Personal Hygiene: Langkah Awal Menuju Sekolah Bebas Penyakit
Abstrak
Di Indonesia, terjadi banyak kasus penyakit yang diakibatkan oleh kurangnya praktik kebersihan diri. Fokus utama dalam menerapkan kebiasaan kebersihan diri adalah pada anak-anak usia sekolah, khususnya yang berusia antara 6 dan 12 tahun, karena rentan terhadap penyakit. Pada kondisi ini, anak rentan terserang penyakit akibat kebersihan diri yang buruk. Artikel ini dirancang untuk menganalisis pentingnya kesadaran kebersihan diri dalam pencegahan penyakit di sekolah dasar. Melalui tinjauan literatur dan analisis data, artikel ini menunjukkan bahwa kebiasaan dasar seperti mencuci tangan, menjaga kebersihan gigi, dan mandi secara rutin memberikan dampak yang signifikan terhadap penurunan risiko penyakit menular pada siswa sekolah dasar. Kesadaran tentang kebersihan diri tidak hanya melindungi kesehatan diri, tetapi juga membantu menciptakan lingkungan belajar yang bersih dan aman, meningkatkan kehadiran siswa, dan meningkatkan konsentrasi saat belajar. Oleh karena itu, artikel ini menyoroti pentingnya kesadaran kebersihan diri di lingkungan sekolah dasar sebagai upaya preventif yang efektif untuk melindungi kesehatan siswa dan meningkatkan kualitas lingkungan belajar.Kata Kunci : kebersihan diri, mencegah penyakit, sekolah dasarReferensi
Amelia, L., Puspita, D., Rahayu, I. D., Astuti, D., & Almumtahanah, A. (2022). Peningkatan Keterampilan Personal Hygiene dalam Upaya Pencegahan Covid-19 pada Anak Usia Sekolah Dasar: Improving Personal Hygiene Skills in Efforts to Prevent Covid-19 in Elementary School Age. Gemakes: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 69-74.
Anggraeni, R., Feisha, A. L., Muflihah, T., Muthmainnah, F., Syaifuddin, M. A. R., Aulyah, W. S. N., ... & Rachmat, M. (2022). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Meningkatkan Pengetahuan Murid Sekolah Dasar. Promotif: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 65-75.
Aristi, I. P. S., & Sulistyowati, M. (2020). Analisis Teori Health Belief Model Terhadap Tindakan Personal Hygiene Siswa Sekolah Dasar. Journal of Health Science and Prevention, 4(1), 7-13.
Astuti, P. A. A., Maulana, P., Ramadhan, A. A., Alfaridzi, D., Amelia, G. P., & Averus, R. H. (2021). Membangun Kesadaran Kebersihan Diri dan Lingkungan pada Siswa TK & SD Tunas Benih Kasih Surabaya. Prapanca: Jurnal Abdimas, 1(1), 11-21.
Aulia, F. I., & Kep, K. A. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Personal Hygiene Terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa di SDN Rembes 1 Dusun Watugimbal Kecamatan Beringin Kabupaten Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Batubara, K. (2021). Faktor yang Berhubungan dengan Personal Hygiene pada Anak Sekolah Dasar. Journal Health of Education, 1(1).
Hafizha, R. (2021). Profil Self-Awareness Remaja. Journal of Education and Counseling (JECO), 2(1), 159-166.
Hannan, M., & Hidayat, S. (2015). Pengaruh Kebiasaan Personal Hygiene Terhadap Kejadian Skabies. Wiraraja Medika: Jurnal Kesehatan, 5(1).
Hudzaifa, T. N., Putri, S. A., & Mirajiani, M. (2023). Penerapan Program Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam Meningkatkan Derajat Kesehatan Siswa di Sekolah Dasar Negeri Kadumaneuh Kabupaten Pandeglang. Jurnal Pengabdian Dinamika, 10(2).
Nathalia, V., & Vakol, G. (2019). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Murid SD terhadap Personal Hygiene. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 8(1), 90-98.
Prasetyo, A. D. (2015). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Dukungan Keluarga dengan Personal Hygiene pada Siswa di SDN Panjang Wetan IV Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan. FIKkeS, 8(1).
Puspita, D., Tampubolon, R., & Patanduk, A. R. P. (2020). Evaluasi Personal Hygiene Anak Sekolah Dasar Berkaitan dengan Cemaran Mikroba. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 11(1), 6-12.
Puspita, D., Messakh, S. T., & Nuarika, C. (2017). Gambaran Personal Hygiene Anak Usia Sekolah Dasar yang Tinggal di Sekitar TPA Ngronggo Salatiga. Kritis, 26(1), 92-110.
Rahmi, A., & Hamdanesti, R. (2024). Determinan Tindakan Personal Hygiene pada Anak Usia Sekolah Dasar di Wilayah Kerja Puskesmas Lapai. Jurnal Ilmu Kesehatan Mandira Cendikia, 3(5), 21-30.
Rosyabella, S. (2023). Gambaran Tingkat Pengetahuan dan Perilaku Anak Usia Sekolah Tentang Personal Hygiene (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).
Suhadi, S., Sato, M., Sayaka, T., Fithria, F., Sabilu, Y., & Jafriati, J. (2024). Edukasi Kesehatan dalam Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Anak Usia Sekolah Dasar di SD Negeri 02 Bokori. Veompuh Journal, 1(1).
Suniarti, I. (2022). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Personal Hygiene pada Anak Sekolah di Sekolah Dasar Negeri 1 Cirendang Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan Tahun 2022 (Doctoral dissertation, STIKes Kuningan).
Suprobo, N. R., Novembriani, R. P., Kurniawati, E. D., & Hasanah, W. K.
(2022). Edukasi Kebersihan Diri (Personal Hygiene) pada Anak untuk
Meningkatkan Kebersihan Diri Anak. Jurnal Pengabdian Masyarakat
Nusantara (Dimastara), 2(1), 25-32.
Waskitoningtyas, R. S., Permatasari, B. I., & Prasetya, K. H. (2018). Penyuluhan Kebersihan Diri Melalui Program Cuci Tangan Sebagai Bentuk Kesadaran Siswa Pada Sd N 014 Balikpapan Barat. Jurnal Terapan Abdimas, 3(1), 44-53.
Zakiudin, A., & Shaluhiyah, Z. (2016). Perilaku Kebersihan Diri (Personal Hygiene) Santri di Pondok Pesantren Wilayah Kabupaten Brebes akan Terwujud Jika didukung dengan Ketersediaan Sarana Prasarana. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 11(2), 64-83.