Misykat al-Anwar Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat

Editorial Policies

Focus and Scope

The focus and scope of the Misykat al-Anwar Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat is very specific to the islamic studies, but regarding that the islamic studies has very wide scholarship, this journal give limitation in this terms: 

  1. Islamic Studies (dirasat islamiyah) particularly on the scope of Islamic Education (tarbiyah), Islamic Economics and Law (syariah) and Islamic Communication and Broadcasting (dakwah)
  2. Islamic studies which discussed in the journal must be research conducted on the community and its dynamics, which allowed in the past, present and future.
  3. Society which studied is the Islamic community, particularly in Indonesia but open to possibility in the study conducted in the Islamic world (Southeast Asia, Middle East and West

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Back Cover / Supplementary Files

Unchecked Open Submissions Unchecked Indexed Unchecked Peer Reviewed
 

Open Access Policy

Misykat al-Anwar Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat is committed to a open access policy. This is to confirm that all matters related to research results is open to public and possible to the exchange of information and data freely. This is to ensure better results in next research.

All manuscripts published in the Misykat al-Anwar Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat are open to the public by following the provisions of the CC-BY-NC-SA (Attribution Non Commercial Share Alike). This platform confirm that everyone is permitted to copy, citate, and adapt, the results of the study with the provision should provide citation credit to the author (citation) and not for commercial purposes, also one must make similar provision to the results of his research.

---

Misykat al-Anwar Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat berkomitmen terhadap kebijakan akses terbuka langsung terhadap segala hal yang berkaitan dengan hasil penelitian sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data menjadi lebih bebas. Hal ini menjamin terjadinya hasil penelitian yang lebih baik di masa mendatang. 

Semua naskah yang diterbitkan dalam Misykat al-Anwar Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat terbuka untuk umum (open access) dengan mengikuti ketentuan platform CC-BY-NC-SA (Attribution Non Commercial Share Alike) semua orang diperbolehkan untuk menyadur, merujuk dan mengadaptasi tulisan/hasil penelitian dengan ketentuan harus memberikan kredit rujukan kepada penulis (citation) bukan untuk kepentingan komersial, dan seseorang harus melakukan ketentuan yang serupa terhadap hasil penelitiannya.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. See the details

 

Publication Ethics

Misykat al-Anwar Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat adalah jurnal nasional peer-review. Pernyataan ini mengklarifikasi perilaku etis dari semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan artikel dalam jurnal ini, termasuk penulis, pemimpin redaksi, redaksi pelaksana, dewan redaksi, mitra bestari dan penerbit (Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta). Pernyataan ini berdasarkan pada Pedoman Praktik Terbaik untuk Editor Jurnal COPE


Pedoman Etis untuk Publikasi Jurnal

Publikasi artikel dalam Misykat al-Anwar Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat yang ditelaah oleh mitra bestari merupakan blok bangunan penting dalam pengembangan jaringan pengetahuan yang koheren dan dihormati. Ini merupakan cerminan langsung dari kualitas kerja para penulis dan lembaga-lembaga yang mendukung mereka. Artikel-artikel yang ditinjau ulang mendukung dan mewujudkan metode ilmiah. Oleh karena itu, penting untuk menyetujui standar perilaku etika yang diharapkan untuk semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan: penulis, editor jurnal, peer reviewer, penerbit dan masyarakat. Etika publikasi ini didasarkan pada Pedoman Praktik Terbaik COPE.

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia sebagai penerbit Misykat al-Anwar menjalankan tugas perwaliannya atas semua tahap penerbitan secara serius dan kami mengakui tanggung jawab etika dan lainnya. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa iklan, cetak ulang, atau pendapatan komersial lainnya tidak memiliki dampak atau pengaruh terhadap keputusan editorial.

Setiap naskah yang diserahkan akan disaring oleh pemeriksa plagiarisme untuk memastikan artikel yang telah diserahkan oleh penulis pada awalnya berfungsi atau telah dikutip dengan tepat atau dikutip


Keputusan Publikasi

Editor Misykat al-Anwar bertanggung jawab untuk memutuskan artikel mana yang diserahkan ke jurnal yang harus diterbitkan. Validasi karya yang dipertanyakan dan kepentingannya bagi para peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan semacam itu. Para editor dapat dipandu oleh kebijakan dari dewan editor jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum seperti yang berlaku saat ini terkait dengan pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Para editor dapat berunding dengan editor atau pengulas lain dalam membuat keputusan ini.


Permainan Adil / Fairplay

Editor setiap saat mengevaluasi manuskrip untuk konten intelektual mereka tanpa memperhatikan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik penulis.


Kerahasiaan

Editor dan staf editorial tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang dikirimkan kepada siapa pun selain dari penulis, peninjau, peninjau potensial, penasihat editorial lain, dan penerbit yang sesuai, sebagaimana mestinya.


Konflik kepentingan

Materi yang tidak dipublikasikan dan yang diungkapkan dalam manuskrip yang dikirimkan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.


Tugas Editor

Editor harus berusaha untuk menjadi pemimpin dalam bidang praktik spesifik yang mendukung konten jurnal karena membantu pengembangan jurnal, kehadiran dan berdiri dalam komunitas internasional.

Seorang editor juga harus membiasakan diri dengan Komite Etika Publikasi(COPE).

Editor mungkin harus membuat semua keputusan mengenai artikel mana yang harus diterima atau ditolak untuk dipublikasikan.


Tugas Mitra Bestari / Dewan Editor

Kontribusi untuk Keputusan Editorial

Ulasan rekan membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial dengan penulis juga dapat membantu penulis dalam meningkatkan makalah.

Kecepatan

Setiap wasit terpilih yang merasa tidak memenuhi syarat untuk meninjau penelitian yang dilaporkan dalam naskah atau mengetahui bahwa tinjauan cepatnya tidak mungkin harus memberitahu editor dan memaafkan dirinya sendiri dari proses peninjauan.

Kerahasiaan

Manuskrip yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Mereka tidak boleh ditunjukkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.

Standar Objektivitas

Tinjauan harus dilakukan secara obyektif. Kritik pribadi dari penulis tidak tepat. Wasit harus mengungkapkan pandangan mereka dengan jelas dengan argumen pendukung.

Pengakuan Sumber

Reviewer harus mengidentifikasi karya yang diterbitkan relevan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan bahwa observasi, derivasi, atau argumen telah dilaporkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Peninjau juga harus meminta perhatian editor jika ada kemiripan substansial atau tumpang tindih antara naskah yang sedang dipertimbangkan dan makalah lain yang diterbitkan yang memiliki pengetahuan pribadi.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Informasi atau ide istimewa yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer tidak boleh mempertimbangkan manuskrip di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang dihasilkan dari persaingan, kolaboratif, atau hubungan atau hubungan lain dengan salah satu penulis, perusahaan, atau institusi

 

About

Misykat Al Anwar Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat adalah berkala ilmiah peer review yang diterbitkan oleh Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurnal ini telah terakreditasi oleh Kementerian Riset dan Teknologi RI Peringkat ke 5. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini mencakup kajian islam khususnya tarbiyah (pendidikan islam), dakwah (komunikasi islam) dan syariah (hukum dan ekonomi islam) yang berkaitan dengan masyarakat di Indonesia pada khususnya dan dunia islam pada umumnya.

Didirikan pada tahun 1992, tujuan dari pada penerbitan jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan hasil kajian dan penelitian yang ditulis oleh akademisi dan peneliti baik dalam dan luar negeri.

Misykat Al-Anwar Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat mengundang para akademisi, peneliti dan pemerhati kajian Islam dan masyarakat untuk berpartisipasi menyebarluaskan temuan penelitian, konsep teori dan gagasan dalam bidang kajian Islam dan Masyarakat melalui jurnal ini. 

ISSN (print) 0854-6460
ISSN (online) 2502-2970


 

Aims and Objective

 

Fees Charging

There is no article-processing charge for all accepted papers and will be freely available to all readers with worldwide visibility and coverage.



Powered by Puskom-UMJ