Peningkatan Kualitas Sinyal Pada Jaringan 4G LTE Dengan Menggunakan Metode Antenna Physical Tuning

Hajiar Yuliana, Sofyan Basuki, Handoko Rusiana Iskandar

Abstract


Long Term Evolution (LTE) merupakan teknologi generasi ke empat (4G) yang dikembangkan oleh 3rd Generation Partnership Project (3GPP). Coverage yg dihasilkan pada teknologi 4G akan mempengaruhi kualitas di area yang akan di-cover. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan dan mengoptimasi kondisi jaringan 4G khususnya untuk operator Xl Axiata di area kampus Unjani dengan menggunakan metode antenna physical tuning. Parameter yang dianalisis pada penelitian ini adalah RSRP. Proses optimasi ini dilakukan berdasarkan hasil kondisi aktual di lapangan yang sampelnya diambil dengan menggunakan metode drive test menggunakan Huawei GENEX Probe. Berdasarkan hasil yang didapatkan dari proses drive test, didapatkan bahwa kondisi coverage di area kampus Unjani memiliki level RSRP di atas -95 dBm. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa area kampus memiliki kualitas sinyal yang buruk. Untuk memperbaiki kondisi tersebut maka dilakukan proses optimasi dengan menggunakan metode physical tuning. Physical tuning dilakukan berdasarkan rekomendais proposal perubahan yang didapatkan dari hasil simulasi menggunakan software Atoll. Setelah dilakukan implementasi optimasi physical tuning dari site yang telah ditentukan, didapatkan peningkatan kondisi jaringan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan kondisi sebelumnya, dimana RSRP yang kurang dari -100dBm meningkat dari 56.69% menjadi 81.46% dan SINR yang bernilai lebih dari 0 dB juga mengalami peningkatan dari 68.17% menjadi 80.71%

Full Text:

PDF

References


Alfin Hikmaturokhman, W. P. M. A. S. M., 2013. Analisis Kualitas Jaringan 2G

Pada Frekuensi 900MHz dan 1800MHz di Area Purwokerto. Sekolah Tinggi Teknologi Telematika Telkom Purwokerto.

Al-Kautsar, F., 2009. Optimasi Pelayanan Jaringan Berdasarkan Drive test. Depok: Universitas Indonesia.

Eka Yovita Dwi Utami, P. A. H., 2015. Analisis Peningkatan Kualitas dan Kapasitas Jaringan Seluler PT. XL Axiata pada Area Jawa Tengah bagian Utara melalui Proyek Swap dan Modernisasi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Kurniawan Sudrajat, R. H. N., 2015. PENGECEKAN NEW SITE TELKOMSEL PADA SITE PRMBUKITASRIMG MELALUI METODE DRIVE TEST MENGGUNAKAN TEMS INVESTIGATION 8.4 DAN MAP INFO 8.5, Bandung: Politeknik Telkom.

Maria Ulfah, A. S. I., October 2018. OPTIMASI JARINGAN 4G LTE (LONG TERM EVOLUTION) PADA KOTA BALIKPAPAN. Jurnal ECOTIPE, Volume 5, pp. 1-10.

Sukkun, B., 2015. ANALISIS OPTIMALISASI LAYANAN BASE TRANSCEIVER STATION (BTS) DENGAN METODE DRIVE TEST (STUDI KASUS PT. TELKOMSEL BATAM), Batam: Universitas Putera Batam.

Yanuari, R. S. P. G. N., December 2015. ANALISA KUALITAS SINYAL JARINGAN GSM PADA MENARA ROOFTOP DENGAN MEMBANDINGKAN APLIKASI METODE DRIVE TEST ANTARA TEMS INVESTIGATION 8.0.3 DENGAN G-NETTRACK PRO. EJournal SPEKTRUM, Volume 2, pp. 39-45.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ