SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN TEMPAT WISATA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE ELimination Et Choix Traduisant La RealitA (ELECTRE)

Linda Marlinda

Abstract


Sektor pariwisata saat ini berpotensial untuk dikembangkan sebagai salah satu sumber pendapatan  daerah dengan mendayagunakan sumber daya yang dapat memberikan sumbangan bagi pembangunan ekonomi yang bersifat multidimensi. Yogyakarta berbatasan langsung dengan provinsi
Jawa Tengah bagian selatan, Yogyakarta mempunyai banyak tempat wisata menarik yang merupakan salah satu kota  tujuan wisata di Indonesia yang banyak dikunjungi wisatawan local dan asing. Daya Tarik Wisata  yogyakarta memiliki beberapa obyek dan Daya Tarik Wisata yang terdiri atas obyek wisata alam, candi, peninggalan purbakala, pusat kesenian, pusat kerajinan. Penelitian ini difokuskan pada penerapan Multi Attribute Decision Making (MADM) pada Sistem pendukung Keputusan (SPK)
Pemilihan Tempat Berwisata Yogyakarta mengunakan metode ELimination Et Choix Traduisant la Realité (ELECTRE). Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi web yang memberikan informasi
rekomendasi kepada user atau pengguna dalam hal ini merupakan calon wisatawan. Rekomendasi yang diberikan sistem didasarkan pada masukkan yang diberikan user kemudian diproses dengan metode ELECTRE sehingga menghasilkan rekomendasi daftar tempat berwisata.
 
Kata kunci: SPK, Wisata Yogyakarta, Electre, Berbasis Web

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ