MENINGKATKAN MUTU KEHIDUPAN BEMASYARAKAT MELALUI PENGIMPLEMETASIAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM BINGKAI (BHINEKA TUNGGAL IKA)

Wely Dozan, Anwar Liastamin

Abstract


Melihat negara indonesia yang memiliki beraneka ragam pebedaan, baik pebedaan budaya, agama, adat-istiadat, ras, setatus sosial maupun setatus ekonomi yang rentan sekali dapat menimbulkan konflik sosial. Dengan tejadinya konflik sosial, dapat megakibatkan merosotnya mutu kehidupan dan tatanan sosial masyarakat. Oleh karena itu, Pancasila yang meupakan suatu sistem nilai selain dijadikan sebagai dasar negara, juga dijadikan sebagai pandangan hidup bangsa. Dalam Pancasila tedapat nilai ketuhanan, kemanusiaan, pesatuan, keakyatan, dan nilai keadilan yang dapat menjadi sosuli bagi segala pemasalahan yang ada, khususnya konflik sosial. Maka dari itu, sebagai bangsa Indonesia yang bepegang teguh pada Pancasila, sudah seharusnya untuk mengimplenmentasikan nilai-nilai Pancasila tesebut dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari bebagai konflik sosial dan mampu meningkatkan mutu kehidupan bemasyarakat dengan semangat pesaudaraan dalam bingkai “Bhineka Tunggal Ika”. Karya ini disusun degan meggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research), yaitu degan menelaah bebagai sumber, sepeti buku, artikel, Undang-Undang Dasar 1945, Undang-Undang Hak Asasi Manusia dan ayat-ayat Al-Qur’an yang behubungan degan Pancasila dan peningkatan mutu kehidupan masyarakat dengan pengimplementasian nilai-nilai Pancasila dalam bingkai “Bhineka Tunggal Ika”.

Full Text:

PDF

References


Suparlan, Parsudi. 2006. Konflik Sosial dan Altenatif Pencegahannya. Univesitas Indonesia. Jurnal Antropologi Indonesia. Vol.30. Halaman 138-150.

Semadi, Yoga. 2019. Filsafat Pancasila Dalam Pendidikan di Indonsia Menuju Bangsa Bekarakter. Jurnal Filsafat Indonesia.Vol.2. Hal. 82-89.

Amda, Ahmad dkk, 2020. Butur-Butir Pancasila Dalam Kajian Tafsir Mudhu’iy. Institut Agama Islam Negri (IAIN) Curup. Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan. Vol.5. Halaman 182.

Asmaroni, Ambiro. 2016. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa di Era Globalisasi. Universitas Muhammadiah Ponogoro. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol.4. halaman 442

Kaelan. 2016. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Pradigma.

Hariyanto. 2020.Buku Ajar Pendidikan Kewarganegaraan. Mataram: Sanabil.

Hariyanto. 2020. Ilmu Kewarganegaraan. Mataram: Sanabil.

Aminullah, nd, Implemetasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Bemasyarakat, Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, Vol. 3, Halaman 620-628.

ratama, Cahya. 2020. Masalah Sosial:Definisi dan Faktor Penyebabnya. https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/24/171602269/masalah-sosial-definisi-dan-faktor-penyebabnya,(diakses pada tanggal 23 Januari 2021)

Astuti, Novi. 2020. Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli. https://m.medeka.com/jabar/apa-itu-filsafat-meurut-para-ahli-beikut-manfaatnya-dalam-kehidupan-kln.html?page=2 (diakses tanggal 27 Januari 2021)

Ahmad. 2020. Pengetian Fungsi dan Tujuan Pancasila. https://www.yuksinau.id/pengetian-fungsi-dan-tujuan-pancasila/ ( diakses tanggal 27 Januari 2021)

Undang-Undang Dasar 1945




DOI: https://doi.org/10.24853/ma.4.2.171-190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wely Dozan, Anwar Liastamin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Copyright © 2019 by Faculty of Islamic Studies, University of Muhammadiyah Jakarta.

width="127"   width="100" width="100" width="100" width="100"Road

Powered by Puskom-UMJ