Automasi Hidroponik Indoor Sistem Wick dengan Pengaturan Penyinaran Menggunakan Growing Lights dan Pemberitahuan Nutrisi Berbasis SMS Gateway

Priadhana Edi Kresnha, Sugiartowo Sugiartowo, Nunik Latifhah Agustina Wicahyani

Abstract


Hidroponik adalah salah satu usaha mengembangbiakkan tanaman tanpa media tanah. Sementara hidroponik indoor adalah penanaman hidroponik yang berada di dalam ruangan yang minim sinar matahari. Hal yang perlu diperhatikan dalam hidroponik indoor adalah pengaturan penyinaran tanaman dan nutrisi. Oleh karena itu untuk menjaga agar tanaman memperoleh cahaya yang cukup digunakanlah lampu growing lights. Durasi penyinaran harus disesuaikan dengan kebutuhan tanaman terhadap cahaya. Untuk mempermudah pengembangbiakan hidroponik diterapkan automasi dalam menyala-matikan lampu growing light melalui sistem berbasis mikrokontroller. Untuk komunikasi pengguna dengan sistem, digunakanlah SMS gateway. Melalui SMS gateway pengguna dapat mengetahui kondisi nutrisi (dalam hal ini ketinggian air) dan status penyinaran (kondisi on/off), serta dapat memberi perintah untuk menyalakan/mematikan growing light secara manual. Metode yang digunakan dalam mengembangkan system ini adalah rapid prototyping. Dengan mengimplementasikan sistem hidroponik indoor, dalam ruangan tertutup tanpa sinar matahari tanaman pakchoy dapat tumbuh setinggi 2 cm dan memiliki 2-3 helai daun dalam sepekan, sementara tanpa sistem tanaman pakchoy mengalami etiolasi tumbuh 5 cm pada 3 hari pertama, selanjutnya layu dan mati. Penelitian ini menghasilkan alat automasi hidroponik indoor dengan campur tangan manusia yang minimum, dimana alat ini adalah yang pertama dikembangkan di Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Effendi, Tri Yogi. 2017. Pengontrolan Cahaya Biru Dan Merah Pada Proses Penyemaian Cabe Merah Keriting Dalam Lemari Produksi. Padang: Skripsi tidak dipublikasikan.

Haryadi, Rudi, Denis Saputra, Fitri Wijayanti, Desma Aulia Yusofa, Nadia Nurliana Ferlis, Ubed Alizkan, and Widia Tri Priane. 2017. "Pengaruh Cahaya Lampu 15 Watt Terhadap Pertumbuhan Tanaman Pandan (Pandanus Amaryllifolius)." GRAVITY 3 (2): 100-109.

Lianti, Apri. 2016. Rancang Bangun Sistem Saklar Universal Berbasis Raspberry Pi Dengan Teknologi Websocket. Palembang: Tugas Akhir tidak dipublikasikan.

Prabowo, Ignatius Prima Haryo, Saptadi Nugroho, and Darmawan Utomo. 2014. "Penggunaan Raspberry PI Sebagai Web Server pada Rumah untuk Sistem Pengendali Lampu Jarak Jauh dan Pemantauan Suhu." Jurnal Ilmiah Elektroteknika 13 (1): 111–124.

Priyono, Nur Yogi. 2017. Sistem Peringatan Dini Banjir Berbasis Protocol Mqtt Menggunakan NodeMCU ESP8266. Yogyakarta: Tugas Akhir tidak dipublikasikan.

Saleh, Muhamad, and Munnik Haryanti. 2017. "Rancang Bangun Sistem Keamanan Rumah Menggunakan Relay." Jurnal Teknologi Elektro, Universitas Mercu Buana 8 (3): 181-186.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ