PENGARUH PENGETAHUAN, RELIGIUSITAS DAN MOTIVASI INVESTASI TERHADAP MINAT BERINVESTASI PASAR MODAL SYARIAH PADA KOMUNITAS INVESTOR SAHAM PEMULA

Firdariani Nabilah, Hartutik Tutik

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh dari pengetahuan, religiusitas dan motivasi terhadap minat berinvestasi di Pasar Modal Syariah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dari 100 responden Anggota Komunitas Investor Saham Pemula Regional Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah Probability Sampling dengan jenis Simple Random Sampling, kemudian data diproses menggunakan analisa regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengetahuan secara parsial berpengaruh terhadap minat berinvestasi; Religiusitas secara parsial berpengaruh terhadap minat berinvestasi; Motivasi secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat berinvestasi. Nilai Adjusted R Square nya adalah 0,507, artinya pengetahuan, religiusitas dan motivasi dapat menjelaskan sebesar 50,7% terhadap minat berinvestasi. Sementara sisanya 49,3% dapat dijelaskan oleh faktor lainnya yang tidak diuji dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. (2005). Attitude Personality Behaviour. New York.

Bakhri, S. (2018). Minat Mahasiswa Dalam Investasi Di Pasar Modal. Al-Amwal, Volume 10, No. 1, 146- 157.

Darmawan, A., & Japar, J. (n.d.). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Modal Minimal, Pelatihan Pasar Modal Dan Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar Modal (studi pada mahasiswa FEB Universitas Muhammadiyah Purwokerto). Majalah neraca, 1- 13.

Darmawan, A., Kurnia, K., & Rejeki, S. (2019). Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Literasi Keuangan Dan Lingkungan Keluarga Pengaruhnya Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan Vol.08 No.02, 44-56.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 2.0 Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Hartutik. (2019). Understanding and Selecting Sharia or Conventional Financing Among Small Entrepreneurs, in Pasuruan Regency Devout of Islamic Culture (Phenomenology Studies). ICEMA Jilid 2.

Hermanto. (2017). Perilaku Mahasiswa Ekonomi di Universitas Esa Unggul dalam Melakukan Investasi di Pasar Modal. Jurnal Ekonomi Vol.8 No.2.

Karmila, & Ernawati, I. (2018). Pasar Modal. Yogyakarta: KTSP.

Kusmawati. (2011). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal dengan Pemahaman Investasi dan Usia sebagai Variabel Moderat. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi Vo.1 No.2.

Malik, A. D. (2017). Analisa FaktorFaktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Berinvestasi di Pasar Modal Syariah Melalui Bursa Galeri Investasi UISI. Jurnal Vol.3 No.1, 61-84.

Merawati, L. K., & Semara Putra, I. P. (2016). Dampak Pelatihan Pasar Modal terhadap Pengetahuan Investasi dan Minat berinvestasi Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional, 282-290.

Nailul, L. F. (2019). Analisis Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Terhadap Keputusan Investasi Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UIN Maulana Ibrahim Malang. Skripsi.

Ni Nyoman, T. D., Adnantara, K. F., & Asana, G. H. (2017). Modal Investasi Awal Dan Persepsi Risiko Dalam Keputusan Berinvestasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi • Vol. 2, No. 2, 173-190.

Nisa, A., & Zulaika, L. (2017). Pengaruh Pemahaman Investasi, Modal Minimal Investasi dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal. Jurnal PETA Vol.2 No.2, 22-35. Otoritas Jasa Keuangan. (Ojk.go.id)

Pajar, R. C. (2017). Pengaruh Motivasi Investasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Pada Mahasiswa FE UNY. Skripsi.

Pajar, R. C., & Pustikaningsih, A. (2017). Pengaruh Motivasi Investasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Pada Mahasiswa FE UNY. Jurnal. Jawa Tengah: Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Profita I Edisi I, 1-16.

Palagan, G. P., Fisher, B., & Darto. (2018). Analisis Data Statistik Menggunakan SPSS. Tangerang Selatan: UM Jakarta Press. PT Bursa Efek Indonesia. (Idx.co.id)

Pustikaningsih, R. C. (2017). Pengaruh Motivasi Investasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar Modal Pada Mahasiswa FE UNY. Jurnal Profita edisi I, 1 - 16.

Riyadi, A. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Skripsi.

Saputra, D. (2018). Pengaruh manfaat,modal, motivasi, dan edukasi terhadap minat dalam berinvestasi di pasar modal. Future Jurnal Manajemen dan akuntansi Vol.5 (2), 178-190.

Sari, O. N. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Keuntungan, Risiko Dan Modal Minimal Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah. Skripsi.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, & Hendryadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif (Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sutedi, A. (2011). Pasar Modal Syariah (Sarana Investasi Keuangan Berdasarkan Prinsip Syariah). Jakarta: Sinar Grafika.

Tandelin, E. (2010). Portfolio dan investasi: Teori dan Aplikasi, Edisi pertama. Yogyakarta: Kanisius.

Theresia Tyas Listyani, M. R. (2019). Analisis Pengaruh Pengetahuan Investasi, Pelatihan Pasar Modal, Modal Investasi Minimal Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Di Pasar Modal (Studi Pada Pt Phintraco Sekuritas Branch Office Semarang). Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan/Vol. 2, NO 1, 49 - 70.

Wibowo, A., & Purwahandoko. (2018). Pengetahuan Investasi, Kebijakan Modal Minimal Investasi, Pelatihan Pasar Modal Terhadap Minat Investasi (Studi Kasus Pada Mahasiswa FE Unesa Yang Terdaftar di Galeri Investasi FE Unesa). Jurnal Ilmu Manajemen Vol.7 No.1, 192-201.

Wibowo, A., & Puwohandoko. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Kebijakan Modal Minimal Investasi Dan Pelatihan Pasar Modal Terhadap Minat Investasi (Studi kasus mahasiswa FE Unesa yang terdaftar di Galeri Investasi FE Unesa). Jurnal Ilmu Manajemen Volume 7 Nomor 1, 192-201.

Widyastuti, & dkk. (2004). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Simposium Nasional Akuntansi VII Denpasar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter  Creative Commons License 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Powered by Puskom-UMJ