Persepsi Kepuasan Konsumen Terhadap Penerapan Marketing Mix (Product, Price, Promotion, Place) di Pabrik Kecap Majalengka (Studi Kasus : Pabrik Kecap Ban Bersayap)

Authors

  • Detra Pandji Wiwaha Universitas Majalengka
  • Whydiantoro Whydiantoro Universitas Majalengka

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh dampak dari pesatnya pembangunan di jawa barat yang menjadikan tingkat persaingan menjadi lebih tinggi dan keinginan dari pabrik kecap majalengka untuk melebarkan sayap pemasaran kearah internasional, sehingga penelitian ini berpusat pada variabel 4P dari bauran pemasaran yang sangat cocok untuk pabrik kecap majalengka mengimplementasikan visi dan misinya. Penelitian ini menggunkan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner, observasi dan dokumentasi. Responden terdiri dari konsumen pabrik kecap ban bersayap yang ada disekitar perusahaan yang kebanyakan adalah ibu rumah tangga. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah skor tertinggi dari rekapitulasi jumlah skor jawaban tanggapan responden pada variabel bauran pemasaran yang menunjukan data hasil persepsi konsumen yang menyatakan setuju dengan penerapan bauran pemasaran yang diterapkan di pabrik kecap majalengka khususnya pabrik kecap ban bersayap.

References

Bhuno. Strategi Jitu Memilih Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Andi. 2005

Imam Ghozali. Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS, Semarang : UNDIP. 2006

Irsad, Z 2010, Analisis, Marketing Mix ( Product, price, promotion, dan place) yang mempengaruhi kepuasan pelanggan pengguna operator ESIA ( studi kasus pada masyarakat Ciputat timur ), skripsi. Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.

Kotler, Philip. 2008. Marketing management: The millennium edition. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall,.

Kotler, Philip, and Gary Armstrong.(2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga

Muhammad Yusuf, A. 2015, Mix Marketing ( Bauran Pemasaran ) Sirup Kawista Khas Rembang ( studi kass di usaha Cap Dewa Burung), skripsi. Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Umar, Husin. Metode Riset Bisnis, Jakarta : PT. Gramedia. 2003

Downloads

Published

2019-11-02

Issue

Section

Articles