Ekonomi syariah, Keuangan Syariah, Bisnis Syariah, Perbankan Syariah, Akad-akad muamalah

Taraadin : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam

Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Taraadin Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta mengundang para Dosen, Peneliti, Pengkaji, Praktisi, dan Pemerhati serta Mahasiswa S1/S2/S3, untuk mengirimkan Paper atau Artikel ilmiahnya seputar:

  1. Keuangan Islam
  2. Perbankan Islam
  3. Bisnis Islam
  4. Ekonomi Islam

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Publication Frequency

Jurnal Taraadin Diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu bulan  September dan Maret.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Etika Publikasi

Dewan Editorial Jurnal Taraadin, mengakui bahwa plagiarisme tidak dapat diterima dan oleh karena itu menetapkan kebijakan berikut yang menyatakan tindakan tertentu (hukuman) ketika plagiarisme diidentifikasi dalam sebuah artikel yang diajukan untuk dipublikasikan di Jurnal Taraadin.

Pernyataan kode etik ilmiah ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi Jurnal Taraadin yaitu pengelola, managing editor, reviewer dan penulis (author). Inti kode etik publikasi ilmiah mencakup tiga nilai etika dalam publikasi, yaitu:

  1. Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi.
  2. Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang.
  3. Kejujuran, yakni bebas dari plagiarisme dalam publikasi.

Tanggung Jawab Penerbit Taraadin: 

  1. Penerbit Jurnal bertanggungjawab untuk menerbitkan naskah setelah melalui proses review, revisi, bebas plagiarism, editing, penelaahan, dan layout sesuai dengan aturan penerbitan Jurnal Ilmiah.
  2. Penerbit Jurnal bertanggungjawab untuk menjamin kebebasan akademik bagi para Editor dan Reviewer dalam menjalankan tugasnya masing-masing.
  3. Penerbit Jurnal bertanggungjawab penuh untuk menjaga privasi dan kebebasan editorial.

Tanggung Jawab Editor Taraadin: 

  1. Editor Jurnal bertanggungjawab dalam memutuskan naskah yang layak dipublikasikan melalui rapat dewan editor, yang mengacu pada kebijakan editorial. Editor jurnal juga akan melakukan penditeksian terhadap setiap naskah yang dikirim dan memastikan setiap naskah bebas plagiarism.
  2. Dalam proses penelaahan dan penerimaan naskah, team editor berasaskan pada asas kesamaan perilaku dalam pengambilan keputusan untuk mempublikasikan naskah dengan tidak membedakan ras, jenis kelamin, agama, etnis, kewarganegaraan atau ideologi politik dari penulis.
  3. Editorial dan tim editor tidak akan memberitahukan kepada penulis tentang siapa yang menelaah kelayakan terbit dan sebaliknya nya (blind review).
  4. Naskah yang tidak lolos proses review, maka naskah tidak akan diterbitkan dan atau tidak digunakan oleh peneliti editor untuk kepentingannya pribadi.

Tanggung jawab Reviewer Taraadin

  1. Reviewer membantu Editor dalam membuat keputusan Editorial terhadap artikel yang masuk
  2. Reviewer bertanggungjawab terhadap rekomendasi artikel  yang ditelaahnya.
  3. Telaah artikel  dilakukan secara blind review dan obyektif dan didukung oleh argumentasi yang jelas.
  4. Reviewer bertanggungjawab terhadap kutipan, referensi artikel yang ditelaahnya.
  5. Reviewer harus selalu menjaga kerahasiaan informasi dan tidak menggunakan informasi dari artikel yang ditelaahnya untuk kepentingan sendiri.

Tanggunjawab Penulis (Authors)

  1. Penulis menyajikan artikel  penelitian atau hasil pemikiran secara jelas, jujur, dan bebas plagiarism.
  2. Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip.
  3. Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas artikel yang telah ditulis.
  4. Penulis harus menulis artikel secara etis, jujur, dan bertanggungjawab, sesuai dengan peraturan penulisan ilmiah yang berlaku.
  5. Penulis tidak keberatan jika artikel mengalami penyuntingan tanpa mengubah substansi.
  6. Penulis diwajibkan membuat surat pernyataan bebas plagiarism.

 

Pernyataan Akses Terbuka

Akses Terbuka

Semua artikel yang diterbitkan Jurnal Taraadin adalah open access, yang berarti bahwa semua artikel tersedia di internet untuk semua pengguna segera setelah publikasi. Penggunaan dan distribusi non-komersial dalam media apa pun diizinkan, asalkan penulis dan jurnal dengan benar disitasi dengan benar.

 Manfaat open access bagi penulis, antara lain:

  • Akses tidak berbayar untuk semua pengguna di seluruh dunia
  • Penulis mempertahankan hak cipta atas karya mereka
  • Peningkatan visibilitas dan jumlah pembaca
  • Publikasi yang lebih cepat
  •  Tidak ada kendala spasial

 

Pengiriman Artikel

Artikel dikirimkan secara online dengan mengakses website: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/taraadin

Setiap penulis harus memiliki username dan password untuk mendaftarkan artikel. Metadata harus diisi secara lengkap. Surat pernyataan bahwa artikel bebas dari plagiarisme harus disertakan pada setiap artikel yang dikirimkan. Bagi penulis yang memiliki kendala dengan pengiriman online dapat menghubungi editor melalui  taraadin@umj.ac.id

Setiap artikel akan ditinjau oleh Dewan Editor dan/atau Reviewer mitra dalam waktu 2 minggu. Korespondensi akan ditujukan kepada penulis pertama kecuali ada keterangan tertentu. Penulis harus segera memperbaiki artikel sesuai petunjuk reviewer. Apabila artikel telah dinyatakan diterima baik pada Revisi Mayor maupun Revisi Minor, maka penulis harus segera memperbaiki artikel tersebut.

Redaksi berhak menolak artikel yang dikirimkan jika tidak relevan, tidak up to date atau terindikasi telah dipublikasikan.

 

Ketentuan Atas Etika

  1. Standar Pelaporan: 
    Laporan penulis atas penelitian original harus menyampaikan laporan yang akurat tentang penelitian yang dilakukan serta diskusi objektif secara signifikan. Data yang mendasari laporan ini harus disajikan kembali di dalam artikel secara akurat. Sebuah makalah harus berisi detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi karya tersebut. Pernyataan dengan tujuan menipu atau secara sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.
  2. Akses dan Retensi Data: 
    Saat dibutuhkan, penulis memberikan data mentah sehubungan dengan artikel untuk tinjauan editorial, dan harus siap untuk menyediakan akses kepada publik atas data tersebut (sesuai dengan Pernyataan ALPSP-STM tentang Data dan Basis Data), juga dihimbau untuk mencadangkan data tersebut.
  3. Keaslian dan Plagiarisme: Penulis harus memastikan bahwa karya mereka asli sepenuhnya, dan jika penulis  menggunakan atau menulis Sebagian karya dan/atau kata-kata orang lain, maka hal ini telah dikutip dengan tepat.
  4. Publikasi Ganda, Berulang, atau Bersamaan: 
    Seorang penulis tidak boleh, secara umum, menerbitkan manuskrip yang menggambarkan penelitian yang pada dasarnya sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi. Mengirimkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan usaha publikasi yang tidak etis dan tidak dapat diterima.
  5. Pernyataan Resmi atas Sumber: 
    Pernyataan resmi yang tepat atas sumber yang merupakan karya orang lain harus selalu dijelaskan dalam artikel. Penulis juga harus selalu mengutip publikasi yang berpengaruh secara signifikan terhadap artikel yang dikirimkan.
  6. Kepenulisan Artikel: 
    Penulis (author) adalah mereka yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap konsep, desain, pelaksanaan, atau interpretasi atas penelitian yang dilakukan. Semua orang yang telah memberikan kontribusi signifikan harus dicantumkan sebagai rekan penulis (co-author). Orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu pada penelitian, mereka juga harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis korespondensi (corresponding author) harus memastikan bahwa semua rekan penulis (co-author) sesuai, telah melihat dan menyetujui versi final artikel untuk publikasi.
  7. Pengungkapan dan Konflik Kepentingan: 
    Semua penulis harus mengungkapkan setiap konflik kepentingan baik dalam hal keuangan maupun substantif lain yang mungkin dapat mempengaruhi hasil atau interpretasi artikel mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk penelitian juga harus diungkapkan.
  8. Kesalahan mendasar dalam publikasi artikel: 
    Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam karyanya yang diterbitkan, adalah kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki makalah.

Peran Editor

  1. Keadilan: 
    Seorang editor tidak memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filosofi politik penulis saat mengevaluasi setiap artikel yang sudah didasarkan pada keahlian intelektual yang dimiliki.
  2. Kerahasiaan: 
    Seluruh editor dan staf editorial tidak diperkenankan mengungkapkan informasi apa pun terkait artikel kepada siapa pun selain penulis yang bersangkutan, reviewer, potential reviewer, penasihat editorial, dan jurnal sebagai penerbit dengan sebagaimana mestinya.
  3. Pengungkapan dan Konflik Kepentingan: 
    Materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam artikel yang dikirimkan ke Jurnal Taraadin tidak boleh digunakan dalam penelitian editor tanpa persetujuan tertulis dari penulis.
  4. Keputusan Publikasi: 
    Dewan editor bertanggung jawab untuk memutuskan artikel mana yang harus diterbitkan. Validasi atas artikel yang bersangkutan, kontribusi bagi dunia akademik dan pembaca harus selalu menjadi dasar atas keputusan tersebut. Keputusan penerbitan juga harus mengacu kebijakan dewan editor dan memperhatikan kebijakan terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Editor dapat berunding dengan editor lain atau reviewer dalam membuat keputusan ini.
  5. Review Artikel: 
    Editor harus memastikan bahwa setiap artikel pada awalnya dievaluasi oleh editor untuk keasliannya. Editor harus mengatur dan menggunakan peer review secara adil dan bijaksana. Editor harus menjelaskan atau menyajikan informasi atas proses peer review kepada penulis. Editor harus menggunakan peer reviewer yang sesuai untuk artikel yang dipertimbangkan untuk dipublikasikan dengan memilih orang-orang dengan keahlian yang memadai dan tidak memiliki konflik kepentingan.

Peran Reviewer

  1. Kontribusi atas Keputusan Editorial:
    Peer review membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial dengan penulis juga dapat membantu penulis dalam meningkatkan kualitas artikel.
  2. Ketersediaan: 
    Jika ada reviewer yang ditunjuk editor namun merasa tidak memenuhi syarat atau tidak memiliki waktu untuk melakukan review dalam batas waktu yang ditentukan, harus memberi tahu editor dan mengundurkan diri dari proses review
  3. Standar Objektivitas: 
    Review harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi terhadap penulis tidak diperkenankan. Reviewer harus mengungkapkan pandangan mereka dengan jelas secara akademik dengan rincian argumen pendukung.
  4. Kerahasiaan: 
    Setiap manuskrip yang diterima untuk review harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Tidak boleh diperlihatkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.
  5. Pengungkapan dan Konflik Kepentingan: 
    Informasi atau masukan yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi pihak mana pun. Reviewer, dalam prosesnya tidak boleh mempertimbangkan manuskrip yang memiliki konflik kepentingan hasil persaingan, kolaborasi, atau hubungan lainnya dengan penulis, perusahaan, atau institusi mana pun yang terkait dengan artikel.
  6. Pernyataan Resmi atas Sumber: 
    Reviewer harus melakukan identifikasi jika ada karya relevan yang sudah diterbitkan namun belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan bahwa pengamatan, derivasi, atau argumen harus disertai dengan kutipan yang relevan. Reviewer juga harus berdiskusi dengan editor atas kesamaan atau tumpang tindih substansial antara manuskrip yang sedang dalam proses review dengan artikel lain yang secara pribadi diketahui oleh reviewer mau pun editor.

 

Kebijakan Cek Plagiarisme

Setiap artikel yang diserahkan ke Jurnal Taraadin akan diproses menggunakan Turnitin (untuk memeriksa kesamaan). Hasil pemeriksaan Turnitin tidak boleh lebih dari 30%. Dalam hal kemiripan artikel lebih dari 30%, artikel tersebut akan ditolak oleh kepala editor Jurnal Taraadin untuk tahap evaluasi pustaka.

 

Biaya Publikasi

Jurnal Taraadin tidak memungut Biaya (Free) setiap proses artikel dan setiap publikasi artikel yang telah direview dan dinyatakan diterima untuk terbit.

  1. Biaya Publikasi Artikel : Rp. 0
  2. Biaya Proses Artikel : Rp. 0



Powered by Puskom-UMJ