PENERAPAN NILAI-NILAI Al ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DALAM PROGRAM GERAKAN LITERASI UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Al Islam Kemuhammadiyahan, karakter, kolaborasi literasi, siswa sekolah dasarAbstrak
Pengabdian Masyarakat ini dilatarbelakangi dengan adanya observasi peneliti terhadap beberapa sekolah dasar yang ada didaerah Tegal Kunir, Mau.. Hasil Observasi dan wawancara peneliti adalah kurangnya minat literasi dilingkungan siswa sekolah dasar serta menurunnya nilai-nilai karakter siswa. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan sinergi orang tua dan guru dalam menerapkan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan melalui literasi untuk membentuk karakter siswa sekolah dasar. Program Pengabdian masyarakat dilakukan dalam bentuk: 1)Pelatihan literasi digital untuk orang tua. 2)Diskusi literasi bersama guru. 3)pelaksanaan kegiatan literasi bersama siswa, 4) Pembuatan Pojok Baca Sekolah untuk siswa dan guru. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang melibatkan partisipasi orang tua, guru, dan masyarakat dalam membangun nilai-nilai AIK dalam gerakan literasi. Program pengabdian masyarakat ini dilakukan mulai bulan November 2024 hingga Januari 2025 selama 3 kali pertemuan. Hasil program ini juga mendorong kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang mendukung pembentukan karakter. Pengabdian masyarakat ini dapat meningkatkan kesadaran orang tua dengan adanya kontribusi orang tua dalam pelaksanaan wakaf buku untuk siswa, kesadaran guru akan literasi sebagai sarana pembentukan karakter dan memicu perubahan positif pada siswa, seperti meningkatnya minat membaca siswa, sikap saling menghargai, dan kepatuhan pada norma agama serta sosial, sekaligus menjadi model adaptif bagi pendidikan lain.Referensi
Aziz, A., & Rahman, F. (2020). Integrasi Literasi dalam Pendidikan Islam: Perspektif Nilai-Nilai Keislaman.
Damayanti, G. A., Rahmawati, D., Milenda, S. S., & ... (2021). Improving Digital Literacy of Elementary School Students with Matriks. 45–50. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/12538
Dewi Utama Faizah dkk. (2016). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Ediati, A., Rahmandani, A., Kahija, Y. F. La, Sakti, H., & Kaloeti, D. V. S. (2018). Program Peningkatan Literasi Media Digital Terintegrasi Pada Siswa Melalui Psikoedukasi Orangtua dan Guru Di Sd Negeri Tembalang Semarang. Seminar Nasional Kolaborasi Pengabdian Pada Masyarakat, 1, 424–428.
Ernawati, Novita. (2018). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Dan Kreativitas Melalui Ekstrakurikuler Marching Band (Studi Kasus Di Min Bawu Jepara) Tahun 2017. (Strata’s Skripsi). UIN Walisongo. Semarang
Fridayanthi, P. D., Puspawati, G. A. M., & Sukendra, I. K. (2020). Program Kemitraan Masyarakat Pembuatan RPP Berbasis STEM dan Publikasi Jurnal Ilmiah Guru SMAN 3 Denpasar Pada Era Revolusi Industri 4.0. Widya Mahadi, 1(1), 22–34. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyamahadi/article/view/988
Hadianto, D., Damaianti, V. S., Mulyati, Y., & Sastromiharjo, A. (2021). The role of multimodal text to develop literacy and change social behaviour foreign learner. International Journal of Instruction, 14(4), 85–102. https://doi.org/10.29333/iji.2021.1446a
Hamid, R., Sentryo, I., & Hasan, S. (2020). Online learning and its problems in the Covid19 emergency period. Jurnal Prima Edukasia, 8(1), 86–95. https://doi.org/10.21831/jpe.v8i1.32165
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Jakarta: Kemendikbud.
Lickona, Thomas. (2013). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa. Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Penerbit Nusa Media. Nazir, Moh. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah. (2019). Panduan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Yogyakarta: Muhammadiyah.
Mulyani, E., & Rahmat, H. (2019). Pengaruh Program Literasi Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa.
Priyatnii, Endah Tri. Nurhadi. (2017). Membaca Kritis dan Literasi Kritis. Jakarta:
Pusat Pengembangan Literasi Nasional. (2020). Strategi Meningkatkan Literasi Siswa di Era Digital. Jakarta: Puslitnas.
Rosyid, F. (2017). Pendidikan Literasi Berbasis AIK di Sekolah Muhammadiyah.Jakarta.
Royani, Muhammad. (2014). Karakter Jujur Dalam Pembelajaran Statistik. JPM IAIN Antasari. (2), 1-6
Sahlan, asmaun dan Teguh, angga. (2016). Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.
Said Hamid Hasan, et. al. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Balitbang, Kemdiknas RI. Siregar, Et Al. (2018). Self Regulation, Emotional Intelligence With Character Building In Elementary School. In Annual Civic Education Conference (ACEC 2018). Jakarta.
Saputra, Y., & Saefullah, A. (2018). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar.
Suryani, L., & Amalia, N. (2021). Kurikulum Tematik Literasi Berbasis Nilai Keislaman untuk Siswa SD.
Teguh, M. (2017). Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional 2017 Universitas Muria Kudus. Kudus. Tri Priyatni, Endah dan Nurhadi. (2017). Membaca Kritis dan literasi Kritis. Tangerang: Tira Smart.
Tria Smart. Rianto, Adi. (2010). Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum. Jakarta: Granit.
UNESCO. (2015). Education 2030: Incheon Declaration and Framework for Action. Paris: UNESCO.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).