A nalisis Keamanan Vulnerability p ada Server Absensi Kehadiran L aboratorium d i Program Studi Teknik Informatika

Intan Kamilah, Ritzkal Ritzkal, Ade Hendri Hendrawan

Abstract


Vulnerability adalah suatu point kelemahan dimana suatu sistem rentan terhadap serangan. Hampir sebagian serangan yang ada saat ini merupakan hasil dari eksploitasi terhadap port-port yang terbuka. Eksploitasi kerentanan merupakan metode umum lain penyusupan. Dalam analisis keamanan jaringan peneliti menggunakan Nmap dan Nessus. Pada penelitian ini terdapat beberapa tujuan penelitian yang terdiri dari (i) Mendapatkan hasil monitoring pada port server absensi kehadiran laboratorium (ii) Mendapatkan hasil analisis keamanan vulnerability pada server absensi kehadiran laboratorium (iii) Mendapatkan rekomendasi dari sistem keamanan vulnerability pada server absensi kehadiran laboratorium. Metode penelitian dalam penelitian ini meliputi prepare, plan, design, implement, operate, optimize merupakan metode analisis yang dikembangkan oleh Cisco. Hasil dari penelitian ini adalah (i) Hasil monitoring keamanan yang dilakukan, didapatkan beberapa port yang terbuka pada server absensi kehadiran laboratorium diantaranya port 53 untuk domain name service, port 80 untuk web server, port 21 file transfer dan port 1723 untuk point-to-point tunelling,(ii) Hasil monitoring keamanan yang dilakukan, didapatkan 4 kategori vulnerability dari IP target absensi kehadiran laboratorium berupa 7 vulnerability untuk kategori info, 12 untuk kategori meduim, 7 untuk kategori high dan 2 untuk kategori critical dan (iii) Hasil rekomendasi yang disarankan untuk mengatasi vulnerability pada absensi kehadiran laboratorium jika diterapkan akan meningkatkan kinerja dan performa sistem keamanan pada absensi kehadiran laboratorium.

Full Text:

PDF

References


Antonio H, Safriadi N. 2015. Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Informatika. Jurnal ELKHA.

Babys, Jemi Yohanis. 2018. Analisis Vulnarable Port Pada Client Pengguna Publik Wifi. Jurnal SIMETRIS. Kupang.

Daniel, Ilham. 2015. Evaluasi Celah Keamanan Web Server Pada LPSE Kota Palembang. Muhammad. Palembang.

Dwiyan, Wahyu. 2018. Perbandingan Kecepatan Server Tunggal Dengan Load Balancing Serta Mirroring Server Dalam Mengakses Layanan E-Mading. Skripsi tidak di terbitkan. Bogor : Universitas Ibn Khaldun Bogor.

Juardi, Didi. 2017. Kajian Vulnerability Keamanan Jaringan Internet Menggunakan Nessus. Jurnal Informatika. Karawang.

Jusuf, Heni. 2015. Penggunaan Secure Shell (SSH) Sebagai Sistem Komunikasi Aman Pada Web Ujian Online. Bina Insani ICT Journal. Jakarta.

Kunang, Yesi Novaria. 2015. Pengujian Celah Keamanan Pada CMS (Content Management System). Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer. Palembang.

Nazwita Ramdhani, Siti. 2017. Analisis Sistem Keamanan Web Server Dan Database Server Menggunakan Suricata. Jurnal Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri. Padang.

Maharani, Mia Zattu. 2017. Analisis keamanan Website Menggunakan Metode Scanning Dan Perhitungan Security Metriks. e-Proceeding of Applied Science : Vol.3, No.3 Desember 2017. Bandung.

Prabowo, Yunan Arie. 2014. Penggunaan Nmap dan HPING3 Dalam Menganalisa Keamanan Jaringan Pada B2P2TO2T. Skripsi tidak di terbitkan. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Purwantoro. 2017. Implementasi Metode Online Scanner Untuk Mencari Kerentanan Keamanan (Vulnerability) Server. Jurnal Rekayasa Informasi. Karawang.

Ritzkal R, Goeritno A, Hendrawan AHH. 2016. Implementasi ISO/IEC 27001:2013 Untuk Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) Pada Fakultas Teknik Uika-Bogor. Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2016.

Ritzkal S.Kom., M.Kom. 2018. Manajemen Jaringan. Bogor : UIKA Press.

Ritzkal S.Kom., M.Kom. 2019. Keamanan Jaringan Cyber. Bogor : UIKA Press.

Setiawan, Thomas. 2015 Analisis Keamanan Jaringan Internet Menggunakan Hping, Nmap, Nessus, dan Ethereal. Skripsi tidak di terbitkan. Bandung : Institut Teknologi Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ