PENGARUH VOLUME SERAT REKEL TERHADAP KEKUATAN TARIK DAN IMPACT KOMPOSIT SEBAGAI BAHAN PEMBUATAN DASHBOARD MOBIL

Authors

  • Herwandi Herwandi
  • Sugianto Sugianto
  • Somawardi Somawardi
  • Muhammad Subhan

Abstract

Penggunaan serat alam sebagai bahan komposit untuk pembuatan komponen kendaraan dewasa inibanyak  digunakan,  diantaranya  adalah  serat  kelapa,  jute,  rami,  sisal,  dan  kenaf.Kondisi    inisangatlah  sulit  bila  hanya  bergantung  pada  beberapa  serat,  padahal  masih  banyak  tanaman  lainyang belum tersentuh. Oleh karena itu, perlu alternatif lain misalnya dengan serat rekel (serat resamdan  serat  kelapa).Resam  merupakan  pakis  hutan  yang  hidup  di  perkebunan  karet  dan  tumbuhhampir diseluruh provinsi di Indonesia.Tumbuhan ini menjalar dan memiliki panjang kurang lebih7 meter. Pemanfaatan resam hanya untuk bahan baku kerajinan tangan. Untuk itu perlu dilakukanpenelitian  terhadap  penggabungan  serat  kelapa  dengan  serat  resam  agar  memiliki  pemanfaatanlebih  luas.  Tahapan  penelitian  ini  yaitu:  pembuatan  sampel  uji,  pengujian  mekanik  dan  analisisdata. Bahan-bahan untuk pembuatan sampel uji diantaranya adalah serat resam, serat kelapa, resinjenis  Yukalac  157  BQTN-EX,  MEKPO  sebagai hardener,  dan wax  glasses sebagai  pencegahmenempelnya  resin  ke  cetakan.  Benda  uji  dibuat  dengan  cara  mencampurkan  secara  acak  seratresam dan serat kelapa ke resin. Sebelumnya serat sudah dibuat tiga ukuran yaitu: 3 mm, 10 mm,dan 20 mm. Kemudian serat ditimbang sesuai  prosentase yang diinginkan. Parameter prosentaseserat    25%,  30%,    dan  35%    dan  prosentase  curing  agent 1,5%.  Ukuran  benda  uji  berdasarkanstandar uji tarik (ASTM D 638) dan uji impact (ISO-179). Nilai paling tinggi uji tarik adalah 30,05MPa, modulus elastisitasnya 2425 MPa dan regangannya 1,65%. Sedangkan nilai paling tinggi ujiimpact adalah 67,8 kJ/m2. Hasil ini menunjukkan  uji tarik dan uji impact sudah memenuhi standarplastik yang digunakan  dashboard mobil.

References

Arif dan Yunito Akhmad, 2008, Analisa

pengaruh fraksi volume serat kelapa pada

komposit matrik polyester terhadap

kekuatan tarik, impact dan bending, Tesis

mahasiswa ITS.

Applications of ABS High Impact Acrylonitrile-Butadiene Styrene High

Impact:

http://www.omnexus.com/tc/polymerselect

or/polymerprofiles.aspx?id=184&us=0&ta

b=3

Basuki Widodo, 2008, Analisa sifat

mekanik komposit epoksi dengan penguat

serat pohon aren (ijuk) model lamina

berorientasi sudut acak (random), Jurnal

teknologi technoscientia.

Herwandi dan kawan-kawan, 2013.

Pengaruh Variasi Volume Serat Resam

Terhadap Kekuatan Tarik dan Impact

Komposit pada Matriks Polyester sebagai

Bahan Pembuatan Dashboard Mobil,

Prosiding Seminar Nasional Mesin dan

Industri (SNMI VIII) 2013 di Universitas

Tarumanagara.

Lawrence T. Drzal, 2007, Sustainable BioBased Structural Material: opportunities

and challenges, Michigan State University.

Muh Amin dan Samsudi R, 2010,

Pemanfaatan limbah serat sabut kelapa

sebagai bahan Pembuat helm pengendara

kendaraan roda dua, Prosiding nasional

unimus.

Neng Sri Suharty, 2007, Rekayasa polimer

menggantikan bahan tradisional, Pidato

Pengukuhan guru besar kimia-Universitas

Sebelas Maret.

Plastic-Determination of Charpy impact

properties (ISO 179-1:2000).

Rajesh Ghosh, A. Rama Krishna , G.

Reena , dan Bh.Lakshmipathi Raju, 2011, Effect of fibre volume fraction on the

tensile strength of Banana fibre reinforced

vinyl ester resin composite, International

journal of advanced engineering sciences

and technologies.

Downloads

Published

2014-11-12

Issue

Section

Articles