ANALISA KEKERASAN DAN LAJU KEAUSAN BLOK SILINDER MESIN SEPEDA MOTOR BERBAHAN PADUAN Al-Si
Abstrak
Blok liner silinder merupakan bagian dari blok silinder yang berfungsi sebagaitempat berlangsungnya proses kerja engine. Dimana pada bagian ini terjadi proses kerjaproses kerja hisap, kompresi, kerja dan buang. Oleh karena itu agar tidak terjadi kebocorankompresi yang disebabkan oleh gesekan antara ring piston dan dinding liner silinder,diperlukan dinding liner silinder yang mempunyai nilai kekerasan yang tinggi dan nilaikeausan yang rendah. Karena apabila terjadi kebocoran kompresi diruang bakar hal inidapat berakibat pada tenaga yang dikeluarkan motor menjadi berkurang dan juga selain itusystem pembakaran diruang bakar juga menjadi tidak sempurna dimana pelumnas atau olimesin juga ikut terbakar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai karakteristik sifatmekanik dan struktur mikro blok silinder liner bahan aluminium dan silikon. Pengujianyang dilakukan yaitu pengujian komposisi kimia, pengujian kekerasan (brinell), pengujiankeausan (ogoshi), dan pengujian struktur mikro. Pada pengujian komposisi kimiadihasilkan kandungan unsur terbesar adalah Al 76,140% dan silikon 13,898%. Dengankandungan silikon <12% menempatkan blok silinder aluminium dan silikon berada padafasa hipereutektik. Dan dengan pengujian kekerasan (brinell) didapat nilai kekerasan ratarata sebesar 151,5 HB, dengan nilai kekerasan yang cukup tinggi ini bisa dipastikan bahwablok liner silinder mempunyai keausan yang kecil. Tetapi dengan nilai kekerasan yangdidapat hal ini tidak dimungkinkan untuk blok silinder bahan aluminium silikon dilakukanproses reparasi over size atau korter terhadap dinding liner blok silinder. Hal ini sangatberbeda bila dibandingkan dengan blok silinder liner pada umumnya.Referensi
Anonim, ASM Handbook, 1993, Forming and
Forging, Asm International, Material
Park, 9th Edition Vol 14.
Anonim, ASM International, 2004, All Rights
Reserved Aluminum-Silicon Casting
Alloys, Atlas Microfractographs,
Anonim, ASTM International, 2009, Casting
design and performance, ASTM
International, material park.
Kasprzak, W, 2010, Energy-Efficient Tempers
for Aluminum Motorcycle Cylinder
Block.
Lenny, John Jr, 2011, Replacing the Cast Iron
Liners for Aluminum Engine Cylinder
Blocks: A Comparative Assessment of
Potential Candidates.
Shankar. S dan Riddle Y.W, 2004, Eutectic
Solidification of Aluminum-Silicon
Alloys.
Surdia, T dan Shinroku Saito, 2012,
Pengetahuan Bahan Teknik, Jakarta, PT
Balai Pustaka.
Xue G, 2009, Tribological Studies of Eutectic
Al-Si Alloys Used for Automotive
Engine Blocks Subjected to Sliding
Wear Damage.
Bondan T. Sofyan, Sari Susanti, dan Ridwan R.
Yusfranto, 2008 Peran 1dan 9 wt. %
dalam proses pengerasan presipitasi
paduan aluminium AA319, Vol 12 No.
Jurnal Teknologi, pp.48-54.
Valtierra G, 2008, Wear-Resistant Aluminum
Alloy for Casting Engine Blocks with
Linerless Cylinders. Patent Application
Publication No. WO 2008/053363 A2.
http://www.anneahira.com/komponen-mesinsepeda-motor.htm. diunduh 20 Maret
, pukul 14.04.
http://antonrvai.blogspot.com/2011/11/cylinderliner.html. diunduh 20 Maret 2014,
pukul 15.55.
http://proud2rideblog.com/2012/06/04/hargadiasil-silinder-lebih-murah-masaksihhh/. diunduh 21 Maret 2014, pukul
23.
http://pubon.blogspot.com/2013/03/pengertiancylinder-dan-cylinder-block.html.
diunduh 20 Maret 2014, pukul 12.37.
http://ridertua.com/2012/06/17/cylinderdurability-diasil-scem-electrofussionspiny-sleeve/. diunduh 21 maret 2014,
pukul 15.08.