ANALISIS MATERIAL RINGAN DENGAN MORTAR BUSA PADA KONSTRUKSI TIMBUNAN JALAN

Authors

  • Deni Hidayat Jurusan Teknik Sipil, Magister Pemeliharaan dan Rehabilitasi Infrastruktur, Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Yusep Muslih Purwana Jurusan Teknik Sipil, Magister Pemeliharaan dan Rehabilitasi Infrastruktur, Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Florentina Pungky Pramesti Jurusan Teknik Sipil, Magister Pemeliharaan dan Rehabilitasi Infrastruktur, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Abstract

Penggunaan teknologi lintas atas (overpass) diharapkan dapat mengatasi kemacetan padaperlintasan sebidang tanpa mengganggu pergerakan transportasi yang ada. Konstruksi timbunan seringdihadapi pada beberapa masalah pekerjaan timbunan, diantaranya permasalahan penurunan akibatberat sendiri timbunan badan jalan dan akibat beban lalu lintas kendaraan. Permasalahan tersebutdapat diatasi salah satu opsinya menggunakan timbunan ringan yang dikembangkan sebagai inovasiteknologi karena mempunyai sifat self compacted menjadi material pengganti berkualitas tinggi (highgrade soil). Teknologi ini di luar negeri mulai banyak digunakan terutama di Jepang diterapkan padakonstruksi timbunan dibelakang abutmen jembatan, perkuatan dan pembentukan lereng galian ataulereng proteksi yang tegak karena keterbatasan lahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkanperbandingan deformasi pada tanah dasar akibat beban timbunan menggunakan timbunankonvensionaldengan timbunan ringanyang dianalisis menggunakan program Plaxis. Metode dalampenelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu penelitian dengan mengumpulkan data primer dansekunder dari parameter serta variabel yang diteliti kemudian dianalisis untuk diambilkesimpulan.Data-data yang digunakan mencakup data tanah dasar dan timbunan yang diambil darilokasi penelitian. Hasil penelitian berdasarkan program Plaxis, teknologi penggunaan timbunan ringanmemberikan nilai penurunan lebih kecil jika dibandingkan dengan timbunan konvensional.Penggunaan timbunanringandapat mengurangi beban timbunan karena beratnya ringan, kekuatancukup tinggi untuk subgrade, berat isi dan kuat tekan dapat didesain sesuai keinginan sehingga dapatmengurangi dampak penurunan pada jalan diatasnya.Kata Kunci: penurunan, Plaxis, timbunan ringan, lintas atas

Author Biographies

Deni Hidayat, Jurusan Teknik Sipil, Magister Pemeliharaan dan Rehabilitasi Infrastruktur, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Jurusan Teknik Sipil, Magister Pemeliharaan dan Rehabilitasi Infrastruktur,Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Yusep Muslih Purwana, Jurusan Teknik Sipil, Magister Pemeliharaan dan Rehabilitasi Infrastruktur, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Jurusan Teknik Sipil, Magister Pemeliharaan dan Rehabilitasi Infrastruktur,Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Florentina Pungky Pramesti, Jurusan Teknik Sipil, Magister Pemeliharaan dan Rehabilitasi Infrastruktur, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Jurusan Teknik Sipil, Magister Pemeliharaan dan Rehabilitasi Infrastruktur,Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Downloads

Published

2016-11-08

Issue

Section

Articles