DESAIN FREKUENSI KONTROL PADA HYBRID WIND-DIESEL DENGAN PID - PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (PSO)

Erwin Dermawan, Aditya Firmanto, Sitti Nurbaya Ambo, Ery Diniardi, Anwar Ilmar Ramadhan

Abstract


Kontroler PID merupakan alat pengontrol yang paling efektif dalam penerapan

teknologi. Namun, dalam penerapan tersebut sering menjadikan kendala, karena dilakukan

secara manual dan memerlukan waktu yang lama. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk

membahas kinerja optimasi sistem hybrid pada sistem energi pembangkit listrik diesel dengan

tenaga angin dan membandingkan respon sistem   antara metode PID – PSO dengan metode

PID – Firefly, khususnya pada overshoot. Metode penelitian yang digunakan dengan optimal

tuning  berbasis algoritma Particle Swarm Optimization  (PSO) menggunakan Matlab Code,

untuk sistem waktu  tunda  tertentu. Desain kontrol PID untuk sistem dengan waktu  tunda

tidaklah mudah. PID berbasis PSO mempunyai kelebihan dalam implementasinya stabil.

Hasil penelitian yang diperoleh yaitu sistem ᮮontrol PID berbasis PSO ini memiliki kinerja

respon sistem yang baik dibandingkan metode PID – Firefly.

 

Kata kunci : PID, PSO, Matlab, PID-Firefly


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ