Hubungan Kematangan Emosi terhadap Penyesuaian Sosial Remaja di Panti Asuhan Tunas Melati Kota Pontianak

Dellaneira Ananda, Wilson Wilson, M In'am Ilmiawan

Abstract


Masa remaja dikenal sebagai masa peralihan anak-anak menjadi individu yang dewasa yang mengalami perubahan emosi dan sosial. Penyesuaian sosial yang baik diikuti dengan perkembangan emosi positif berguna bagi individu untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kematangan emosi terhadap penyesuaian sosial remaja di Panti Asuhan Tunas Melati Kota Pontianak.  Penelitian ini menggunakan desain penelitian studi analitik observasional jenis cross-sectional. Subjek penelitian adalah remaja berusia 12-15 tahun yang tinggal di   Panti Asuhan Tunas Melati Kota Pontianak yang berjumlah 27 orang. Kematangan Emosi diukur menggunakan kuesioner dengan 11 pertanyaan dan Penyesuaian sosial diukur menggunakan kuesioner dengan 28 pertanyaan. Analisis statistik menggunakan uji Spearman’s rho diperoleh nilai p=0,012 (p<0,05), dan koefisien korelasi r = 0,478 Hal ini menujukkan terdapat korelasi yang signifikan dan cukup kuat antara kematangan emosi dengan penyesuaian sosial. Subjek dalam penelitian ini pada umumnya memiliki kematangan emosi yang sedang (mean = 25,85) dan mempunyai penyesuaian sosial yang tinggi (mean = 76,48). Kematangan emosi memiliki hubungan yang signifikan terhadap penyesuaian sosial remaja di panti asuhan.


Keywords


Kematangan emosi, Penyesuaian sosial, Remaja.

Full Text:

PDF

References


Batubara, Jose RL. Adolescent Development (Perkembangan Remaja) Vol. 12, No.1. Jakarta: Departemen Ilmu Kesehatan Anak, RS Dr Cipto Mangunkusumo, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia:2010.

Sarwono, S.W. Psikologi Remaja. Cetakan ke lima belas. Jakarta: Rajawali Pers;2012.

Jahja, Y. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana;2011.

Hananto, Laurentius B. T. Deskripsi penyesuaian sosial siswa SMP BOPKRI 3 Yogyakarta kelas VII Tahun ajaran 2013/2014 dan Implikasinya terhadap usulan topik-topik bimbingan pribadi-sosial. Skripsi. Yogyakarta;2014.

Yusuf, S. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.Bandung: Remaja Rosdakarya;2011.

Chaplin, J. P. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajagrafindo Persada;2011.

Anggraeni, Rosita. Kematangan Emosi Remaja yang memiliki Orang Tua Tunggal. Yogyakarta: Program Studi Bimbingan dan Konseling;2018.

Susilowati, Endah. Kematangan Emosi dengan Penyesuaian Sosial pada Siswa Akselerasi Tingkat SMP. Jurnal online Psikologi Vol. 01 No. 01;2013.

Ulum, Rosikhotul. Hubungan Kematangan Emosi dengan Kepatuhan Mahasiwa Baru Mabna Faza di Ma’Had Putri UIN Malang. Malang;2017.

Prabadewi, Komang D.L dan Putu N.W. Hubungan Konsep Diri Akademik dengan Motivasi Berprestasi pada Remaja Awal yang Tinggal di Panti Asuhan di Denpasar. Denpasar: Jurnal Psikologi Udayana;2014.

Putri, Majlis Yanti. Pola Asuh Anak di Panti Asuhan. Sumatera Barat: Program Studi Pendidikan Sosiologi;2016

Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara;2012.

Yusuf, S. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya;2011.

Asrori, Ahmad. Thulus Hidayat dan Arista Adi Nugroho. Hubungan Kecerdasan Emosi dan Interaksi Teman Sebaya dengan Penyesuaian Sosial pada Siswa Kelas VIII Program Akselerasi di SMP Negeri 9 Surakarta. Surakarta: Jurnal Wacana Psikologi FK UNS;2010.

Sandhaningrum, Fitriana Dyah. Sri Wiyanti dan Salmah Lilik. Hubungan Antara Konsep Diri dan Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Sosial pada Penyandang Cacat Tubuh di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa Prof. Dr. Soeharso Surakarta. Surakarta: Jurnal Wacana Psikologi FK UNS;2010.

Siregar, Syofian. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri;2013.




DOI: https://doi.org/10.24853/jkk.16.2.119-127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Kedokteran dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats website statistics
Powered by Puskom-UMJ