PENERAPAN KONSEP BUSINESS INTELLEGENCE UNTUK MERANCANG STRATEGI MARKETING PADA SEKOLAH ISLAM TERPADU NURUL FIKRI

Authors

  • Abdul Rahman Kadafi STMIK Nusa Mandiri Jakarta
  • Richard Eko Indrajid ABFI Institut Perbanas, Jakarta
  • Muh Fauzi STMIK Bumigora, Mataram

Abstract

Perkembangan jumlah Sekolah Islam di Indonesia mulai meningkat cukup signifikan. Dalam rangka meningkatkan menjaga konsistensi dan meningkatkan daya saing sekolah islam, diperlukan strategi marketing yang sistematis dalam menjaring pendaftar baru menggunakan data yang dimiliki dengan konsep business inetelegence. Tujuan penelitian ini adalah merancang strategi marketing  menggunakan konsep marketing mix, fokus pada 3P dari 7P yaitu Price, Place dan Promotion. Dengan menggunakan model data mining CRISP-DM (Cross Standard Industry for Data Mining), metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah Classification Method. Dari hasil pengolahan data yang dilakukan, didapatkan bahwa faktor yang mempengaruhi pendaftar pada SIT NF adalah penghasilan, jumlah anak, dan jarak rumah. Berdasarkan model yang dihasilkan dari pengolahan data, dirancang strategi marketing tentang Price, Place dan Promotion. Kata kunci: Business Intelegence, strategi marketing, classification method, sekolah islam terpadu

Author Biographies

Abdul Rahman Kadafi, STMIK Nusa Mandiri Jakarta

STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Richard Eko Indrajid, ABFI Institut Perbanas, Jakarta

ABFI Institut Perbanas, Jakarta

Muh Fauzi, STMIK Bumigora, Mataram

STMIK Bumigora, Mataram

References

Amborowati, A., Suyanto, M., Catur, C., & Catur, C. (2015). STUDI DUKUNGAN MARKETING INTELLIGENCE PADA, 2015 (November), 49–53.

Ahmad Munadi, Fandi, 2004. Analisa Strategi Penjualan untuk meningkatkan penjualan kendaraan motor pada CV Turangga Mas Motor. Ekonomi manajemen, Jakarta. Universitas Gunadharma.

Imelda. (2008). Business Intelligence. Majalah Ilmiah UNIKOM, 11(1), 111–122.

Amborowati, A., Winarko, E., & Mada, U. G. (2014). Review Pemanfaatan Teknik Data Mining Dalam Segmentasi Konsumen, 8(Kommit), 66–73.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran, 1–63.

Sacu, C., & Spruit, M. (2010). BIDM - The business intelligence development model. ICEIS 2010 - Proceedings of the 12th International Conference on Enterprise Information Systems, 1 DISI, 288–293. Retrieved from http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-78649891117&partnerID=tZOtx3y1

Han, J., and Kamber, M., 2006, Data Mining Concept and Technique, Morgan Kaufman Publisher, San Francisco Ramakrishnan, Ragu; Johannes Gehrke, 2004, Sistem Manajemen Database, Edisi 3, Yogyakarta, Andi.

Selvia Lorena Br Ginting, 2014, Analisis Dan Penerapan Algoritma C4.5 Dalam Data Mining Untuk Memprediksi Masa Studi Mahasiswa Berdasarkan

Data Nilai Akademik, Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST), ISSN: 1979-911

Umar, Husain. 2003. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

www.jsit-indonesia.com

www.nurulfikri.sch.id

Whalley, Andrew. 2010. Strategic Marketing. Ventus Publishing Aps

Downloads

Published

2017-12-05

Issue

Section

Articles