ANALISIS PENGELOLAAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DAN POTENSI WAKAF UANG DI PONDOK PESANTREN DAARUL RAHMAN DEPOK

Salsabila Aldana Briliani, Adi Mansah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengelolaan dana pendidikan dan potensi wakaf di Pondok Pesantren Daarul Rahman III Depok. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam membahas masalah, pengumpulan data di lapangan digunakan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini adalah sumber dana yang dimiliki pondok pesantren dari Wali Santri, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Jawa Barat, dimana santri mengeluarkan uang setiap bulan dan dialokasikan untuk gaji guru, kebutuhan pesantren, pembangunan, akomodasi, pemeliharaan gedung, kesehatan dan lainnya. Potensi wakaf uang di Pondok Pesantren Daarul Rahman III adalah Rp. 175.060.000 per bulan atau setara dengan Rp. 2.100.720.000 per tahun. Langkah-langkah pelaksanaan uang wakaf untuk pendidikan adalah kelembagaan, pendidikan, pengumpulan uang wakaf dan wakaf lainnya, pengelolaan investasi, pengelolaan bagi hasil.

 


Full Text:

PDF

References


Al Qur’anul Karim Terjemahan Tafsir per Kata. 2010. Kementrian Agama RI. Bandung: Sygma Publishing.

Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif . Depok : PT raja Grafindo Persada.

Ahmad Tafsir. 2004. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Al-Kabisi, Muhammad Abid. 2004. Hukum Wakaf; Kajian Kontemporer pertama dan terlengkap tentang fungsi dan pengelolaan Wakaf serta penyelesaiian atas sengketa wakaf. Jakarta: IIMaN Press dan Dompet Dhuafa Republika.

Arif, M. N. (2010). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Wakaf Uang. Asy- Syir'ah Fak.Syariah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Vol.44, No. II, 813-825.

Cit, O. (2014 ). Prosedur Analisis Data. Dalam Afrizal, Metode Penelitian Kualitatif (hal. 170). Depok : PT Raja Grafindo Persada.

Badan Pusat Statistik. 2019. Profil Kemiskinan di Indonesia Maret 2019 No. 56/07/Th.XXII, 15 Juli 2019. Jakarta: Budan Pusat Statistik.

Cit, O. (2014 ). Prosedur Analisis Data. In Afrizal, Metode Penelitian Kualitatif (p. 170). Depok : PT Raja Grafindo Persada.

Departemen Agama. 2006. Peraturan Perundangan Perwakafan. Jakarta: 14.

Fattah, Nanang. 2000. Ekonomi dan pembiayaan pendidikan, Bandung:

Rosdakarya http://siwak.kemenag.go.id/

Jaharuddin. 2018. Potensi Wakaf Uang untuk Pendidikan (Stusi Kasus FEB UMJ). Ikraith-Humaniora, Vol. 2, No. 2.

Kencana, U. 2012. Pengelolaan Wakaf Uang Tunai dalam Perseroan Terbatas. Yogyakarta: PT Leutika Nouvalitera.

Maleong, L.J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Najib,Tuti A. Al-Makasary, Ridwan. 2006. Wakaf, Tuhan, dan Agenda Kemanusiaan, studi tentang wakaf dalam perspektif Keadilan sosial di Indonesia, Center for the study of religion and culture.Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Nurhadi. Rofiq. 2016. Sistem Pendidikan Pesantren Dalam Perspektif Demokratisasi. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi 2

Qahaf. Mundzir. 2005. Manajemen Wakaf Produktif. Jakarta: Khalifa.

Rianto M Nur. 2010. Pemerdayaan Masyarakat Berbasis Wakaf Uang. Yogyakarta: Asy-Syir’ah Fak. Syariah UIN Kalijaga Yogyakarta. Vol. 44, No. II. 2010. Rozalinda. 2015. Manajemen Wakaf Produktif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sholahuddin, M. 2011. Kamus Istilah Ekonomi,Keuangan&Bisnis Syariah. Jakarta: Pt Gramedia Pustaka.

Sugiono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suhrawardi K. Lubis, dkk. 2010. Wakaf dan Pemberdayaan Umat. Jakarta: Sinar Grafika.

Siti Kholifah, W. S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Depok: PT Raja Grafindo.

Sutrisno, Jaharudin. 2019. Pengantar Ekonomi Islam. Jakarta: Salemba Diniyah.

Sya'bani, A. 2016. Wakaf Uang (Cash Waqf, Waqf An-Nuqud); Telah Teologis Hingga Praktis . Vol. IX No. 1 Januari – Juni 2016,168.

Teguh, M. (2005). Metodologi Penelitian Kulitatif. Jakarta: Fajar Interpratama Studio. Tim Departemen Agama RI. 2003. Pola Pengembangan Pondok Pesantren. Jakarta: Direktorat Jendral Kelembagaan Agama

Islam.

Zulfa, U. 2013. Membangun Madrasah Bermutu Melalui Praktik Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis Potensi Umat. Kependidikan, 15-17.

Zamharir. Ahmad. 2005. Peranan Pesantren Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Semarang: Fakultas Tarbiah Institut Agama Islam Negeri Walisongo.




DOI: https://doi.org/10.24853/trd.1.1.68-83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter  Creative Commons License 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Powered by Puskom-UMJ