ANALISIS PERAMALAN PENJUALAN COMFORTA’S BED JENIS SUPER STAR PADA PT.MASSINDO TERANG PERKASA MAKASSAR
Abstrak
ABSTRAK Memiliki strategi dengan pengambilan keputusan yang tepat merupakan kunci utama sebuah perusahaan untuk mampu bersaing dan meningkatkan produktifitasnya. Oleh karena itu, analisis peramalan penjualan erat kaitannya dalam pengambilan keputusan dan penerapannya yang digunakan perusahaan untuk melakukan perencanaan yang efektif dalam memperkirakan penjualan secara tepat. Untuk memperkirakan kuantitas produk yang tepat, maka digunakan suatu pendekatan dengan metode peramalan yaitu Single Moving Averages (m=3), Exponensial Smoothing (α=0,1 ; α=0,5 ; α=0,9), dan Weighted Moving Averages. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian non-eksperimental. Penelitian dilakukan dengan terlebih dahulu mengumpulkan data pada PT.Massindo Terang Perkasa Makassar, yang terdiri dari data primer dan data sekunder Selanjutnya, pengolahan data dilakukan dengan bantuan software POM For Windows dan penjelasan secara deskriptif. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini ialah membuat keputusan yang tepat mengenai perkiraan jumlah penjualan dengan meminimumkan kesalahan peramalan, sehingga didapatkan metode paling tepat untuk diterapkan PT.Massindo Terang Perkasa Makassar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa metode yang paling tepat untuk diterapkan dalam meramalkan penjualan April 2016 oleh PT.Massindo Terang Perkasa Makassar pada produk Comforta’s Bed jenis Super Star (Uk.120x200cm) adalah metode Weighted Moving Averages, dengan hasil peramalan sebesar 78 unit penjualan, pada produk Super Star (Uk.160x200cm) adalah Exponential Smoothing (α=0,1), dengan hasil peramalan sebesar 51 unit penjualan, dan pada produk Super Star (Uk.180x200cm) adalah Exponensial Smoothing (α=0,5), dengan hasil peramalan sebesar 70 unit penjualan. Kata Kunci: Peramalan Penjualan, Single Moving Averages, Exponensial Smoothing, Weighted Moving Averages.##submission.downloads##
Diterbitkan
2016-11-08
Terbitan
Bagian
Articles