STRATEGI PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DISRUPSI
DOI:
https://doi.org/10.24853/ma.4.2.215-234Abstract
Era disrupsi ditandai dengan perkembangan digital yang begitu pesatmenuntut para pengiat pendidikan Islam untuk lebih kreatif danmenghadirkan cara dan paradigma baru. Pada era disrupsi ini banyakperubahan yang begitu cepat terjadi, yang paling menonjol lebihdominannya akses media social ataupun teknologi informasi. Strategisebagai proses manajemen hubungan antara lembaga denganlingkungan, terdiri dari perencanaan strategik, perencanaankapabilitas, dan manajemen perubahan. Tujuan penelitian ini adalahuntuk : a).mendiskripsikan Langkah strategis Pendidikan Islam padaera Disrupsi,b).mendapatkan data terkait strategi Pendidikan Islamdiera disrupsi, c).mengetahui Langkah strategis Pendidikan Islam diera Disrupsi. Metodologi Penelitian yang digunakan yaitu merupakanjenis riset pustaka dengan pendekatan kualitatif, yang mana riset inimengambarkan dan menganalisis data yang ada di kepustakaan yaitubuku-buku, majalah, berita koran dan jurnal semua bahan itu dicatatdan dianalisis kemudian diolah menjadi data penelitian. Hasilpenelitian menunjukan bahwa: Pengembangan dan peningkatankualitas sumberdaya manusia, hal ini sangat relevan denganpersaingan yang begitu kompetitif maka perlu peningkatan kualitasbaik teknis maupun nonteknis, Pengembangan kurikulum atau bahanajar yang mampu memberikan dorongan bagi murid untuk lebihantusias dalam belajar bisa mengunakan pembelajaran berwawasanglobal dan pendekatan teknologi, Meningkatkan sarana dan prasaranaberbasis teknologi digital, Meningkatkan imun spiritualitas agarterbentuknya ahlak atau karakter yang kuat, Evaluasi dan controlsehingga hasil kinerja bisa terpantau dan bisa dibandingkan dengankinerja yang dinginkan.References
Budio Sesra, 2019, Strategi Manajemen Sekolah, JURNAL MENATA Volume 2, No. 2, Juli-Desember
Chaniago Aminah Siti, 2014, Perumusan Manajemen Strategi Pemberdayaan Zakat, Jurnal Hukum Islam (JHI) Volume 12, Nomor 1, Juni
Hidayat Andi, 2018, Metode Pendidikan Islam untuk Generasi Millenial, FENOMENA, Volume 10, No 1.
Jalal, Abdul Fatah, 1977, Min Ushul al-Tarbiyyah fi al-Islam, Mesir: Daar al-Kutuh al-Misriyah.
Mahmud,2011, Metode Penelitian Pendidikan, CV Pustaka Setia, Bandung.
Malisi Sibram M. Ali, 2017, Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam di Era MEA, JURNAL TRANSFORMATIF (Islamic Studies) Volume 1, Nomor 1, April.
Ohoitimur Johanis, 2018, Disrupsi: Tantangan bagi Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Peluang bagi Lembaga Pendidikan Tinggi, Jurnal RESPONS volume 23 no. 02: PPE-UNIKA ATMA JAYA, Jakarta.
Oxford Learners Pocket Dictionary, 2000, New York: Oxford University Press
Partono, 2020, Manajemen Strategik Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran SMK Ciledug Al Musaddadiyah dan SMKN 1 Garut, Jurnal MAPS Stibanks al Masoem, volume 3 No 2.
Priatna Tedi, 2019, Disrupsi Pengembangan Sumber Daya Manusia Dunia Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0, Bandung : Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Ramayulis,1991, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.
Rofiah Khusniati , 2018, Studi Ilmu Hadis, Yogyakarta : Penerbit IAIN Po Press.
Rojak Abd dan Jafar H, 2019, Studi Islam ditengah Masyarakat majemuk ( Rahmatan lilalamain), Tangerang Selatan : Yayasan Asy Syariah Modern Indonesia
Salim Moh. Haitami dan Kurniawan Syamsul, 2012, Studi Pendidikan Islam, Jogjakarta : Arruz Media
Syah Muhaimin, 1995, Psikologi Pendidikan, Bandung: Logos
Tanjung Chairul,2018, Tantangan Generasi Mileniel di Era Disrupsi, disampaikan pada seminar Executive Lecture Series yang digelar Pusat Studi Kebijakan dan Kependudukan (PSKK) UGM, di University Club UGM .
Umar Bukhari, 2011, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Penerbit Amzah
Yahya Muhammad Yahya, 2016, Ulumul Hadis : sebuah pengantar dan aplikasinya, Sulawesi Selatan : Penerbit Syahadah
Website
Pendis Kemenag,http://www.pendis.kemenag.go.id/new/arah-kebijakan-dan-strategi-pendidikan-islam-tahun-2015-2019/ , 11 juli 2021
Mandiriwealthmanagement , Tetap Unggul Tangguh di Era Disrupsi, https://mandiriwealthmanagement.com/article/highlights/48/tetap-unggul-tangguh-di-era-disrupsi di akses 10 juli 2021
Medcom.com,https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/Zker8gZK-lima-strategi-perguruan-tinggi-islam-hadapi-era-4-0, di akses 11 juli 2021
Eriyanto,2018,Disrupsi,http://journal.ui.ac.id/index.php/jkmi/article/viewFile/9945/67546121, diakses 10 juli 2021
Downloads
Published
Issue
Section
License
All manuscripts published in the Misykat al-Anwar Journal of Islamic Studies and Society are entirely the property of the author, as for the entry and unpublished script of the journal, the copyright is wholly the property of the author.
All manuscripts published in the Misykat al-Anwar Journal of Islamic Studies and Society are open to the public by following the provisions of the CC-BY-NC-SA (Attribution Non Commercial Share Alike) platform where everyone is allowed and permitted to adapt, the results of the study with the provision should provide citation credit to the author (citation) not for commercial purposes, and one must make a similar provision to the results of his research.
---
Semua naskah yang diterbitkan dalam Misykat al-Anwar Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat sepenuhnya menjadi hak milik penulis, adapun naskah yang masuk dan belum diterbitkan oleh jurnal, hak cipta sepenuhnya milik penulis.
Semua naskah yang diterbitkan dalam Misykat al-Anwar Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat terbuka untuk umum (open access) dengan mengikuti ketentuan platform CC-BY-NC-SA (Attribution Non Commercial Share Alike) semua orang diperbolehkan untuk menyadur, merujuk dan mengadaptasi tulisan/hasil penelitian dengan ketentuan harus memberikan kredit rujukan kepada penulis (citation) bukan untuk kepentingan komersial, dan seseorang harus melakukan ketentuan yang serupa terhadap hasil penelitiannya.