PENERAPAN NILAI-NILAI Al ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DALAM PROGRAM GERAKAN LITERASI UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dessy Trisnawati Magister Pendidikan Dasar Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Izza Umami Magister Pendidikan Dasar Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Istiqomatu diniyah Magister Pendidikan Dasar Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Rahmah At Tafani Magister Pendidikan Dasar Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Dien Nurmarina Malik Fajar Dosen Magister Pendidikan Dasar Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Misriandi Dosen Magister Pendidikan Dasar Universitas Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

Al Islam Kemuhammadiyahan, karakter, kolaborasi literasi, siswa sekolah dasar

Abstract

Pengabdian Masyarakat ini dilatarbelakangi dengan adanya observasi peneliti terhadap beberapa sekolah dasar yang ada didaerah Tegal Kunir, Mau.. Hasil Observasi dan wawancara peneliti adalah kurangnya minat literasi dilingkungan siswa sekolah dasar serta menurunnya nilai-nilai karakter siswa. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan sinergi orang tua dan guru dalam menerapkan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan melalui literasi untuk membentuk karakter siswa sekolah dasar. Program Pengabdian masyarakat dilakukan dalam bentuk: 1)Pelatihan literasi digital untuk orang tua. 2)Diskusi literasi bersama guru. 3)pelaksanaan kegiatan literasi bersama siswa, 4) Pembuatan Pojok Baca Sekolah untuk siswa dan guru. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang melibatkan partisipasi orang tua, guru, dan masyarakat dalam membangun nilai-nilai AIK dalam gerakan literasi. Program pengabdian masyarakat ini dilakukan mulai bulan November 2024 hingga Januari 2025 selama 3 kali pertemuan. Hasil program ini juga mendorong kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang mendukung pembentukan karakter. Pengabdian masyarakat ini dapat meningkatkan kesadaran orang tua dengan adanya kontribusi orang tua dalam pelaksanaan wakaf buku untuk siswa, kesadaran guru akan literasi sebagai sarana pembentukan karakter dan memicu perubahan positif pada siswa, seperti meningkatnya minat membaca siswa, sikap saling menghargai, dan kepatuhan pada norma agama serta sosial, sekaligus menjadi model adaptif bagi pendidikan lain.

References

Aziz, A., & Rahman, F. (2020). Integrasi Literasi dalam Pendidikan Islam: Perspektif Nilai-Nilai Keislaman.

Damayanti, G. A., Rahmawati, D., Milenda, S. S., & ... (2021). Improving Digital Literacy of Elementary School Students with Matriks. 45–50. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/12538

Dewi Utama Faizah dkk. (2016). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Ediati, A., Rahmandani, A., Kahija, Y. F. La, Sakti, H., & Kaloeti, D. V. S. (2018). Program Peningkatan Literasi Media Digital Terintegrasi Pada Siswa Melalui Psikoedukasi Orangtua dan Guru Di Sd Negeri Tembalang Semarang. Seminar Nasional Kolaborasi Pengabdian Pada Masyarakat, 1, 424–428.

Ernawati, Novita. (2018). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Dan Kreativitas Melalui Ekstrakurikuler Marching Band (Studi Kasus Di Min Bawu Jepara) Tahun 2017. (Strata’s Skripsi). UIN Walisongo. Semarang

Fridayanthi, P. D., Puspawati, G. A. M., & Sukendra, I. K. (2020). Program Kemitraan Masyarakat Pembuatan RPP Berbasis STEM dan Publikasi Jurnal Ilmiah Guru SMAN 3 Denpasar Pada Era Revolusi Industri 4.0. Widya Mahadi, 1(1), 22–34. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyamahadi/article/view/988

Hadianto, D., Damaianti, V. S., Mulyati, Y., & Sastromiharjo, A. (2021). The role of multimodal text to develop literacy and change social behaviour foreign learner. International Journal of Instruction, 14(4), 85–102. https://doi.org/10.29333/iji.2021.1446a

Hamid, R., Sentryo, I., & Hasan, S. (2020). Online learning and its problems in the Covid19 emergency period. Jurnal Prima Edukasia, 8(1), 86–95. https://doi.org/10.21831/jpe.v8i1.32165

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Jakarta: Kemendikbud.

Lickona, Thomas. (2013). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa. Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Penerbit Nusa Media. Nazir, Moh. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah. (2019). Panduan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Yogyakarta: Muhammadiyah.

Mulyani, E., & Rahmat, H. (2019). Pengaruh Program Literasi Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa.

Priyatnii, Endah Tri. Nurhadi. (2017). Membaca Kritis dan Literasi Kritis. Jakarta:

Pusat Pengembangan Literasi Nasional. (2020). Strategi Meningkatkan Literasi Siswa di Era Digital. Jakarta: Puslitnas.

Rosyid, F. (2017). Pendidikan Literasi Berbasis AIK di Sekolah Muhammadiyah.Jakarta.

Royani, Muhammad. (2014). Karakter Jujur Dalam Pembelajaran Statistik. JPM IAIN Antasari. (2), 1-6

Sahlan, asmaun dan Teguh, angga. (2016). Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Said Hamid Hasan, et. al. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Balitbang, Kemdiknas RI. Siregar, Et Al. (2018). Self Regulation, Emotional Intelligence With Character Building In Elementary School. In Annual Civic Education Conference (ACEC 2018). Jakarta.

Saputra, Y., & Saefullah, A. (2018). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar.

Suryani, L., & Amalia, N. (2021). Kurikulum Tematik Literasi Berbasis Nilai Keislaman untuk Siswa SD.

Teguh, M. (2017). Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional 2017 Universitas Muria Kudus. Kudus. Tri Priyatni, Endah dan Nurhadi. (2017). Membaca Kritis dan literasi Kritis. Tangerang: Tira Smart.

Tria Smart. Rianto, Adi. (2010). Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum. Jakarta: Granit.

UNESCO. (2015). Education 2030: Incheon Declaration and Framework for Action. Paris: UNESCO.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2024-10-31