ANALISIS DESAIN OPTIMUM MODEL PIEZOELEKTRIK PVDF UNTUK SUMBER PEMBANGKIT LISTRIK AIR HUJAN BERSKALA MINI

Deni Almanda, Erwin Dermawan, Anwar Ilmar Ramadhan, Ery Diniardi, Achmad Nuril Fajar

Abstract


Indonesia memiliki dua kondisi musim, salah satunya yaitu musim hujan. Curah hujan di beberapa wilayah memiliki curah hujan yang tinggi, dari kondisi inilah dapat dimanfaatkan sebagai penghasil energi alternatif, dari rintik air hujan menjadi energi listrik. Bahan piezoelektrik yang mampu mengubah energi mekanik menjadi energi listrik menjadi sumber utama bahasan di dalam penelitian ini. Pada penelitian ini dilakukan desain piezoelektrik untuk mengetahui ukuran piezoelektrik yang optimum menggunakan simulasi CAD, dengan menggunakan variasi piezoelektrik yang berbeda yaitu ukuran 1x1, 3x3, 5x5 cm, dan tebal piezoelektrik 0.5 cm, menggunakan bahan piezoelektrik Polyvinilidane Diflouride (PVDF). Dari penelitian ini didapat desain piezoelektrik yang optimum adalah dari ukuran 1x1 cm dan tebal piezoelektrik 0.5 cm, dengan tekanan 10 N/m²  menghasilkan nilai stress material paling tinggi yaitu 3.92 N/m².


Full Text:

PDF

References


Chayri Iby, Arsal, dkk. 2012. Studi Awal Proses Pemolingan Dan Karakterisasi Sifat Listrik Terhadap Bahan Piezoelektrik Ramah Lingkungan BNT-BT-BKT. FMIPA Universitas Andalas, Padang.

Christianto, Paulus, dkk. 2011. Piezo Vibration Sensor. Universitas Kristen Maranatha. Bandung.

Krisdianto, Andy Noven. 2011. Studi Karakteristik Energi Yang Dihasilkan Mekanisme Vibration Energy Harvesting Dengan Metode Piezoelectric Untuk Pembebanan Frontal Dan Lateral, Jurusan Teknik Mesin. Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Rahayu, Sonya, dkk. 2013. Sintesis Bahan Piezoelektrik BNT-BT Dengan Penambahan Ta2O5 Menggunakan Metode Solid State Reaction. FMIPA Universitas Andalas. Padang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ