DESIGN JIG UNTUK PENGELASAN KOMPONEN ROOF KENDARAAN RODA EMPAT

Bambang Setiawan, Wisjnu P.Marsis, Hafidz Tarza

Abstract


Tujuan perancangan jig untuk pengelasan atap mobil disini adalah mengetahui kekuatan konstruksi jig tersebut serta mampu menentukan jenis material seefisien mungkin, serta mampu menentukan metode perancangan pada jig tersebut dan Dari hasil perancangan jig welding unutk pengelasan didapat hasil yaitu material yang digunakan pada jig welding panel roof adalah baja SS41 karena mudah didapat dan juga kemudahan penyambungan, menggunakan material baja profil karena harga yang ekonomis dan mudah didapat, standart ketinggian jig untuk pengelasan atap mobil adalah 850 mm, gaya operasional jig tersebut adalaah 130 N, sedangkan gaya pada pemegang (clamp) sebesar 2400 N, sedangkan pada base yaitu Tegangan leleh minimal material base 250Mpa, tegangan yang timbul pada base yaitu 38,19 N/ mm2, faktor koreksinya adalah 1,5 atau 2/3 teganngan lelehnya,  tegangan izinnya adalah 166,67 N/mm2 dan gaya operasionalnya adalah 30 KN dan Gaya pada stand 2,2 KN sedangkan gaya operasional yaitu 0,1 KN, sehingga panel tersebut tidak geser saat di las/spot, kemudian pada perhitungan locator adalah gaya operasional di tambah beban pada locator adalah 300N, sehingga stand tersebut mampu menopang semua gaya yang ada di jig untuk pengelasan atap mobil, dan jig tersebut bisa digunakan dengan baik.

Keywords


jig; fixture; kekuatan; tegangan; atap mobil; gaya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 SINTEK JURNAL: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin

Powered by Puskom-UMJ