kuangkang kapuk 15.0%. Sedangkan senyawa sulfur oksida (SOx) pada biobriket menunjukkan prosentase berbeda, komposisi terendah pada campuran biobriket 60 : 40 biomassa tempurung kelapa. Kadar air campuran lit kopi 11.09% dan cangkang kulit kapuk 9.13%.


Full Text:

PDF

References


As’ari, 2011, Pengaruh slow heating pada saat karbonisasi terhadap kualitas karbon tempurung kelapa, Program studi Fisika FMIPA Universitas Sam Ratulangi, Menado.

American Electric Power, 2004.

Hartanto, Widiastuti, Ulfin, 2010, Pemanfaatan Limbah Abu Dasar ( Bottom ash) sebagai bahan penyerap multifungsi untuk Ammonia dan Organik Pada Air tambak udang serta penyerapan logam berat dari limbah industri pelapisan logam, Research Report, Research Institutions and Community Service, ITS 541.335 Djo p.2009.

Hardjono, A, 2001, Teknologi minyak bumi, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Komarayati, 2013, Arang dan cuka kayu : Produk hasil hutan buka kayu untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman dan serapan hara karbon, Pusat litbang keteknikan hutan, Bogor.

Misbachul Munir, 2008, Pemanfaatan abu batubara (fly ash) untuk hollow block yang bermutu dan aman bagi lingkungan. Program Magister Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Diponegoro, Semarang.

Muin A Syamsir, 1988, Konversi Energi I, Jakarta, Rajawali Press

Nur Asni dan Linda Yanti, 2013, Teknologi Pengolahan Arang Tempurung Kelapa, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi.

Napitupulu, FH, 2006, Pengaruh nilai kalor (heating value) suatu bahan bakar terhadap perencanaan volume ruang bakar ketel uap berdasarkan metode penentuan nilai kalor bahan bakar yang dipergunakan, FT-USU, Sumatera.

Nailul Fauziah, 2009, Pembuatan arang aktif secara langsung dari kulit Acacia mangium wild dengan aktifasi fisika dan aplikasinya sebagai adsorben, IPB, Bogor.

Suwarto, 2014, Pemanfaatan bottom ash limbah bahan bakar batu bara pada industri tekstil untuk beton massal, Jurusan teknik sipil, Politeknik Negeri Semarang.

Titin, 2013, Proses pembuatan briket dari campuran serbuk gergaji kayu jati, daun bambu dan bonggol jagung, ________


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ