PERUBAHAN PENGETAHUAN SIKAP WANITA USIA SUBUR SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN PENYULUHAN TENTANG DETEKSI KANKER SERVIKS DENGAN PEMERIKSAAN METODE IVA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PEMBANGUNAN KECAMATAN TAROGONG KIDUL KOTA GARUT TAHUN 2016

Nurjannah Achmad

Abstract


Kanker serviks merupakan masalah kesehatan perempuan di Indonesia, sehubungan dengan angka kejadian dan angka kematian yang tinggi. Saat ini di dunia diperkirakan lebih dari 1 juta perempuan menderita kanker serviks, dan terdapat 500.000 kasus baru pertahun, dengan angka kematian 260.000. Di indonesia terdapat 100 kasus kanker serviks per 100.000 penduduk, dengan angka kematian 20 perhari (Nuranna, Laila et all, 2001). Keikutsertaan dalam suatu kegiatan merupakan respon/reaksi seseorang terhadap stimulus atau rangsangan yang dalam pelaksanaannya tergantung pada orang yang bersangkutan. Rendahnya keikutsertaan wanita dalam pemeriksaan skrining kanker serviks karena kurangnya kesadaran wanita akan kesehatan reproduksi dan sebagian wanita masih belum menganggap skrining dengan pemeriksaan Inspeksi Visual dengan Asam asetat (IVA) ini sebagai kebutuhan penting untuk kesehatan. Deteksi dini kanker serviks metode IVA merupakan alternatif pemeriksaan yang berbiaya rendah yang dianjurkan untuk fasilitas dengan sumber daya terbatas.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perubahan pengetahuan dan sikap wanita usia subur sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan tentang deteksi dini kanker serviks dengan pemeriksaan metode IVA diwilayah kerja puskesmas pembangunan kecamatan tarogong kidul kota Garut tahun 2015. Jenis penelitian menggunakan metode survei dengan pendekatan metode cross sectional. Populasi adalah seluruh wanita usia subur yang terdaftar dan tinggal di wilayah kerja Puskesmas Pembangunan Kota Garut tahun 2015 dan sampel berjumlah 96 orang. Dianalisa secara deskriftif.
Diharapkan pada pihak Puskesmas untuk meningkatkan pengetahuan kepada masyarakat dalam program deteksi dini dan penanggulangan kanker serviks dengan cara meningkatkan dan mengaktifkan kegiatan promosi dan penyuluhan yang tepat tentang pentingnya pemeriksaan IVA, serta dilakukan pengawasan untuk program puskesmas yang berkesinambungan supaya petugas kesehatan sebagai fasilitator dan motivator dapat meningkatkan mutu dan fungsinya secara optimal.


Kata Kunci : Kanker Serviks, IVA, Skrining


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ