PENGENDALIAN KUALITAS DALAM UPAYA MENURUNKAN CACAT APPEARANCE DENGAN METODE PDCA DI PT. ASTRA DAIHATSU MOTOR

Penulis

  • Meri Prasetyawati

Abstrak

Body Plant 1 Departemen merupakan salah satu divisi di PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) yangmerakit rangka kendaraan Xenia dan Avanza. Body Plant 1 departemen mempunyai beberapa jalurproduksi salah satunya adalah Main Body Line yang merakit Rangka Utama menggunakan weldinggun dan las co, yang terdiri dari rangka bawah (Under Bod), rangka bawah bagian depan (underfront),  rangka  bawah  bagian  belakang  (under  rear),  rangka  samping  (Side  Member)  dan  atap(Roof). Dalam  produksinya Main  Body  Line mempunyai  standar  kualitas  yang  telah  ditetapkan,akan tetapi masih ditemukan cacat yang cukup tinggi sehingga tidak mencapai target kualitas yangtelah ditetapkan, untuk jenis cacat Appearance, Perusahaan memiliki target yang ketat yaitu proseshanya  mempunyai  toleransi  membuat  kesalahan  sebesar  0.02 defect  per  unit.  Namun  di  dalamproses  produksi Main  Body  Line masih  terjadi  cacat Appearance yang  melebihi  batas  yangditetapkan  yaitu  0.039  DPU  (Data  bulan  April-Mei-juni  2013). Dari  latar  belakang  masalahtersebut  perusahaan  memerlukan  pengendalian  kualitas  yang  berguna  untuk  mengurangi  ataumenekan  terjadinya  cacat Appearance sehingga  mencapai  target  kualitas  sesuai  dengan  yangdiharapkan. Dan kegiatan pengendalian kualitas tersebut dilakukan dengan menggunakan metodepengendalian kualitas dengan alat bantu dasar pengendalian kualitas (QC 7 tools) dan siklus PlanDo-Check-Action(PDCA). Problem Appearance proses Main  Body  Line mengalami penurunansetelah cacat dominan yakni Front  Door  Opening  RH  dent dapat ditanggulangi dimana kondisiDPU sebelum perbaikan adalah 0.039 menjadi 0.031 setelah perbaikan.

Referensi

Anupindi, Ravi., Sunil Chopra, Sudhakar

D.Desmukh, Jan A. Van Mielgen. Dan Eitan

Zemel. 2011. Managing Business Process

Flows. Jakarta

Dorothea, Wahyu Ariani. 1999. Manajemen

Kualitas, Edisi Pertama, Penerbit Universitas

Atma jaya Yogyakarta

Gasperz, Vincent. 2001. Metode Analisis

Untuk Peningkatan Kualitas,. PT. Gramedia

Pustaka utama, Jakarta

Gasperz, Vincent. 1998. Statistical Proses

Control Dalam Manajemen Bisnis Total,

Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama

Jakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2014-11-12

Terbitan

Bagian

Articles