ANALISA KEKERASAN DAN LAJU KEAUSAN BLOK SILINDER MESIN SEPEDA MOTOR BERBAHAN PADUAN Al-Si

Penulis

  • Ery Diniardi
  • Anwar Ilmar Ramadhan
  • Sasi Kirono
  • Agung Julianto

Abstrak

Blok  liner  silinder  merupakan  bagian  dari  blok  silinder  yang  berfungsi sebagaitempat berlangsungnya  proses  kerja engine. Dimana  pada  bagian  ini  terjadi  proses  kerjaproses kerja hisap, kompresi, kerja dan buang. Oleh karena itu agar tidak terjadi kebocorankompresi  yang  disebabkan  oleh  gesekan  antara  ring  piston  dan  dinding  liner  silinder,diperlukan  dinding  liner  silinder  yang  mempunyai  nilai  kekerasan  yang  tinggi  dan  nilaikeausan  yang rendah.  Karena  apabila  terjadi  kebocoran  kompresi  diruang  bakar  hal  inidapat berakibat pada tenaga yang dikeluarkan motor menjadi berkurang dan juga selain itusystem pembakaran diruang bakar juga menjadi tidak sempurna dimana pelumnas atau olimesin juga ikut terbakar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai karakteristik sifatmekanik  dan  struktur  mikro  blok  silinder  liner  bahan  aluminium  dan  silikon.  Pengujianyang dilakukan yaitu pengujian komposisi kimia, pengujian kekerasan (brinell), pengujiankeausan  (ogoshi),  dan  pengujian  struktur  mikro.  Pada  pengujian  komposisi  kimiadihasilkan  kandungan  unsur  terbesar  adalah  Al  76,140%  dan  silikon  13,898%.  Dengankandungan silikon <12% menempatkan blok silinder aluminium dan silikon berada padafasa hipereutektik. Dan dengan pengujian kekerasan (brinell) didapat nilai kekerasan ratarata sebesar 151,5 HB, dengan nilai kekerasan yang cukup tinggi ini bisa dipastikan bahwablok  liner  silinder  mempunyai  keausan  yang  kecil.  Tetapi  dengan  nilai  kekerasan  yangdidapat hal ini tidak dimungkinkan untuk blok silinder bahan aluminium silikon dilakukanproses  reparasi over  size atau  korter  terhadap  dinding  liner  blok  silinder.  Hal  ini  sangatberbeda bila dibandingkan dengan blok silinder liner pada umumnya.

Referensi

Anonim, ASM Handbook, 1993, Forming and

Forging, Asm International, Material

Park, 9th Edition Vol 14.

Anonim, ASM International, 2004, All Rights

Reserved Aluminum-Silicon Casting

Alloys, Atlas Microfractographs,

Anonim, ASTM International, 2009, Casting

design and performance, ASTM

International, material park.

Kasprzak, W, 2010, Energy-Efficient Tempers

for Aluminum Motorcycle Cylinder

Block.

Lenny, John Jr, 2011, Replacing the Cast Iron

Liners for Aluminum Engine Cylinder

Blocks: A Comparative Assessment of

Potential Candidates.

Shankar. S dan Riddle Y.W, 2004, Eutectic

Solidification of Aluminum-Silicon

Alloys.

Surdia, T dan Shinroku Saito, 2012,

Pengetahuan Bahan Teknik, Jakarta, PT

Balai Pustaka.

Xue G, 2009, Tribological Studies of Eutectic

Al-Si Alloys Used for Automotive

Engine Blocks Subjected to Sliding

Wear Damage.

Bondan T. Sofyan, Sari Susanti, dan Ridwan R.

Yusfranto, 2008 Peran 1dan 9 wt. %

dalam proses pengerasan presipitasi

paduan aluminium AA319, Vol 12 No.

Jurnal Teknologi, pp.48-54.

Valtierra G, 2008, Wear-Resistant Aluminum

Alloy for Casting Engine Blocks with

Linerless Cylinders. Patent Application

Publication No. WO 2008/053363 A2.

http://www.anneahira.com/komponen-mesinsepeda-motor.htm. diunduh 20 Maret

, pukul 14.04.

http://antonrvai.blogspot.com/2011/11/cylinderliner.html. diunduh 20 Maret 2014,

pukul 15.55.

http://proud2rideblog.com/2012/06/04/hargadiasil-silinder-lebih-murah-masaksihhh/. diunduh 21 Maret 2014, pukul

23.

http://pubon.blogspot.com/2013/03/pengertiancylinder-dan-cylinder-block.html.

diunduh 20 Maret 2014, pukul 12.37.

http://ridertua.com/2012/06/17/cylinderdurability-diasil-scem-electrofussionspiny-sleeve/. diunduh 21 maret 2014,

pukul 15.08.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2014-11-12

Terbitan

Bagian

Articles